KTKLN adalah Berkas Penting untuk TKI, Begini Membuatnya

KTKLN Adalah

Memiliki KTKLN adalah salah satu syarat yang diberikan oleh pemerintah untuk tenaga kerja yang berada di luar negeri. Berkas ini sendiri dapat diurus dengan cukup mudah dengan mendatangi kantor dinas terkait dan menjalankan prosedur yang ditentukan. Sebagai syarat kerja di luar negeri yang diatur oleh pemerintah dalam UU, maka Anda yang berniat berangkat ke luar negeri praktis harus memiliki berkas ini.

Pengertian KTKLN

Untitled design399 - KTKLN adalah Berkas Penting untuk TKI, Begini Membuatnya

KTKLN adalah kependekan dari Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri. Kartu ini harus dimiliki oleh warga negara Indonesia yang berada di luar negeri untuk bekerja, baik yang berangkat secara individu, pemberangkatan dari agen, atau penugasan dari perusahaan yang berada di Indonesia. KTKLN sama wajibnya dengan visa kerja dan paspor dalam hal legalitas status TKI di luar negeri.

KTKLN sendiri adalah kartu identitas TKI selain KTP yang berfungsi sebagai bukti validitas status Anda ketika bekerja di luar negeri. Kartu ini juga dapat berfungsi sebagai mekanisme perlindungan ketika Anda bekerja, ketika selesai bekerja, serta hingga Anda kembali ke tanah air. Jadi idealnya ketika Anda telah memiliki kartu ini, maka Anda akan mendapat jaminan perlindungan secara hukum oleh lembaga terkait.

Jika kebanyakan berkas kelengkapan dan surat yang menjadi syarat seorang TKI masih mengandalkan teknologi manual dalam perekaman dan pembacaan, maka berbeda dengan kartu yang satu ini. KTKLN berbentuk smart card chip microprocessor contactless yang dapat menyimpan data Anda secara digital. Data ini kemudian dapat diperbaharui dengan menggunakan card reader komputer.

Lalu Apa Saja Syarat Pembuatannya?

Untitled design398 - KTKLN adalah Berkas Penting untuk TKI, Begini Membuatnya

Secara umum, sebenarnya syarat pembuatan KTKLN dibedakan berdasarkan status keberangkatan Anda untuk bekerja di luar negeri. Misalnya, ketika Anda berangkat berdasarkan penempatan oleh PPTKIS, maka syaratnya akan lebih banyak daripada ketika Anda berangkat secara perseorangan. Namun demikian ada baiknya Anda mengetahui syarat lengkap pembuatan KTKLN agar dapat lebih paham prosedurnya.

Yang harus Anda siapkan antara lain:

  • Paspor.
  • Visa kerja.
  • Kartu peserta asuransi atau polis asuransi.
  • Surat perjanjian kontrak kerja penempatan di luar negeri yang sudah ditandatangani oleh pemberi kerja dan TKI. Artinya surat perjanjian kerja ini sudah disepakati kedua belah pihak.
  • Surat keterangan telah mengikuti pembekalan akhir keberangkatan (untuk Anda yang berangkat menggunakan PPTKIS atau agen penyalur tenaga kerja).
  • Bukti pembayaran Dana Pembinaan penempatan dan perlindungan Tenaga Kerja Indonesia.
  • Bukti medical check up yang valid.

Setiap berkas tersebut perlu Anda siapkan sebelum datang ke dinas terkait untuk mengurus KTKLN. Tak jarang Anda juga akan dibantu oleh lembaga atau agen yang Anda gunakan untuk mengurus berkas ini, sehingga Anda tak lagi perlu repot mendatangi lembaga yang berwenang. Cukup menyetorkan berkas di atas saja pada petugas penyalur tenaga kerja.

Membuat KTKLN adalah Hal yang Mudah

Untitled design397 - KTKLN adalah Berkas Penting untuk TKI, Begini Membuatnya

Untuk proses pembuatan KTKLN sebenarnya bukan hal yang sulit. Setelah Anda menyiapkan seluruh berkas yang diperlukan, Anda bisa mendatangi BNP2TKI atau PJTKI yang Anda gunakan. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan fotokopi paspor, visa kerja, KTP, surat kontrak kerja, dan materai Rp6.000.
  • Datangi Bank BRI dan isi formulir Slip Setoran Asuransi TKI. Anda akan diminta untuk membayar sejumlah biaya, dan ini adalah pembayaran yang legal, jadi tak perlu khawatir. Jangan lupa meminta bukti pembayaran dari bank tersebut.
  • Datangi konter Konsorsium Asuransi Proteksi TKI, dan isi formulir yang disediakan dengan lengkap.
  • Berikan bukti pembayaran yang tadi Anda terima di bank, kemudian lampirkan pula KTP, paspor, dan surat kontrak kerja.
  • Anda akan menerima KPA serta perjanjian asuransi yang Anda urus tersebut.
  • Bawa setiap dokumen ke konter selanjutnya untuk mengisi formulir pengajuan KTKLN dan pemeriksaan dokumen.
  • Setelah selesai, bawa setiap dokumen ke konter berikutnya untuk kemudian data Anda dimasukkan secara online, sembari Anda diwawancara oleh petugas.
  • Ikuti arahan untuk foto dan perekaman sidik jari.
  • Proses selesai, KTKLN sudah dapat diambil ketika jadi.

Cukup mudah bukan? Karena KTKLN adalah salah satu syarat agar Anda bisa menjadi TKI legal, maka proses pengurus serta berkas yang diperlukan terbilang cukup mudah dan sederhana. Berkas-berkas di atas adalah berkas umum ketika Anda ingin mengurus pengajuan legalitas status menjadi TKI.

Baca Juga: Pahami Kewajiban dan Hak Pekerja Ketika di Negara Asing 

Cukup mudah dan sederhana bukan? Mengingat prosesnya yang tak sulit dan tak memakan waktu yang panjang, maka tak ada alasan untuk tidak menyempatkan diri membuat KTKLN dengan prosedur yang sudah ditetapkan.

KTKLN adalah berkas penting yang harus dimiliki ketika Anda ingin berangkat ke luar negeri dalam urusan pekerjaan. Status legalitas pekerja Indonesia di luar negeri harus senantiasa dipastikan agar tak ada lagi kasus TKI ilegal karena kurang pahamnya TKI atas berkas yang sebenarnya sudah cukup jelas. Nah, ketika Anda sudah menjadi TKI nanti, urusan pengiriman uang ke tanah air bisa dilakukan dengan lebih mudah dengan Qelola. Layanan remitansi ini dapat membantu Anda mengirimkan uang dengan cepat, langsung, dan tentu saja ekonomis. Anda bisa mengunduh aplikasi Qelola di sini, dan mulai mempelajari setiap fiturnya!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,