Panduan Lengkap MUET Bagi Calon Mahasiswa Malaysia

Paspor Hilang

Anda telah lulus SMA dan siap memasuki dunia perkuliahan? Jika Anda berminat untuk kuliah di luar negeri sejak lama, maka berbagai persyaratan untuk diterima di kampus luar negeri pasti sudah Anda ketahui. Terlebih lagi jika Anda berencana untuk kuliah di Malaysia, maka Anda pasti tidak asing lagi dengan MUET. Malaysian University English Test (MUET) merupakan ujian atau tes dalam bidang bahasa Inggris yang hampir sama dengan TOEFL dan IELTS. MUET ini menjadi salah satu syarat untuk mendaftarkan diri ke universitas-universitas di Malaysia dan Singapura. Sehingga pesertanya merupakan pelajar yang akan mengambil program matrikulasi diploma dan pra universitas dan ingin mengikuti perkuliahan di salah satu universitas di Malaysia. Berikut adalah panduan lengkap melakukan MUET bagi Anda.

1.  Pendaftaran dan Jadwal MUET

Pelaksanaan MUET hanya diadakan sebanyak 3 kali dalam setahun, yaitu pada bulan Maret, Juli, dan November. Sehingga Anda harus menyesuaikannya dengan waktu pendaftaran universitas tujuan juga agar sebelum mendaftar kuliah Anda sudah memiliki sertifikat MUET. Kemudian ketika Anda akan mendaftar, selain mempersiapkan kemampuan bahasa Inggris, Anda juga harus menyiapkan biaya pendaftarannya. Pada awal mendaftar, Anda akan diminta membayar sebesar RM100. Jika hasil penilaiannya tidak sesuai target atau harapan, Anda dapat melakukan tes ulang dengan biaya hanya RM70. Pendaftaran ini dapat Anda lakukan secara online melalui website resmi Malaysian Examination Council.

boy 3653385 960 720 - Panduan Lengkap MUET Bagi Calon Mahasiswa Malaysia

2.  Struktur MUET

Tes MUET memiliki 4 bagian standar tes bahasa Inggris pada umumnya, yaitu writing, reading, speaking, dan listening. Pelaksanan ujian writing, reading, dan listening ada dalam waktu atau hari yang sama. Sedangkan speaking diadakan secara terpisah. Berikut ini rincian per bagiannya:

a.  Writing

Berdurasi 90 menit, tes writing memiliki nilai maksimal 90. Terdapat 2 pertanyaan di dalamnya yang akan meminta Anda menginterpretasikan informasi dari bacaan singkat dan ekstensif. Bacaan ini dapat berupa surat atau ringkasan laporan suatu hal. Dalam menjawab 2 soal tersebut, sertakan bukti dan contoh dari pernyataan Anda agar nilai yang didapatkan bisa lebih tinggi. Jadi jangan hanya menuliskan pernyataannya saja. Untuk urutan mengerjakan, pilih dan kerjakan nomor 2 terlebih dahulu karena bobot nilainya lebih banyak.

b.  Reading

Berdurasi 90 menit, tes reading memiliki nilai maksimal 120. Terdapat 50 pertanyaan di dalamnya berupa pilihan ganda yang didasarkan pada 6 bacaan yang diambil dari berbagai sumber, misal buku pelajaran, artikel, jurnal, dan lain-lain. Tips belajar agar mudah mengerjakan bagian ini adalah dengan memperbanyak membaca cepat dan memahami bacaan dengan tepat. Anda dapat memulainya dengan sering membaca berita dari BBC atau New York Times. Kemudian saat belajar, garis bawahi kosakata yang tidak dikenali lalu cari tahu artinya. Dengan begitu, bank kata Anda akan bertambah banyak.

c.   Listening

Berdurasi 30 menit, tes listening memiliki nilai maksimal 45. Terdapat 20 pertanyaan di dalamnya berupa pilihan ganda yang didasarkan pada contoh percakapan yang diperdengarkan saat tes berjalan. Percakapan ini dapat berupa penggalan perkuliahan, diskusi, atau pengumuman. Tips melatih kemampuan ini adalah dengan sering mendengarkan film atau berita berbahasa Inggris. Namun usahakan untuk memilih sumber berita resmi atau film yang banyak menggunakan bahasa Inggris formal.

d.  Speaking

Berdurasi 30 menit, tes speaking memiliki nilai maksimal 45. Terdapat sesi tertentu yang mengharuskan Anda melakukan presentasi secara individu. Waktu yang diberikan untuk presentasi adalah 2 menit persiapan dan 2 menit presentasi. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi dengan 3 peserta lain selama 10 menit terkait presentasi Anda. Tipe melatih kemampuan ini adalah dengan sering berbicara menggunakan bahasa Inggris dengan teman, keluarga, atau guru Anda. Diskusikan berbagai hal menarik dengan mereka dan pastikan argumen Anda jelas, sesuai dengan topik tertentu, serta dapat diterima dan dipahami dengan baik oleh lawan bicara.

dictionary 2875159 1280 700x346 - Panduan Lengkap MUET Bagi Calon Mahasiswa Malaysia

3.  Tingkatan Penilaian MUET

Nilai maksimal MUET adalah 300 dan dibagi menjadi 6 tingkatan penilaian (band). Berikut pembagian penilaiannya:

  • Sangat baik, untuk skor 260 – 300.
  • Baik, untuk skor 220 – 259.
  • Cukup baik, untuk skor 180 – 219.
  • Perlu ditingkatkan, untuk skor 140 – 179.
  • Terbatas, untuk skor 100 – 139.
  • Sangat terbatas, untuk skor dibawah 100.

Jika Anda ingin mendaftar kuliah di kampus Malaysia, setidaknya Anda harus mendapatkan minimal band 3 (cukup baik).  Kemudian minimal band 4 (baik) untuk jurusan kedokteran, hukum, linguistik bahasa Inggris, dan sastra Inggris. Sudah siapkah Anda?

Baca Juga: Inilah 3 Jurusan Kuliah Paling Populer di Malaysia

Itu tadi adalah panduan lengkap terkait MUET. Apakah Anda sudah siap ikut MUET? Jika Anda sudah melakukan tes TOEFL dan IELTS, bisa dipastikan Anda tidak akan kesulitan melakukan MUET ini. Sehingga mimpi kuliah di luar negeri, khususnya di Malaysia akan semakin dekat. Jangan lupa untuk memudahkan pengelolaan keuangan Anda selama di luar negeri, gunakan aplikasi Qelola. Fitur Qelola akan memudahkan keluarga Anda dalam mengisikan saldo karena biaya transfer yang murah. Yuk coba langsung Qelola di sini.

Tags: , , , , ,