3 Perlindungan yang Wajib Diperoleh Pekerja Migran Indonesia

perlindungan pekerja migran indonesia

Pekerja Migran Indonesia (PMI) berhak untuk mendapatkan perlindungan selama bekerja di luar negeri. Perlindungan tersebut bertujuan agar Pekerja Migran Indonesia tetap aman dan terjamin hidupnya saat berada di negara tujuan. Pekerja migran juga berhak mendapatkan pendampingan hukum jika terjadi masalah atau kasus selama bekerja.

Lembaga pemerintah yang bertugas melaksanakan kebijakan pelindungan bagi PMI adalah BP2MI (Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia). BP2MI memiliki tanggung jawab untuk memastikan kesejahteraan dan hak asasi Pekerja Migran Indonesia telah terpenuhi. Melalui BP2MI, pemerintah Indonesia berupaya mengoptimalkan pemenuhan hak dan fasilitas untuk pekerja migran sesuai dengan aturan hukum yang berlaku. Lantas, apa saja perlindungan yang wajib diperoleh Pekerja Migran Indonesia? Langsung saja simak infonya di bawah ini.

Dasar Hukum Perlindungan Pekerja Migran Indonesia

judge gavel with justice lawyers lawyer working judge concept 36325 1208 - 3 Perlindungan yang Wajib Diperoleh Pekerja Migran Indonesia

Sebelum mengetahui bentuk perlindungan untuk PMI, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu dasar hukum dan aturan perundang-undangan yang digunakan pemerintah untuk melaksanakan perlindungan. Berikut daftarnya:

  • Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.
  • Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2012 tentang Pengesahan International Convention on the Protection of the Rights of All Migrant Workers and Members of Their Families (Konvensi Internasional mengenai Perlindungan Hak-Hak seluruh Pekerja Migran dan Anggota Keluarganya).
  • Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia.
  • Peraturan Presiden Nomo 90 Tahun 2019 tentang Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia.

Bentuk Perlindungan untuk Pekerja Migran Indonesia

life health insurance policy concept idea finance insurance 1421 87 - 3 Perlindungan yang Wajib Diperoleh Pekerja Migran Indonesia

Melalui dasar hukum di atas, pemerintah Indonesia menetapkan bentuk-bentuk perlindungan untuk Pekerja Migran Indonesia di antaranya:

  • Perlindungan Sebelum Pekerja Migran Bekerja

Perlindungan ini wajib didapatkan oleh pekerja migran sebelum bekerja di negara tujuan. Adapun jenis perlindungannya meliputi perlindungan administratif dan teknis. Rincian perlindungan tersebut antara lain:

  1. Kelengkapan dan keabsahan dokumen penempatan, penetapan kondisi, serta syarat kerja.
  2. Pemberian sosialisasi dan diseminasi informasi.
  3. Peningkatan kualitas calon PMI melalui pendidikan dan pelatihan kerja.
  4. Jaminan sosial.
  5. Fasilitas pemenuhan hak calon pekerja.
  6. Penguatan peran pegawai fungsional pengantar kerja.
  7. Pelayanan penempatan di layanan terpadu satu atap yang disediakan khusus untuk calon PMI.
  8. Pembinaan dan pengawasan untuk calon pekerja migran.
  • Perlindungan Selama Pekerja Migran Bekerja

Selama bekerja di negara tujuan penempatan, Pekerja Migran Indonesia berhak mendapatkan perlindungan sebagai berikut:

  1. Pendataan dan pendaftaran oleh Dinas Ketenagakerjaan atau pejabat dinas luar negeri yang ditunjuk.
  2. Pemantauan dan evaluasi terhadap pemberi kerja, pekerjaan, dan kondisi kerja.
  3. Fasilitas pemenuhan hak Pekerja Migran Indonesia.
  4. Fasilitas penyelesaian kasus ketenagakerjaan.
  5. Pemberian layanan jasa kekonsuleran.
  6. Pendampingan, mediasi, advokasi, dan pemberian bantuan hukum berupa jasa advokat oleh Pemerintah Pusat dan/atau Perwakilan Republik Indonesia serta perwalian sesuai dengan hukum negara setempat.
  7. Pembinaan terhadap pekerja migran.
  8. Fasilitas repatriasi.
  • Perlindungan Setelah Pekerja Migran Bekerja

Setelah PMI menyelesaikan kontrak kerja di negara tujuan, PMI berhak mendapatkan perlindungan purna kerja dari pemerintah Indonesia. Perlindungan yang berhak didapatkan PMI antara lain:

  1. Fasilitas kepulangan sampai daerah asal.
  2. Penyelesaian hak pekerja Indonesia yang belum terpenuhi selama bekerja.
  3. Rehabilitasi sosial dan reintegrasi sosial.
  4. Pemberdayaan Pekerja Migran Indonesia dan keluarganya.

Bagi pekerja migran yang sakit atau meninggal selama bekerja, pemerintah Indonesia wajib memberikan pelayanan pengurusan pekerja migran yang sakit dan meninggal dunia. Pengurusan tersebut termasuk mengenai jaminan sosial seperti Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK), serta Jaminan Hari Tua (JHT).

Baca Juga: Bagaimana Cara Menangani Kasus TKI? Perhatikan 3 Poin Ini

Tetap Jaga Keamanan saat Bekerja di Luar Negeri

protection people health insurance concept hand shield protect wooden human table 20693 200 - 3 Perlindungan yang Wajib Diperoleh Pekerja Migran Indonesia

Itulah ulasan singkat mengenai bentuk-bentuk perlindungan yang wajib didapatkan Pekerja Migran Indonesia. Anda tidak perlu khawatir dan ragu lagi ketika memutuskan akan bekerja di luar negeri. Selama Anda mengikuti semua peraturan penempatan pekerja migran yang legal sesuai aturan hukum yang berlaku, keamanan Anda di negara tujuan bisa tetap terjaga. Selain itu, dengan adanya lembaga perlindungan seperti BP2MI, Anda bisa bermigrasi dan bekerja di luar negeri dengan aman.

Tak hanya memastikan keamanan untuk hidup di luar negeri, Anda juga perlu memastikan pengiriman uang atau pembayaran tagihan ke Indonesia juga bisa dilakukan dengan aman, lancar, dan mudah. Terlebih, gaji kerja yang Anda dapat sebagai pekerja migran tentu sebagian akan Anda kirimkan untuk keluarga di Indonesia. Pastikan Anda memilih layanan keuangan yang bisa memudahkan transaksi Anda selama bekerja di luar negeri.

Jika Anda berada di Malaysia, Anda bisa menggunakan layanan keuangan Qelola. Layanan keuangan Qelola memiliki berbagai fitur menarik seperti e-wallet, transfer uang, serta layanan multi-billing untuk pembayaran segala keperluan Anda. Dengan berbagai fitur tersebut, transaksi dan pengelolaan keuangan selama berada di Malaysia akan berjalan semakin mudah. Transaksi menggunakan aplikasi Qelola akan diproses dalam waktu yang singkat dan biaya terjangkau. Tunggu apalagi? Segera unduh aplikasi Qelola sekarang juga! Lakukan pendaftaran dan pengisian saldo agar Anda bisa menikmati manfaat yang maksimal dari beragam fiturnya.

Tags: , , , , , , ,