Persiapan dan Tips Agar Lolos Saat Tes Kesehatan (Medical Check Up)

tes kesehatan

Tes kesehatan atau medical check up merupakan suatu pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh. Tujuan dilakukannya tes kesehatan adalah untuk memantau kondisi kesehatan tubuh, mendeteksi dini suatu penyakit atau gangguan kesehatan tertentu. Serta menentukan langkah pengobatan lebih lanjut atau rujukan ke dokter spesialis jika hasil pemeriksaan menunjukkan adanya masalah kesehatan.

Medical check up juga menjadi salah satu syarat atau tahapan dalam seleksi kerja termasuk jika Anda ingin menjadi TKI di luar negeri. Apabila Anda tidak lolos saat menjalani medical check up, maka Anda sebagai calon TKI tidak bisa mengikuti tahap seleksi selanjutnya. Namun ada pula perusahaan yang menetapkan bahwa medical check up adalah tes terakhir yang menentukan diterima atau tidaknya calon pekerja di perusahaan tersebut. Jangan panik! Sebelum melakukan medical check up, berikut ini ada beberapa persiapan dan tips lolos medical check up yang bisa Anda lakukan.

Baca Juga: Tips dan Trik Membuat Lamaran Kerja yang Efektif Agar Mudah Diterima

Jenis Pemeriksaan Saat Medical Check Up

tes kesehatan 1 - Persiapan dan Tips Agar Lolos Saat Tes Kesehatan (Medical Check Up)

Saat melakukan medical check up, dokter akan menanyakan beberapa hal seperti keluhan medis yang Anda rasakan, riwayat penyakit, riwayat pengobatan, serta kebiasaan atau gaya hidup yang Anda jalani. Setelah itu, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan kesehatan seperti:

  1. Pemeriksaan umum, meliputi pemeriksaan fisik dada untuk menilai kondisi jantung dan paru-paru, pemeriksaan fisik pada perut untuk menilai kondisi kesehatan sistem saluran pencernaan. Serta tanda-tanda vital seperti tekanan darah, suhu tubuh, detak jantung, dan laju pernapasan.
  2. Pemeriksaan tambahan untuk wanita, meliputi pap smear dan mammografi.
  3. Pemeriksaan tambahan untuk pria, meliputi pemeriksaan kesehatan umum ditambah pemeriksaan organ reproduksi pria yang meliputi penis, testis, dan prostat. Selain dengan pemeriksaan fisik, dokter mungkin akan menyarankan pemeriksaan penunjang seperti tes darah dan urine.

Medical check up sebaiknya dilakukan secara rutin setiap 3 hingga 5 tahun sekali bagi orang yang berusia di bawah 40 tahun. Dan 1 hingga 3 tahun sekali bagi orang yang berusia di atas 40 tahun. Meskipun demikian, pemeriksaan tes kesehatan mungkin akan perlu dilakukan lebih sering pada orang yang memiliki riwayat penyakit tertentu atau berisiko tinggi untuk terkena penyakit. Misalnya karena gaya hidup yang tidak sehat atau faktor genetik.

Hasil medical check up biasanya bisa Anda peroleh dalam waktu beberapa hari hingga satu minggu atau lebih. Setelah hasil medical check up Anda keluar, maka dokter akan menjelaskan tentang kondisi kesehatan Anda dan memberikan saran untuk menjaga kondisi kesehatan Anda berdasarkan hasil tersebut. Jika diperlukan, dokter akan menyarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter spesialis untuk penanganan lebih lanjut.

Persiapan Sebelum Melakukan Medical Check Up

tes kesehatan 2 - Persiapan dan Tips Agar Lolos Saat Tes Kesehatan (Medical Check Up)

Sebelum Anda datang ke rumah sakit untuk melakukan medical check up, ada beberapa hal penting yang perlu Anda persiapkan, yaitu:

  1. Catat keluhan yang pernah atau selama ini sedang Anda alami. Selain keluhan fisik, Anda juga bisa menyampaikan keluhan terkait kesehatan mental Anda.
  2. Catat riwayat kesehatan keluarga yang mencakup informasi tentang riwayat kesehatan dan riwayat penyakit pada keluarga inti maupun kerabat dekat Anda yang sedarah. Informasi ini penting Anda sampaikan agar dokter dapat mendeteksi apakah Anda memiliki faktor risiko kelainan genetik atau penyakit keturunan tertentu.
  3. Saat menjalani pemeriksaan kesehatan berkala, Anda perlu memberitahukan kepada dokter terkait obat-obatan, suplemen, atau obat herbal yang pernah Anda konsumsi dalam jangka panjang. 
  4. Jika sebelumnya Anda pernah menjalani tindakan medis tertentu, jangan lupa untuk memberitahukannya kepada dokter. 
  5. Cari tahu ketentuan pemeriksaan yang akan Anda jalani. Karena ada beberapa pemeriksaan kesehatan yang mengharuskan Anda untuk berpuasa selama 8–12  jam sebelum pemeriksaan dilakukan. 

Tips Agar Lolos Saat Medical Check Up

tes kesehatan 3 - Persiapan dan Tips Agar Lolos Saat Tes Kesehatan (Medical Check Up)

Setelah mengetahui jenis dan persiapan untuk melakukan tes kesehatan, lalu hal apa saja yang bisa Anda lakukan agar lolos saat medical check up?

  1. Perbanyak minum air mineral, mengingat air mineral memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. Salah satu manfaatnya adalah air tersebut bisa membuang racun dan kotoran yang ada di dalam tubuh Anda.
  2. Jika Anda ingin lolos tes kesehatan, sebaiknya Anda tidur atau istirahat dengan teratur apalagi bagi Anda yang memiliki kebiasaan begadang. Jika Anda tidak istirahat secara teratur, maka akan berakibat pada kondisi kesehatan Anda seperti tekanan darah yang tidak stabil, badan tidak fit, merusak antibodi, hingga kurang konsentrasi.
  3. Berolahraga seperti lari selama 10-15 menit setiap hari agar tubuh Anda menjadi sehat dan bugar, serta terhindar dari berbagai macam penyakit.
  4. Berhenti merokok.
  5. Hindari makanan yang bisa menyebabkan kolesterol. Konsumsi karbohidrat, sayur, dan buah-buahan yang cukup. 
  6. Minum suplemen yang dapat membantu menstabilkan darah dalam tubuh.

Itulah beberapa informasi seputar persiapan tes kesehatan atau medical check up yang perlu Anda ketahui. Dengan persiapan yang matang, tentu akan lebih mudah menggapai impian Anda untuk menjadi TKI yang berhasil di luar negeri.

Agar Anda lebih fokus pada pekerjaan, serahkan urusan keuangan Anda pada aplikasi Qelola. Segala macam transaksi domestik dan internasional dapat dituntaskan hanya dalam genggaman Anda. Penggunaan aplikasi Qelola sangat mudah dan praktis. Anda akan menghemat waktu lebih banyak saat harus kirim uang dari Malaysia ke Indonesia, bayar tagihan, dan lainnya tanpa harus keluar rumah. Coba unduh aplikasi Qelola dan lakukan pendaftaran sekarang untuk segera menikmati berbagai fiturnya.

Tags: , , , , ,