Tips Mencari Kerja ke Luar Negeri yang Perlu Diperhatikan

Ep 16 - Tips Mencari Kerja ke Luar Negeri yang Perlu Diperhatikan

Mempunyai cita-cita untuk bekerja di luar negeri kini bukan hanya mimpi. Banyak lowongan yang tersedia yang siap untuk menerima Anda. Baik itu sebagai tenaga profesional maupun pekerja teknis di pabrik atau rumah tangga. Akan tetapi dari banyaknya informasi yang tersedia, masih banyak juga yang belum mengerti bagaimana cara dan tips mencari kerja di luar negeri. Oleh karena itu di sini Qelola akan memberikan tips mencari kerja ke luar negeri itu untuk Anda. Tips mencari kerja ke luar negeri ini diharapkan memberikan sedikit gambaran bagi Anda yang sudah bercita-cita mendapatkan kerja di negeri orang.

Baca Juga: Ingin Mendapatkan Pekerjaan di Malaysia? Ikuti Langkah Berikut Ini

Mencari Sumber Pekerjaan

EP 16 1 - Tips Mencari Kerja ke Luar Negeri yang Perlu Diperhatikan

Langkah pertama yang harus dilakukan tentu saja mencari pekerjaan dari berbagai sumber yang tersedia. Sebenarnya banyak sekali sumber informasi yang bisa Anda manfaatkan. Dan bagi Anda yang berniat kerja di luar negeri namun masih sulit mencarinya, berikut berbagai sumber informasi pekerjaan yang dapat Anda gunakan.

Portal Kerja

Portal kerja tidaklah sulit didapatkan dizaman serba canggih seperti saat ini. Tinggal memanfaatkan jaringan internet, memasukkan kata kunci di mesin pencarian seperti Google, Yahoo dan lain sebagainya, maka berbagai portal kerja akan muncul ke hadapan Anda. Bahkan portal kerja lokal saja banyak yang mencantumkan lowongan kerja di luar negeri. Pilihlah berbagai lowongan yang sesuai dengan kriteria serta kemampuan. Anda pun bisa langsung mendaftar di website tersebut dengan mendaftarkan akun serta melengkapi berbagai persyaratan.

Website Perusahaan

Selain portal kerja, di internet juga banyak sekali website perusahaan yang mencantumkan lowongan pekerjaan untuk bagian apa saja. Anda hanya perlu rajin mengecek daftar perusahaan luar negeri yang membuka lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan Anda. Biasanya mereka mempunyai formulir yang bisa langsung diisi atau Anda diminta meninggalkan e-mail untuk mendapatkan informasi selanjutnya.

Agen Tenaga Kerja

Bagi para TKI, ini adalah cara yang paling sering ditempuh untuk mendapatkan pekerjaan. Berbagai Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia atau PJTKI juga sudah memuat berbagai informasi dan lowongannya melalui internet. Anda tinggal memilih PJTKI yang terpercaya, lalu mendaftar melalui website atau kontak yang disediakan.

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi

Anda bisa menemukan berbagai macam brosur atau selebaran lowongan kerja luar negeri yang dibagikan cuma-cuma dari dinas tenaga kerja. Anda juga bisa langsung mendatangi kantor dinas tenaga kerja untuk menanyakan lowongan pekerjaan.

Relasi

Jangan ragu memanfaatkan relasi untuk mendapatkan pekerjaan. Anda bisa bertanya pada teman, tetangga atau kerabat yang telah bekerja atau tinggal di luar negeri mengenai prospek kerja di sana. Anda juga bisa langsung menanyakan apakah tempat mereka bekerja masih membutuhkan pekerja dan meminta mereka untuk merekomendasikan Anda di tempat kerjanya. Namun Anda juga perlu meningkatkan kualitas kemampuan agar mereka tidak merekomendasikan orang yang salah. Di luar itu langkah apapun harus dicoba walau sekadar menitipkan CV.

Portfolio

Jika Anda mencari pekerjaan yang lebih profesional, buatlah portfolio online dan juga portfolio PDF yang menarik. Posting portofolio tersebut di internet dengan memanfaatkan media sosial atau media lainnya. Seringkali perusahaan yang menawarkan pekerjaan secara langsung karena melihat portofolio seseorang di internet. Sebaiknya berikan watermark nama Anda pada setiap portofolio agar tidak diakui orang lain. Selain itu buat file yang tidak terlalu besar agar lebih mudah saat di-download atau dikirim kembali.

Melengkapi Dokumen Syarat

EP 16 2 - Tips Mencari Kerja ke Luar Negeri yang Perlu Diperhatikan

Bekerja di dalam negeri saja membutuhkan dokumen yang cukup banyak, apalagi jika Anda memilih mencari kerja di luar negeri. Bukan hanya dokumen melamar pekerjaan, tetapi dokumen izin memasuki dan tinggal di luar negeri juga. Beberapa negara sangat ketat untuk urusan persyaratan ini. Jadi Anda perlu mempersiapkan dengan baik agar tidak ada yang tertinggal. Beberapa persyaratan seperti paspor, visa dan lainnya membutuhkan waktu beberapa hari hingga selesai. Oleh karena itu Anda sudah bisa mulai mencicil dari sekarang.

Pelajari Bahasa dan Budaya Negara Tujuan

EP 16 3 - Tips Mencari Kerja ke Luar Negeri yang Perlu Diperhatikan

 

Dimana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Peribahasa ini banyak digunakan, termasuk juga ketika mencari pekerjaan di luar negeri. Kemana Anda akan melamar, pelajari bahasa dan kebudayaannya, dan bila perlu lakukan ini lebih awal. Ini bisa membuat peluang diterima bekerja akan semakin lebar. Dengan mengetahui bahasa dan budaya negara tujuan, perekrut akan menganggap Anda sudah mampu ditempatkan untuk bekerja kapan saja.

Mendapat Izin Keluarga

EP 16 4 - Tips Mencari Kerja ke Luar Negeri yang Perlu Diperhatikan

Dan hal penting lain yang mungkin disepelekan adalah mengantongi izin dari orang tua. Luar negeri bisa dikatakan sangat jauh. Dan risiko bekerja di sana adalah jarang bertemu dengan keluarga terutama orang tua. Oleh karenanya izin orang tua penting didapatkan sebelum Anda berangkat, bahkan sebelum mencari pekerjaan. Izin orang tua walau terlihat sepele namun benar-benar mempengaruhi kesuksesan dalam mencari kerja di negeri orang.

Beberapa cara di atas dapat diaplikasikan ketika mencari pekerjaan di luar negeri. Setelah bekerja dan menerima gaji yang sesuai dengan perjanjian, kini saatnya menuntaskan kewajiban untuk berbagi dengan keluarga di Indonesia. Dan untuk hal ini ada cara yang sangat mudah yang bisa ditempuh, yakni menggunakan aplikasi Qelola. Mengapa harus Qelola? Karena Qelola akan memberikan fasilitas kirim uang yang jauh lebih murah mudah dan juga murah dibanding metode lainnya. Selain itu Anda pun bisa langsung melakukan pembayaran berbagai tagihan yang ada di Indonesia. Sangat memudahkan bukan? Jadi tidak perlu ragu untuk menggunakan Qelola. Download aplikasinya di sini sekarang juga!

Tags: , , , , , , ,