Ingin Bertransaksi dengan Virtual Account? Ini Penjelasan Lengkapnya

EP 7 - Ingin Bertransaksi dengan Virtual Account? Ini Penjelasan Lengkapnya

Untuk yang sering belanja online, pasti tidak asing lagi dengan metode pembayaran transfer. Pihak penjual memberikan nomor rekeningnya dan Anda pun mentransfer sejumlah uang untuk membayar barang yang telah dipesan. Selanjutnya Anda akan menunjukkan bukti pembayaran dan pihak penjual akan memeriksanya. Tapi tahukah Anda bahwa sistem seperti ini mempunyai risiko penipuan yang cukup besar. Baik bagi Anda sebagai pembeli maupun bagi pihak penjual. Selain itu sistem ini juga akan merepotkan penjual apabila penjualan yang dilakukan cukup banyak. Namun dengan kecanggihan teknologi, masalah tersebut dapat diatasi dengan sistem virtual account. Dengan sistem ini transaksi Anda akan jauh lebih simpel. Mengapa? Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu Virtual Account?

EP 5 4 1 - Ingin Bertransaksi dengan Virtual Account? Ini Penjelasan Lengkapnya

Virtual mempunyai arti ‘maya’ atau ‘tidak nyata’. Sehingga virtual account dapat diartikan sebagai akun yang tidak nyata. Atau dalam jual beli merujuk pada rekening buatan yang tidak benar-benar nyata. Setiap Anda melakukan transaksi di online shop maka toko akan dibantu oleh bank untuk membuatkan nomor ID pelanggan Anda. Untuk setiap transaksi, pelanggan akan mendapatkan satu ID pelanggan yang biasa dikenal dengan VA number (nomor akun virtual). Nomor ini akan berbeda untuk setiap pelanggan dan bisa berubah untuk setiap transaksi. Ketika menggunakan virtual account, Anda tidak perlu lagi mengirimkan bukti transfer kepada penjual. Cukup melakukan pembayaran menggunakan ID pelanggan melalui ATM atau m-banking, maka transaksi Anda akan tercatat secara otomatis. Begitupun pada penjual, mereka tidak perlu lagi mengecek pembayaran Anda satu persatu, karena seluruhnya sudah tercatat di dalam sistem. Sangat berbeda dengan metode transfer bank bukan? Dimana bukti transfer harus diberikan oleh pelanggan dan diperiksa oleh penjual secara manual.

Manfaat Virtual Account

EP 7 1 - Ingin Bertransaksi dengan Virtual Account? Ini Penjelasan Lengkapnya

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika melakukan pembayaran dengan rekening maya ini.  Manfaat tersebut antara lain:

  • Mudah dan Cepat

Jika Anda telah melakukan pembayaran maka tidak perlu melakukan konfirmasi manual dengan mengirim bukti transfer lagi. Karena transaksi akan langsung tercatat secara langsung dalam sistem sehingga konfirmasi akan dilakukan secara otomatis. Lebih mudah dan menghemat waktu bukan?

  • Lebih Murah

Untuk membedakan pembayaran Anda dengan orang lain, biasanya pihak penjual meminta Anda memasukkan kode unik di dalam nominal transferan. Tentu saja ini akan mengambil beberapa rupiah dari saldo Anda. Angkanya mungkin kecil jika dilakukan sesekali saja. Namun bagaimana jika setiap pembayaran online Anda mengharuskan adanya kode unik? Ya, jumlah kecil itu lama kelamaan akan mengurangi saldo dalam jumlah besar. Dan ini tidak akan terjadi jika menggunakan virtual account. Karena kode yang diberikan berbeda bagi tiap orang, maka pembayaran Anda akan otomatis terkonfirmasi tanpa harus menambahkan angka unik di belakangnya.

  • Meminimalisasi Terjadinya Kesalahan Transfer

Ketika memasukkan nominal yang akan ditransfer, besar kemungkinan kesalahan pengetikan angka terjadi. Yang paling sering adalah kelebihan atau kekurangan angka ‘0’ di bagian akhir yang membuat nominal berbeda sangat jauh. Jika membayar dengan virtual account hal ini tidak akan terjadi karena nominal pembayaran Anda akan otomatis muncul ketika memasukkan ID pelanggan dan Anda hanya diminta untuk menekan tombol ‘setuju’.

Jenis-Jenis Virtual Account

EP 7 2 - Ingin Bertransaksi dengan Virtual Account? Ini Penjelasan Lengkapnya

Secara garis besar, sistem permbayaran ini dibagi berdasarkan 3 kategori yang antara lain:

Berdasarkan Alokasi Nomor

  • Fixed Virtual Account

ID pelanggan pada jenis ini biasanya tidak berubah sehingga bisa digunakan untuk melakukan pembayaran beberapa kali. Jenis ini lebih cocok digunakan untuk model bisnis yang mengharuskan Anda membayar berulang kali seperti cicilan barang atau berlangganan satu produk. Contoh penggunaan yang paling sering adalah untuk e-wallet seperti Gopay atau OVO dimana ketika Anda melakukan top up,  ID yang diberikan akan tetap sama.

  • Non-Fixed Virtual Account

Berbeda dengan poin sebelumnya, jenis ini akan digunakan untuk satu kali pembayaran saja dan untuk barang dan jasa yang spesifik. Contohnya ketika Anda belanja melalui situs e-Commerce. Di e-commerce kebanyakan orang akan membeli barang yang sama kemungkinannya hanya sekali saja. Sehingga untuk pembelian berikutnya ID pelanggan yang diberikan akan berbeda lagi. Karena kemungkinan pembelian berulang itu sangat kecil, maka meskipun suatu saat Anda memutuskan untuk membeli barang yang sama, ID pelanggan akan tetap dibuat secara acak kembali.

Berdasarkan Nominal yang Dibayar

  • Virtual Account Open

Jenis ini memungkinkan pembayaran dengan nominal berapapun sehingga cocok digunakan untuk sistem top up ewallet yang dapat digunakan untuk membayar transaksi apapun.

  • Virtual Account Closed

Jenis ini hanya bisa melakukan pembayaran dengan nominal yang sudah diatur pada saat pembuatan. Misalkan jika Anda membuat Virtual Account Open dan mengatur nominalnya menjadi hanya Rp200.000 maka pembayaran selain nominal tersebut otomatis gagal.

Berdasarkan Penggunaannya

  • Virtual Account Sekali Pemakaian

Sesuai dengan namanya, ketika sudah melakukan pembayaran sekali, maka ID tersebut akan kadaluarsa dan tidak bisa dibayar lagi.

  • Virtual Account Beberapa Kali Pemakaian

Jenis ini bisa digunakan untuk pembayaran berulang kali asalkan statusnya masih aktif.

Selain melalui virtual account, metode pembayaran yang mudah, cepat, murah, dan aman lainnya bisa dilakukan melalui aplikasi Qelola. Terutama bagi Anda yang tidak mempunyai rekening bank yang tentu saja sulit melakukan pembayaran melalui virtual account. Alihkan saja metode pembayaran berbagai tagihan dan belanjaan Anda dengan Qelola. Selain itu, dapatkan juga kemudahan transfer dan pembayaran internasional dengan aplikasi ini. Penasaran dengan layanannya? Bisa download aplikasinya disini sekarang juga.

 

Tags: , , , , , , ,