Cara Mengirim Uang dari Luar Negeri ke Indonesia untuk TKI

transfer uang

Suasana Lebaran biasanya erat dengan tradisi berbagi amplop atau uang ke sesama saudara. Hal ini juga jadi agenda rutin yang harus dilakukan oleh Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau yang akrab disapa TKI tiap Idul Fitri tiba. Namun, cara pemberian uang ke sanak saudara bagi PMI ini jelas berbeda karena keberadaan mereka yang jauh di perantauan sana. Namun, itu bukanlah jadi penghalang untuk bisa mengirim uang ke keluarga di Indonesia. Ada berbagai pilihan dan cara bagi para TKI untuk melakukan pengiriman uang. Nah, bagi Anda TKI yang belum tahu cara mengirim uang dari luar negeri ke Indonesia, artikel berikut sangat tepat untuk dibaca. Simak informasinya berikut ini ya!

Hal-hal yang Harus Diperhatikan oleh TKI Sebelum Mengirim Uang ke Indonesia

atm 1 - Cara Mengirim Uang dari Luar Negeri ke Indonesia untuk TKI

Bagi Anda PMI yang belum lama merantau ke negeri orang tentu masih minim informasi tentang cara mengirim uang dari luar negeri ke Indonesia. Biasanya ada perasaan ragu atau takut bila pengiriman uang yang akan dilakukan gagal atau memakan biaya administrasi yang banyak. Untuk menghilangkan rasa kekhawatiran tersebut, Anda bisa menyimak tips berikut ini:

  • Cari Informasi Melalui Internet

Sekarang ini segala sesuatu bisa Anda temukan jawabannya lewat internet, termasuk cara mengirim uang dari luar negeri ke Indonesia. Manfaatkan kemudahan ini dengan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang jasa kirim uang yang melayani pengiriman ke Indonesia. Tiap-tiap negara tentunya memiliki jasa pengiriman uang yang berbeda-beda, jadi jangan lupa menuliskan negara tempat Anda bekerja saat melakukan pencarian di internet. Misalnya Anda bisa ketikkan “cara mengirim uang ke Indonesia dari Korea”. 

  • Pilih Jasa Pengiriman Uang yang Terpercaya

Jumlah uang yang akan dikirimkan oleh TKI ke Indonesia tentunya tidak sedikit. Nah, agar Anda lebih tenang dan nyaman dalam melakukan pengiriman uang maka carilah jasa pengiriman uang yang terpercaya. Bagaimana caranya? Pertama Anda bisa mencari rekomendasi jasa pengiriman yang banyak dipakai oleh TKI lainnya melalui internet. Kedua, bisa juga Anda menanyakannya langsung kepada rekan sesama TKI tempat Anda bekerja. Ketiga, sosial media juga bisa jadi solusi karena biasanya terdapat grup khusus TKI yang bisa Anda tanyai langsung. Tidak ada salahnya Anda bergabung dengan grup TKI yang ada di sosial media karena Anda bisa mendapat informasi penting lainnya yang mungkin bisa bermanfaat.

  • Ketahui Informasi Tentang Biaya Pengiriman

Melakukan pengiriman uang ke Indonesia tentunya tidak gratis. Ada biaya pengiriman atau biaya administrasi yang harus Anda bayarkan juga. Nah, besarnya biaya pengiriman ini tentunya juga berbeda-beda pada tiap-tiap jasa pengiriman. Jadi, Anda bisa cari tahu terlebih dahulu supaya bisa memilih jasa pengiriman mana yang menawarkan biaya pengiriman terendah.

Begini Cara Mengirim Uang dari Luar Negeri ke Indonesia

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa tiap-tiap negara punya sarana atau jasa pengiriman uang ke Indonesia yang berbeda-beda. Berikut ini akan diulas tentang cara mengirim uang ke Indonesia bagi TKI yang ada di Korea, Jepang, Hongkong, dan juga Malaysia.

  • Malaysia

Negara Malaysia adalah salah satu negara tujuan TKI yang banyak dipilih. Selain karena letaknya yang dekat dengan Indonesia, bahasa dan budayanya pun hampir mirip. Jadi para TKI tentunya akan lebih mudah dan cepat beradaptasi jika bekerja di Negeri Jiran ini. Bagi Anda TKI yang bekerja di Malaysia, sekarang tidak perlu bingung lagi jika ingin mengirim uang ke sanak saudara di luar negeri. Anda bisa menggunakan aplikasi pengirim uang online yang bisa diunduh di ponsel, yaitu aplikasi Qelola.

qelola app 2 2 - Cara Mengirim Uang dari Luar Negeri ke Indonesia untuk TKI

Aplikasi Qelola adalah aplikasi transfer uang yang memang khusus dibuat untuk memudahkan TKI di Malaysia untuk berkirim uang ke Indonesia. Aplikasi ini bisa Anda download secara langsung melalui Playstore di HP Anda. Cara daftarnya pun juga sangat mudah, Anda hanya tinggal mendaftarkan nomor Anda dan mengikuti petunjuk yang diperintahkan. Setelah berhasil melakukan pendaftaran, buka kembali aplikasi dan transaksi pengiriman uang bisa langsung anda lakukan dengan melakukan top-up saldo Qelola terlebih dahulu. Untuk cara transfer uang via Qelola bisa Anda simak di sini.

  • Korea 

Bagi Anda TKI yang bekerja di Malaysia, ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk mengirim uang ke Indonesia. Cara kirim uang tersebut yaitu melalui bank, ATM, dan Western Union. Dari ketiga cara tadi, banyak TKI yang lebih memilih ATM untuk transfer uang ke Indonesia. Untuk bisa kirim uang dari Korea ke Indonesia melalui Anjungan Tunai Mandiri, Anda harus mendaftar di bank terlebih dahulu. Para TKI memilih menggunakan ATM karena biaya pengirimannya lebih murah jika dibandingkan jika mengirim dari bank. 

Biaya pengiriman melalui ATM biasanya mencapai 120 ribu rupiah, sedangkan biaya pengiriman melalui bank nominalnya mencapai 144 ribu rupiah. Selain bank dan ATM, Anda juga bisa transfer dana ke Indonesia melalui Western Union. Hanya saja, uang yang dikirimkan melalui Western Union hanya bisa diambil pada jam kantor saja. Selain itu biaya pengirimannya juga masih tergolong mahal.

  • Jepang

Mengirim uang dari Jepang ke Indonesia bisa dilakukan melalui bank lokal namun dengan proses yang sedikit rumit. Hal ini karena negara ini tidak memiliki bank yang bekerjasama dengan bank di Indonesia, jadi Anda harus membuka rekening pribadi pada bank lokal di Jepang. Namun jangan khawatir karena Anda tetap bisa melakukan pengiriman uang dengan cara yang lainnya. Bagaimana caranya? Pilihan transfer uang bagi TKI yang ada di Jepang yaitu dengan menggunakan Paypal, Western Union, dan Kyodai Remit.

  • Hongkong

Hongkong juga jadi negara yang banyak dituju oleh Tenaga Kerja Indonesia. Oleh karenanya, banyak cara mudah untuk transfer uang ke Indonesia dari Hongkong. Pilihan pertama yang bisa Anda coba adalah melalui bank seperti Mandiri, BCA, BRI, dan BNI. Opsi lainnya selain bank adalah Western Union, bahkan mengirim uang melalui jasa pengiriman ini bisa sampai ke Indonesia pada hari itu juga. 

Jasa pengiriman ini banyak dipilih oleh TKI yang ingin transfer dana pada hari Senin hingga Jumat. Selain cepat, pengambilan uang bagi penerima di Indonesia juga tergolong mudah. Anda hanya perlu mengirim nomor pin lewat SMS ke saudara di Indonesia untuk selanjutnya ditunjukkan ke kantor pos atau agen Western Union yang ada di Indonesia.

Baca Juga: 4 Pilihan Cara Transfer Uang Tanpa ATM, Serba Cepat!

Demikian informasi yang bisa Anda simak mengenai cara mengirim uang dari luar negeri ke Indonesia. Melalui artikel di atas bagi Anda TKI yang ada di Malaysia, Korea, Jepang, dan Hongkong bisa tahu pilihan apa saja yang bisa dicoba untuk transfer uang ke Indonesia. Bagi TKI yang ada di Malaysia direkomendasikan untuk mengunduh aplikasi Qelola untuk pengiriman uang yang cepat, mudah, dan aman langsung dari ponsel Anda. informasi lain tentang aplikasi Qelola bisa Anda simak melalui website resminya di sini.

Tags: , , , , , ,