Ingin Mencari Pekerjaan di Masa Pandemi? Ini 7 Tipsnya

Untitled design434 - Ingin Mencari Pekerjaan di Masa Pandemi? Ini 7 Tipsnya

Tidak dapat dipungkiri, masa pandemi seperti yang sekarang tengah terjadi membawa dampak besar bagi dunia bisnis. Perusahaan besar dan kecil merasakan guncangan besar dan menuntut mereka menyesuaikan diri dengan keadaan. Pekerja yang dirumahkan, sebagai dampak dari pandemi, kemudian harus memutar otak bagaimana caranya mencari pekerjaan agar tetap dapat bertahan dan terus melanjutkan rencana.

Namun demikian, mencari pekerjaan pada masa pandemi juga bukan hal yang mudah. Meski benar kata pepatah, ‘satu jalan tertutup maka akan terbuka jalan lainnya’, nyatanya Anda yang menjadi ‘korban’ dari penyesuaian yang dilakukan perusahaan atau pemberi kerja harus benar-benar jeli dalam mencari pekerjaan baru.

Tenang, Anda berada di artikel yang tepat. Di sini Anda akan membaca sedikit tips sederhana namun efektif untuk mendapatkan pekerjaan. Tentu yang paling utama adalah tetap berusaha maksimal. Dengan demikian, kesempatan mendapat pekerjaan akan meningkat. Tanpa basa-basi lagi, simak tips mencari kerja di masa pandemi berikut ini!

Jangan Lupa Ambil Benefit yang Jadi Hak

Ketika Anda dirumahkan, atau dipecat, biasanya akan diberikan sejumlah benefit dari perusahaan atau pemberi kerja. Tidak sedikit orang yang kemudian memilih tidak peduli akan benefit ini karena dianggap terlalu kecil jumlahnya. Nah, untuk Anda, pastikan mengetahui benefit yang didapatkan (jika ada) dan klaim benefit tersebut. Meski tidak besar, namun benefit ini akan jadi tambahan yang lumayan selama mencari kerja.

Siap Cari Kerja dan Jeli Melihat Peluang

Untitled design433 - Ingin Mencari Pekerjaan di Masa Pandemi? Ini 7 Tipsnya

Ketika satu industri terkena imbas dari pandemi yang kini terjadi, masih ada banyak industri lain yang kemudian membutuhkan pekerja dalam jumlah yang tidak sedikit. Anda harus jeli melihat peluang ini. Anda bisa mencari banyak peluang pada aplikasi atau situs resmi dari industri ini. Contohnya? Industri e-commerce yang kini mengalami lonjakan transaksi besar-besaran. Siapa tahu ada kesempatan kerja, iya ‘kan?

Work From Home, Kenapa Tidak?

Pilihan work from home juga dapat masuk dalam daftar Anda. Mengapa? Karena dengan konsep kerja ini Anda bisa bekerja tanpa harus meninggalkan rumah. Pada dasarnya pekerjaan yang dilakukan akan mengandalkan laptop dan koneksi internet yang Anda miliki. Pekerjaan seperti ini bisa dengan mudah dicari di berbagai situs. Jangan lupa untuk memastikan validitas pekerjaan sebelum Anda input data diri ya!

Cari Rekomendasi Freelance

Untitled design432 - Ingin Mencari Pekerjaan di Masa Pandemi? Ini 7 Tipsnya

Untuk mencari rekomendasi, Anda bisa dengan mudah memasukkan keyword di mesin pencarian yang Anda gunakan. Tak usah cemas dan tak usah bingung, situs ini akan muncul pada hasil pencarian teratas. Meningkatnya jumlah karyawan yang mendadak harus dirumahkan membuat situs-situs seperti ini menjadi cukup populer sehingga menjadi mudah ditemukan. Untuk mengisi waktu luang, tidak ada salahnya bukan mencoba-coba hal baru yang produktif?

Persiapkan Diri untuk Wawancara Online

Masa pandemi membuat banyak orang tak dapat meninggalkan rumah untuk bekerja atau mencari pekerjaan. Wawancara kemudian harus dilakukan secara online. Selain mempersiapkan diri dengan tampilan yang sopan dan rapi, Anda juga harus memastikan perangkat yang Anda miliki bekerja dengan baik. Smartphone, laptop, dan juga jaringan internet, harus dipastikan selalu dalam kondisi siap pakai dan berfungsi optimal.

Manfaatkan Relasi Kerja

Untitled design431 - Ingin Mencari Pekerjaan di Masa Pandemi? Ini 7 Tipsnya

Selama Anda bekerja di kantor atau di pemberi kerja yang lain, tentu Anda memiliki teman kerja atau relasi bukan? Nah, ini saatnya untuk kembali menjalin silaturahmi. Melalui berbagai media sosial, Anda bisa mencari juga kesempatan kerja. Rekan semasa sekolah bisa jadi tempat memulai yang cukup menjanjikan. Sembari Anda membuka obrolan kembali, jika cukup beruntung Anda bisa mendapatkan pekerjaan dari rekomendasi teman-teman Anda ini.

Tingkatkan Skill yang Anda Miliki

Selama mencari pekerjaan di masa pandemi ini, Anda juga perlu meningkatkan kemampuan apapun yang Anda miliki. Dengan begini, masa pencarian kerja akan tetap menjadi produktif dan juga pasti akan memperbesar kesempatan Anda mendapatkan pekerjaan. Anda bisa memanfaatkan berbagai media online yang kini dapat diakses dengan mudah untuk belajar secara praktis. Jangan lupa, setelah Anda mendapatkan kemampuan baru, perbarui CV dan resume yang Anda miliki agar selalu up-to-date dan dilirik oleh mereka yang membutuhkan lapangan kerja.

Baca Juga: Jadi Pekerja Migran Indonesia, Hindari Masuk di Situasi Berbahaya!

Mencari pekerjaan di masa pandemi memang menjadi hal yang sangat menantang. Mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki, membaca peluang dan jeli melihatnya, dan tentu saja Anda harus telaten. Setidaknya dengan begini Anda dapat memperbesar peluang mendapatkan pekerjaan baru untuk menggantikan pekerjaan Anda yang lama.

Nah, setelah membaca tips mencari pekerjaan di masa pandemi di atas, bagaimana menurut Anda? Sudah siap mencobanya? Ketika nanti pandemi ini berakhir, Anda juga bisa menerapkan tips tersebut untuk mencari kerja di luar negeri, Malaysia misalnya. Setelah diterima, Anda tak perlu cemas untuk mencari layanan remitansi yang handal. Anda bisa menggunakan Qelola yang menawarkan transaksi real time serta biaya administrasi rendah. Segera unduh aplikasinya di sini!

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,