Penting! Inilah Kegunaan Surat Keterangan Kerja untuk Visa

surat keterangan kerja untuk visa

Surat keterangan kerja adalah salah satu dokumen penting yang diperlukan dalam pengajuan visa ke banyak negara. Namun pada kenyataannya, ada banyak orang yang masih bingung dengan apa yang dimaksud sebagai surat keterangan kerja untuk visa ini. Tujuan surat keterangan kerja adalah untuk meyakinkan pihak kedutaan bahwa Anda mampu pergi ke negara tujuan dan Anda akan kembali ke negara asal dalam periode yang telah ditentukan. Kembalinya Anda ke tanah air akan dijamin oleh surat keterangan kerja ini. Ketiadaan surat keterangan kerja (jika memang diwajibkan kedutaan) atau bahkan jika dokumen yang Anda ajukan tidak lengkap, maka akan membuat aplikasi visa Anda ditolak.

Baca Juga: Paklaring Adalah Surat Keterangan Bekerja, Intip Informasinya Berikut Ini

Jenis-Jenis Surat Keterangan untuk Pengajuan Visa

surat keterangan kerja untuk visa 1 - Penting! Inilah Kegunaan Surat Keterangan Kerja untuk Visa

Biasanya, ada 3 pihak yang bisa memberikan surat keterangan kepada orang yang akan mengajukan visa. Yang pertama adalah pihak bank, yang kedua adalah pihak perusahaan tempat Anda bekerja, dan yang terakhir adalah suami/istri, anak, orangtua, atau kerabat Anda. Ada kedutaan yang hanya meminta satu dari 3 sumber surat keterangan tersebut. Namun ada pula yang meminta dua diantaranya, yaitu surat referensi bank dan surat keterangan kerja untuk visa.

  1. Surat Referensi dari Bank, biasanya menyatakan bahwa Anda adalah nasabah dari bank, memiliki aliran dana yang sehat, serta masih aktif bertransaksi di bank tersebut. Surat ini juga mencakup nama Anda sebagai pemilik rekening, nomor rekening, serta jumlah saldo yang Anda miliki. Anda juga bisa mencantumkan lebih dari satu sumber tabungan dari bank yang sama, seperti tabungan biasa, deposito, atau jenis tabungan lain yang Anda miliki di bank tersebut. Cara untuk mendapatkan surat ini sangat mudah, Anda hanya perlu datang ke bagian Customer Service dari bank tempat Anda menabung, lalu meminta mereka untuk menuliskan surat referensi untuk pengajuan visa. Biasanya, surat ini akan selesai dalam waktu 1 hingga 2 hari kerja.
  2. Surat Keterangan Kerja, menyatakan bahwa Anda adalah karyawan dari perusahaan itu. Surat ini juga perlu mencakup nama, jabatan, gaji Anda (jika diminta kedutaan), hingga periode kunjungan Anda ke luar negeri, dan keterangan bahwa perjalanan Anda dibiayai oleh diri Anda sendiri. Cara untuk mendapatkan surat keterangan dari perusahaan adalah dengan mendatangi bagian HRD (Human Resource Department) di kantor Anda.
  3. Surat Keterangan dari Pasangan atau Keluarga, dibutuhkan dalam proses aplikasi visa bagi seseorang yang dirasa tidak mampu bepergian sendiri. Yaitu seperti anak di bawah 17 tahun, pelajar atau mahasiswa, lansia, atau istri yang bepergian tanpa suaminya.

Ketentuan Surat Keterangan Kerja

surat keterangan kerja untuk visa 2 - Penting! Inilah Kegunaan Surat Keterangan Kerja untuk Visa

Sebenarnya tujuan melampirkan surat keterangan kerja adalah untuk memastikan bahwa permohonan visa tidak akan disalahgunakan untuk mencari pekerjaan ilegal di negara tujuan. Surat keterangan kerja untuk visa wajib dilampirkan jika memang sedang bekerja. Sementara bagi yang berwiraswasta, maka bisa melampirkan SIUP, atau akta pendirian yayasan jika bekerja di yayasan atau sebagai pemilik yayasan. 

Sebenarnya tidak terdapat aturan baku tentang penulisan surat keterangan kerja untuk pengajuan visa. Namun, ada panduan yang dapat diikuti mengenai penulisan yang baik berikut ini:

  1. Sebaiknya surat keterangan kerja diketik menggunakan format resmi standar. Pakailah font yang wajar serta memiliki ukuran yang sedang dengan tulisan berwarna hitam.
  2. Pastikan Anda menggunakan tinta hitam untuk tanda tangan.
  3. Pastikan juga di dalam surat terdapat cap perusahaan, materai, serta kop perusahaan. Kalau tidak ada, Anda bisa memberitahukan kepada pihak HRD perusahaan tempat Anda bekerja.
  4. Gunakan bahasa baku dan resmi, tidak perlu menggunakan bahasa yang bertele-tele dan narasi yang tidak penting. Buatlah surat keterangan sekadarnya yang sesuai dengan tujuan Anda.
  5. Jangan lupa untuk menyertakan tujuan dibuatnya surat keterangan tersebut.
  6. Sampaikan pula ucapan terima kasih dan juga permohonan maaf.

Tips Agar Pengajuan Visa Diterima

surat keterangan kerja untuk visa 3 - Penting! Inilah Kegunaan Surat Keterangan Kerja untuk Visa

Ada banyak kabar yang beredar, bahwa sangat sulit mengajukan visa untuk berkunjung ke suatu negara. Tetapi, tahukah Anda kalau untuk mengajukan visa itu membutuhkan trik khusus agar visa Anda lancar dan bisa diterima. Berikut ini ada lima tips dan trik yang bisa Anda pelajari.

  1. Isi formulir pengajuan visa dengan benar.
  2. Siapkan dokumen penting dengan lengkap jika ingin mengajukan visa. Banyak dari kedutaan besar yang sering menolak pengajuan visa adalah hanya karena dokumen yang tidak lengkap. Oleh karena itu, sebelum mengajukan visa Anda harus mencari tahu terlebih dahulu apa saja yang dibutuhkan. Kemudian segera lengkapi semua dokumen yang akan Anda bawa nantinya.
  3. Gali informasi sebanyak-banyaknya. Ketahui terlebih dahulu apa saja yang diperlukan dan bagaimana caranya agar visa Anda lebih mudah terima.
  4. Salah satu faktor terpenting lainnya adalah persiapan finansial Anda. Sebelum mengajukan visa, sebaiknya Anda mengatur terlebih dahulu rekening keuangan dengan benar dan tepat. Hindari untuk melakukan transfer uang dalam jumlah yang besar, karena hal tersebut akan mempersulit Anda. Pastikan bahwa Anda memiliki dana yang cukup di dalam tabungan, dan juga untuk membiayai perjalanan Anda ke luar negeri.
  5. Jika keempat hal di atas sudah Anda lengkapi, sisanya adalah Anda harus percaya diri. Pada saat pihak kedutaan melakukan interview, sebaiknya Anda menjawab setiap pertanyaan dengan benar dan lantang.

Persiapkan dengan Matang

Melakukan perjalanan ke luar negeri akan membutuhkan persiapan yang lebih kompleks, termasuk pengajuan visa. Persiapkan hal ini dengan baik dan matang sejak awal, agar perjalanan Anda menjadi lancar. Lengkapi semua dokumen dan syarat yang diminta, termasuk surat keterangan kerja untuk visa. Sehingga pengajuan visa Anda bisa berlangsung dengan mudah dan cepat.

Persiapan yang matang juga meliputi rencana penggunaan dana selama berada di luar negeri. Pastikan Anda sudah membuat rincian biaya dengan tepat, sehingga Anda bisa mengontrol keuangan Anda sesampainya di negara tujuan. Agar terhindar dari pemborosan, sebenarnya Anda tidak perlu membawa uang cash yang berlebihan. Sebagai gantinya, Anda bisa memanfaatkan fitur e-wallet seperti yang ada pada aplikasi Qelola. Dengan aplikasi Qelola, Anda bisa melakukan berbagai macam transaksi selama berada di Malaysia. Kirim uang ke sesama pengguna atau ke transfer ke rekening bank bisa Anda lakukan dengan sangat mudah. Agar tidak penasaran, download aplikasi Qelola sekarang!

Tags: , , , , , , ,