Malaysia, Destinasi Wisata Halal yang Harus Anda Kunjungi

malaysia

Malaysia adalah salah satu negara dengan penduduk yang mayoritas beragama Islam. Kenyataan ini membuatnya menjadi salah satu tujuan wisata halal bagi turis muslim yang ada di seluruh dunia termasuk Indonesia. Karena banyaknya penduduk muslim di Negeri Jiran, akan mudah bagi Anda untuk menemukan berbagai kuliner halal selama mengunjungi negara ini. Hal ini tentu saja akan menambah kenyamanan Anda saat sedang berwisata tanpa perlu was-was dengan hidangan yang disajikan. Selain perihal makanan, ada hal-hal lain yang membuat wisata halal ini banyak menarik minat para turis. Simak informasi lebih jauh tentang wisata halal berikut ini yuk!

Apa Itu Wisata Halal?

wisata halal 2 - Malaysia, Destinasi Wisata Halal yang Harus Anda Kunjungi

Banyak orang yang masih salah menafsirkan perihal wisata halal. Umumnya, wisata halal ini selalu disamakan dengan wisata religi yaitu mengunjungi tempat-tempat atau situs-situs yang memiliki nilai agama. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah, namun pariwisata halal yang dimaksud disini lebih menyasar ke perilaku wisatawannya. Jadi wisata halal diartikan sebagai bagian dari industri pariwisata yang ditujukan untuk wisatawan muslim. Pelayanan yang diberikan dalam pariwisata halal juga sesuai dengan aturan-aturan Islam. Pariwisata halal ini biasanya meliputi konsep-konsep berikut ini:

  • Memberikan pelayanan makanan dan minuman yang halal

Menyantap hidangan yang halal adalah wajib hukumnya bagi umat Muslim. Saat Anda mengunjungi negara yang masih asing tentu tidak ingin kan sampai salah memilih hidangan. Dengan adanya pariwisata halal ini, turis muslim pun akan merasa nyaman tanpa perlu was-was dengan hidangan yang akan disantap.

  • Tersedianya fasilitas ibadah yang memadai, seperti masjid dan mushola

Fasilitas ibadah juga tak kalah pentingnya dengan kebutuhan akan makanan halal. Dengan adanya tempat ibadah seperti masjid dan mushola yang memadai akan memudahkan para turis untuk tetap bisa menjalankan ibadah tepat waktu walau sedang berwisata. 

  • Toilet yang bersih dan menyediakan tempat berwudhu

Di beberapa negara tertentu mungkin Anda pernah kesulitan untuk menemukan tempat berwudhu. Sehingga sebagian dari turis melakukan wudhu di wastafel. Nah, wisata halal tentu juga ingin menjamin para pengunjungnya untuk bisa menunaikan wudhu secara benar. Jadi selain toilet yang bersih, ketersediaan tempat wudhu juga sangat penting untuk diperhatikan.

  • Bebas dari aktivitas non halal

Konsep pariwisata halal juga harus memperhatikan aktivitas sekitar yang ramah turis muslim. Hal-hal seperti perjudian, klub malam, dan hal-hal lain yang bertentangan dengan aktivitas non halal tentu akan mengganggu kenyamanan wisatawan muslim.

  • Pelayanan saat bulan Ramadhan seperti menu sahur dan berbuka

Lingkungan yang ramah muslim juga harus memperhatikan pelayanan saat bulan Ramadhan tiba. Kemudahan dalam mencari menu sahur dan berbuka tentunya harus jadi prioritas juga demi menunjang pariwisata halal.

  • Adanya area rekreasi yang menjaga privasi wisatawan

Pusat rekreasi dalam konsep wisata halal juga harus tetap menjaga privasi para pengunjung. Jangan sampai area yang disambangi bercampur-baur secara bebas sehingga mengurangi kenyamanan turis muslim.

Malaysia sebagai Destinasi Wisata Halal

wisata halal 4 - Malaysia, Destinasi Wisata Halal yang Harus Anda Kunjungi

Konsep-konsep pariwisata halal di atas tentunya sudah diterapkan di negara Malaysia. Sebagai negara dengan mayoritas penduduk Muslim, menjadikan negara ini sebagai negara tujuan wisata halal yang ramai dikunjungi. Bahkan pada tahun 2019, Malaysia berada di peringkat kedua sebagai negara destinasi wisata halal terbaik dunia versi GMTI (Global Muslim Travel Index). 

Beberapa kota yang menjadi tujuan wisata halal di Malaysia di antaranya adalah Kuala Lumpur, Putrajaya, Melaka, Langkawi, Kelantan, dan Terengganu. Namun, kota yang paling kental nuansa islaminya di Malaysia adalah Kelantan dan Terengganu. Hal tersebut terlihat dari kehidupan serta cara berpakaian penduduk lokal setempat. Masjid di Kelantan yang cukup menarik wisatawan diantaranya adalah Masjid Sultan Ismail, Masjid Kampung Laut, dan Masjid Al-Muhammad Kelantan. Sedangkan masjid yang cukup tersohor di Terengganu adalah Masjid Kuala Terengganu dan Masjid Tengku Tengah Zaharah yang punya miniatur masjid dari seluruh dunia. 

Baca Juga: 4 Rekomendasi Kota Wisata di Malaysia Selain Kuala Lumpur Ini Menarik Lho!

Demikian informasi tentang wisata halal yang bisa Anda simak. Malaysia adalah salah satu negara yang juga mengusung konsep wisata halal yang wajib untuk Anda kunjungi. Berbagai destinasi wisata yang ramah muslim serta makanan halal akan mudah Anda temukan di negara ini. Saat mengunjungi negara Malaysia, pastikan komunikasi Anda dengan keluarga di tanah air tetap berjalan lancar. Nah, jika kehabisan pulsa Anda bisa melakukan pembelian pulsa melalui aplikasi online yang populer di Malaysia yaitu aplikasi Qelola.

Aplikasi Qelola ini pada dasarnya merupakan aplikasi yang bisa dipakai untuk melakukan transfer uang dari Malaysia ke Indonesia langsung dari handphone. Selain untuk transfer uang, aplikasi ini juga bisa Anda manfaatkan untuk membayar berbagai tagihan di Indonesia seperti tagihan listrik, air, BPJS, dan TV Kabel. Ditambah lagi, melalui aplikasi ini Anda juga bisa isi ulang pulsa dan kuota internet. Caranya bagaimana? Mudah saja, unduh aplikasi Qelola terlebih dahulu melalui Playstore dan daftarkan nomor Anda. Selanjutnya segera nikmati fitur yang ada di dalamnya dalam sekali klik saja. Informasi lainnya tentang Qelola bisa Anda temukan lewat website resminya disini.

Tags: , , ,