Tentang Negara Malaysia, Tempat Tujuan Bekerja di Luar Negeri

negara malaysia

Setiap negara di dunia ini memiliki beragam keunikan atas wilayahnya, tak terkecuali Negeri Jiran, Malaysia. Malaysia menjadi salah satu negara tujuan terbesar orang Indonesia untuk bekerja, berobat, dan menuntut ilmu. Artikel ini akan mengulas berbagai hal mengenai negara Malaysia yang harus Anda ketahui sebelum mengunjungi Malaysia.

1. Keadaan Geografis

Malaysia memiliki luas wilayah sebesar 329.847 km2 ini terpisah menjadi dua kawasan oleh Laut China Selatan. Dua kawasan antara lain Malaysia Barat di Semenanjung Malaysia dan Malaysia Timur yang berada di Pulau Kalimantan. Sebelah utara, Malaysia berbatasan dengan Thailand, Brunei Darussalam, dan Laut China Selatan. Sebelah selatan, Malaysia berbatasan dengan Indonesia dan Singapura. Sebelah barat Malaysia adalah Selat Malaka dan sebelah timurnya adalah Laut Sulu dan Laut Sulawesi. Malaysia tidak memiliki banyak lautan dan wilayah perairan seperti Indonesia. Ibukota Malaysia adalah Kuala Lumpur, sedangkan Putrajaya merupakan pusat pemerintahan persekutuan. 

2. Sistem Pemerintahan dan Negara Bagian

wisata malaysia 1024x683 - Tentang Negara Malaysia, Tempat Tujuan Bekerja di Luar Negeri

Malaysia menganut sistem pemerintahan Monarki Konstitusional Federal. Kepala negaranya merupakan seorang raja/sultan atau disebut Yang di-Pertuan Agong. Jabatan Yang di-Pertuan Agong digilirkan setiap lima tahun sekali diantara sembilan Sultan Negeri Melayu. Kesembilan Sultan Negeri Melayu yang dapat dipilih maupun memilih adalah Sultan Johor, Sultan Kedah, Sultan Kelantan, Yang di-Pertuan Besar Negeri Sembilan, Sultan Pahang, Sultan Perak, Raja Perlis, Sultan Selangor, dan Sultan Terengganu. Kepala pemerintahannya disebut dengan Perdana Menteri yang dipilih melalui Pemilihan Umum setiap lima tahun sekali.

Dengan sistem pemerintahan Monarki Konstitusional Federal tersebut, Malaysia terbagi menjadi 13 negara bagian dan 3 wilayah Federal yang dipisahkan oleh Laut China Selatan. Setiap negara bagian dikepalai oleh seorang sultan atau raja atau Yang di-Pertuan Besar serta seorang Menteri Besar atau Menteri Eksekutif.

  • Daftar Negara Bagian Malaysia

No. Negara Bagian Kepala Negara Bagian Ibukota
1. Johor Sultan Johor Bahru
2. Kedah Sultan Alor Setar
3. Kelantan Sultan Kota Bahru
4. Melaka Yang di-Pertua Negeri Kota Melaka
5. NEgeri Sembilan Yang di-Pertua Besar Seremban
6. Pahang Sultan Kelantan
7. Perak Sultan Ipoh
8. Perlis Raja Kangar
9. Pulau Pinang Yang di-Pertua Negeri George Town
10. Selangor Sultan Shah Alam
11. Terengganu Sultan Kuala Terengganu
12. Sarawak Yang di-Pertua Negeri Kuching
13. Sabah Yang di-Pertua Negeri Kota Kinabalu
  • Wilayah Persekutuan di Malaysia

No. Wilayah Persekutuan Kepala Negara Bagian Ibukota
1. Kuala Lumpur Sultan Malaysia Kuala Lumpur
2. Putrajaya Sultan Malaysia Putrajaya
3. Labuan Sultan Malaysia Victoria

Catatan: Kepala Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Putrajaya, dan Labuan berada langsung dibawah Sultan Malaysia (Yang di-Pertuan Agong) dengan Menteri Besar atau Menteri Eksekutifnya adalah Perdana Menteri Malaysia.

3. Perekonomian Unggulan Negara Malaysia

Di bidang perekonomian, Malaysia merupakan negara penghasil karet dan minyak sawit terbesar di dunia. Komoditas agrikultur utama yang dihasilkan oleh Malaysia diantaranya minyak sawit, karet, kakao, beras, dan kayu. Di bidang perindustrian, beberapa industri penting negara ini antara lain seperti pengolah minyak sawit dan karet, perminyakan dan gas bumi, farmasi, dan produk-produk elektronika. Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Malaysia pada tahun 2017 berdasarkan Paritas Daya Beli adalah sebesar US$933,3 Miliar. Sedangkan Pendapatan Perkapita Malaysia sebesar US$ 29.100. 

Baca Juga: Negeri Jiran Si ‘Saudara Dekat’ Indonesia, Negara Malaysia

4. Adat Istiadat Penduduk Malaysia

rsz 30bh11watransformed - Tentang Negara Malaysia, Tempat Tujuan Bekerja di Luar Negeri

Mayoritas penduduk Malaysia terbagi dalam multi suku bangsa, yaitu Melayu, China, India, dan bumiputra non Melayu di Sabah dan Serawak. Agama resmi negara adalah Islam, Hindu, Buddha, Kristen, Sikh, dan Kontrak. 

Bahasa nasional yang digunakan adalah bahasa Melayu Malaysia dan bahasa Inggris yang umum digunakan oleh masyarakat. Bahasa yang digunakan sehari-hari pun beragam sesuai dengan asal sukunya masing-masing.

5. Wisata Medis Berkualitas dan Termurah

Malaysia merupakan salah satu negara di Asia yang menggalakkan program wisata medis. Negara ini memiliki beragam pilihan rumah sakit terbaik yang siap memberikan perawatan pasien dari berbagai belahan dunia. Anda dapat mengunjungi situs resmi wisata medis yang begitu lengkap, menampilkan prosedur pembuatan visa, daftar rumah sakit, dan rincian biaya berobat. Biaya operasi di rumah sakit Malaysia terbilang paling murah dengan kualitas sama di negara lain.

6. Negara Rekomendasi Kerja di Luar Negeri

Untitled design260 - Tentang Negara Malaysia, Tempat Tujuan Bekerja di Luar Negeri

Bekerja di Malaysia menjadi salah satu alternatif yang dipilih untuk mengubah kehidupan menjadi lebih baik lagi. Malaysia menjadi tujuan yang tepat apabila Anda memilih untuk hidup di negara dengan kebudayaan tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Tidak sedikit warga negara Indonesia merantau ke luar negeri dengan menjadi Tenaga Kerja Indonesia atau lazim disebut dengan TKI. Hingga saat ini, Indonesia menjadi negara pemasok tenaga kerja terbesar untuk Malaysia. Tenaga Kerja Indonesia di Malaysia mencapai 120.000 jiwa yang terbagi dalam bidang profesional maupun domestik. Lowongan kerja di Malaysia menjadi pencarian utama bagi para calon TKI. Setelah mendapat informasi lowongan pekerjaan yang diinginkan, biasanya para TKI akan mendaftarkan diri di PJTKI resmi Malaysia untuk mendapatkan izin bekerja. 

Bagaimana upah minimum yang berlaku di negara Malaysia? Apakah besaran upah/gaji yang diperoleh para pekerja sama dengan gaji kerja di Indonesia? Rupanya rata-rata gaji minimal yang diterima para pekerja di Malaysia sebesar RM1050 atau senilai Rp3.885.000. Gaji rata-rata untuk pekerja profesional di Malaysia dimulai dari RM3.000 atau sekitar Rp10.000.000. Ketentuan ini didasarkan kepada perolehan izin masuk Malaysia sebagai pekerja (Employment Pass) minimal penghasilan adalah RM3.000 dan tak luput dari pengenaan pajak. Oleh karena itu, alangkah baiknya Anda bertanya kepada agensi, kantor perwakilan, atau BNP2TKI mengenai ketentuan pajak penghasilan. Meskipun gaji kerja di Malaysia lebih tinggi, namun bisa dibilang biaya hidup di Malaysia lebih mahal dibanding dengan Indonesia.

Kelola keuangan secara mandiri saat bekerja di luar negeri dengan menggunakan aplikasi Qelola. Qelola adalah dompet elektronik (e-wallet) terpercaya yang menyediakan layanan multi-billing tagihan bulanan dan layanan kirim uang dari luar negeri secara mudah dan murah. Unduh dan install aplikasi Qelola melalui smartphone Anda sekarang juga! Lakukan pendaftaran dan pengaktifan akun Qelola untuk melakukan pembayaran. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini.

Tags: , , , , , , , , , ,