4 Syarat Bekerja di Luar Negeri Ini Penting untuk Calon TKI

tenaga kerja indonesia

Bekerja di luar negeri tentu menjanjikan upah yang lebih besar dari pada di negeri sendiri. Itulah kenapa masyarakat Indonesia banyak yang berambisi untuk meniti karir di mancanegara. Indonesia sendiri juga tercatat sebagai negara yang banyak mengirim tenaga kerja ke luar negeri. Berbagai negara tujuan TKI seperti Hongkong, Taiwan, Jepang, Korea, Arab Saudi, dan Malaysia sampai saat ini juga masih diminati. Mungkin saat ini salah satu dari Anda juga punya keinginan untuk bekerja di luar negeri namun bingung dengan syarat-syaratnya. Tak perlu khawatir berikut akan diulas mengenai syarat bekerja di luar negeri untuk Anda.

Kenapa Orang Tertarik Bekerja di Luar Negeri?

1 - 4 Syarat Bekerja di Luar Negeri Ini Penting untuk Calon TKI

Ada banyak faktor yang mempengaruhi seseorang ingin bekerja di luar negeri. Tiap-tiap orang pun memiliki motivasi kerja yang berbeda-beda. Namun, faktor yang paling banyak melatarbelakangi hal tersebut adalah faktor ekonomi. Upah yang akan diterima jika bekerja di luar negeri tentunya nilainya jauh lebih tinggi jika dibandingkan di negeri sendiri. Jadi, alasan inilah yang membuat banyak orang berlomba-lomba untuk mewujudkan impiannya bekerja di negeri orang. Selain memperbaiki ekonomi keluarga, tentunya bekerja di luar negeri juga akan meningkatkan taraf hidup menjadi lebih baik.

Selain masalah uang, ada beberapa faktor lainnya yang bisa jadi penyebab orang ingin mengadu nasib di negara lain. Misalnya saja ingin memiliki pengalaman berbeda karena tantangan yang harus dihadapi pun pasti lebih berat. Pembuktian akan kompetensi diri juga bisa jadi dalih yang kuat seseorang ingin bekerja di luar negeri. Disisi lain, ada orang yang ingin membangun jaringan yang lebih luas sampai skala internasional dengan cara bekerja di luar Indonesia. Di luar itu, ada hal yang harus benar-benar diperhatikan seperti apa saja syarat bekerja di luar negeri.

Baca Juga: Visa adalah Surat Penting bagi TKI, Ketahui Syaratnya di Sini

Apa Saja Syarat Bekerja di Luar Negeri?

kerja di luar negeri 3 - 4 Syarat Bekerja di Luar Negeri Ini Penting untuk Calon TKI

Sebelum memutuskan untuk melangkahkan kaki ke negeri orang, Anda harus tahu betul apa saja syarat bekerja di luar negeri. Buang jauh-jauh terlebih dulu keuntungan dan hal-hal indah yang bisa Anda dapatkan jika bekerja di luar negeri. Kenyataannya, bekerja di negara lain tidak selamanya sesuai dengan ekspektasi Anda. Mungkin saja Anda akan mengalami beberapa kendala yang tidak pernah dikira sebelumnya. Pikir baik-baik sebelum mantap menjejakkan langkah ke negeri orang dan perhatikan syarat bekerja di luar negeri berikut ini.

  • Mengantongi Restu dari Keluarga

Syarat bekerja di luar negeri yang pertama adalah mendapat restu dari keluarga. Terdengar sepele memang tapi hal ini justru jadi modal utama Anda dapat bekerja di luar negeri dengan lancar. Doa orang tua tentunya juga akan turut andil dalam kesuksesan Anda di masa depan nanti. Jangan sampai hal ini Anda remehkan karena bisa-bisa malah jadi boomerang pada kehidupan Anda nantinya. Jadi pastikan pamit dan minta izin pada orang tua terlebih dahulu ya sebelum berangkat ke luar negeri.

  • Siap Mental dengan Kehidupan Baru

Nah, kesiapan mental biasanya juga sering diabaikan oleh masyarakat Indonesia yang ingin bekerja di luar negeri. Imajinasi mereka sudah lebih dulu dipenuhi hal-hal yang membahagiakan jika mereka bisa bekerja di negara asing. Daripada itu, Anda justru harus mempersiapkan kemungkinan pahit yang mungkin bisa saja terjadi. Bekerja di luar negeri tentu sangat berbeda dengan bekerja di negeri sendiri. 

Perbedaan budaya dan bahasa serta kebiasaan masyarakat di sana mungkin bisa jadi masalah jika Anda tidak benar-benar matang dalam mempersiapkan mental. Sistem, aturan, dan ritme kerja yang diterapkan di luar negeri pun bisa jadi sangat berat jika dibandingkan dengan tuntutan di negeri sendiri. Jadi Anda harus siap betul ya untuk menerima konsekuensi yang mungkin bisa terjadi nanti. 

  • Menyiapkan Dokumen dengan Benar

Syarat bekerja di luar negeri lainnya yang harus disiapkan secara benar adalah dokumen yang lengkap. Selain identitas pribadi, seseorang yang bekerja di luar negeri harus memiliki paspor dan juga visa. Visa yang dimaksud adalah visa kerja yang masa aktifnya sesuai dengan lamanya kontrak kerja Anda di luar negeri. Kelengkapan dokumen tersebut nantinya juga akan diperiksa oleh petugas imigrasi di bandara bersamaan dengan pengecekan bea cukai. 

Jangan sampai Anda meremehkan hal ini dan memilih jalur yang tidak resmi yang mengabaikan kelengkapan dokumen. Jika nekat bekerja di luar negeri lewat jalur yang tidak sah, maka Anda bisa terjerumus menjadi TKI ilegal yang tentunya sangat merugikan.

  • Punya Modal Finansial yang Mencukupi

Memang benar bekerja di luar negeri itu timbal baliknya akan mendapatkan gaji yang sangat besar. Namun sebelum Anda menerima itu, modal uang yang harus Anda keluarkan pun juga cukup banyak jumlahnya. Mempersiapkan dokumen seperti paspor dan visa pun membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Selain itu, tiket pesawat menuju negara tujuan bekerja pastinya juga tidak murah. 

Ditambah lagi, sebelum menerima gaji Anda harus punya cukup banyak uang untuk bekal hidup di negeri orang. Apalagi, nantinya Anda bekerja dalam kurun waktu yang lama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Dana tak terduga mungkin juga Anda butuhkan kalau-kalau gaji yang Anda terima tiba-tiba harus digunakan untuk hal mendesak. 

qelola app 2 2 - 4 Syarat Bekerja di Luar Negeri Ini Penting untuk Calon TKI

Selain syarat bekerja di luar negeri di atas, ada hal lain yang mesti Anda perhatikan sebelum berangkat kerja ke mancanegara. Anda juga harus pintar dalam mengelola gaji bulanan Anda nantinya dengan aplikasi keuangan online. Aplikasi ini bisa Anda download melalui ponsel dan segala transaksi keuangan bisa dilakukan dalam genggaman. Salah satu aplikasi keuangan yang cukup populer terutama di kalangan TKI Malaysia adalah aplikasi Qelola. Ya, aplikasi ini adalah aplikasi yang memang dirancang khusus untuk para TKI yang ada di Malaysia untuk bisa melakukan transaksi keuangan.

Transaksi ini meliputi transfer uang ke tanah air, bayar-bayar tagihan yang ada di Indonesia seperti tagihan listrik, air, BPJS Kesehatan, dan TV Kabel. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur untuk pembelian pulsa, kuota internet, dan voucher games. Jangan khawatir dengan biaya administrasinya, karena tentunya lebih kecil nominalnya jika dibandingkan dengan biaya pengiriman melalui bank atau ATM. Jadi tunggu apalagi, manfaatkan aplikasi Qelola untuk pengelolaan upah bulanan Anda dan transaksi menarik lainnya. Unduh aplikasinya di sini!

 

Tags: , , , , , ,