Tutorial Antrian Online Imigrasi, TKI Wajib Tahu!

Antrian Online Imigrasi

Teknologi yang semakin canggih dan waktu yang semakin berharga terus membuat manusia berinovasi agar dapat membuat segalanya lebih cepat dan mudah. Demikian halnya dengan pembuatan paspor, yang kini bisa dilakukan secara online. Tidak hanya pembuatan, bahkan Anda bisa mendapatkan antrian online imigrasi dengan sangat mudah melalui cara yang sudah disediakan oleh dinas terkait.

Meski membahas mengenai pembuatan paspor online, artikel kali ini akan difokuskan pada antrian online imigrasi. Nantinya setiap proses lain juga akan dijelaskan pada artikel berikutnya. Nah, tanpa berlama-lama lagi, mari simak langkah yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan antrian online imigrasi dalam pembuatan paspor.

Antrian Online Imigrasi dengan Aplikasi

Untitled design134 - Tutorial Antrian Online Imigrasi, TKI Wajib Tahu!

Berikut langkah-langkahnya:

  • Unduh aplikasi Antrian Paspor Online di Play Store dari smartphone Anda. Sementara ini, aplikasi Antrian Paspor Online hanya bisa digunakan di smartphone dengan sistem operasi Android saja.
  • Buat akun dengan klik pada ‘Masuk’ di aplikasi tersebut. Masukkan setiap data dan informasi yang diperlukan dengan lengkap.
  • Lakukan login dengan akun yang baru saja Anda buat, dan pilih jadwal pembuatan paspor.
  • Dalam proses mendapatkan antrian online imigrasi selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih tempat imigrasi untuk pembuatan paspor beserta waktunya. Setiap tempat memiliki kuota tertentu, jadi ketika kuota sudah penuh Anda bisa memilih tempat lain.
  • Untuk melihat rangkuman data yang sudah Anda masukkan, Anda bisa melihat dengan klik di ‘Lihat Jadwal’. Pastikan waktu dan lokasi sudah sesuai dengan yang Anda inginkan.
  • Pada proses ini Anda juga akan mendapatkan QR Code yang ditunjukkan pada petugas bahwa Anda sudah melakukan antrian online imigrasi sebelumnya.

Ketika sudah mendapatkan jadwal yang Anda inginkan, datangi tempat yang sudah dipilih. Pastikan Anda datang 20 menit sebelum waktu yang dijadwalkan karena nanti akan dilakukan pemeriksaan kelengkapan berkas sebelum diwawancara dan pengambilan foto. Perlu diingat agar Anda menggunakan pakaian rapi, namun tidak menggunakan kemeja berwarna putih.

Selanjutnya Anda akan melakukan prosedur pembuatan paspor seperti biasanya, seperti wawancara, pengambilan foto, verifikasi dokumen, perekaman sidik jari dan biometrik. Setelah proses selesai Anda akan diminta untuk membayarkan biaya pembuatan paspor ke rekening yang disediakan. Proses pembuatan paspor selanjutnya tinggal menunggu notifikasi dari pihak imigrasi untuk pengambilan paspor.

Cara Kedua, dengan Situs Resmi imigrasi.go.id

Untitled design133 - Tutorial Antrian Online Imigrasi, TKI Wajib Tahu!

Berikut langkahnya:

  • Kunjungi situs antrian.imigrasi.go.id dan direkomendasikan menggunakan Google Chrome.
  • Lakukan registrasi akun, atau jika Anda memiliki akun Facebook atau Gmail, Anda bisa menggunakannya. Tinggal melengkapi data yang diperlukan saja. Setelah selesai, lakukan login.
  • Pilih lokasi kantor imigrasi yang Anda inginkan, lalu klik ‘Buat Permohonan’. Isikan tanggal dan waktu yang Anda inginkan.
  • Jika kuota yang tersedia masih ada, antrian online imigrasi akan bisa didapatkan dan bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Selanjutnya Anda tingga datang ke kantor imigrasi yang telah Anda pilih sesuai dengan jadwal yang Anda dapatkan melalui situs tadi. Prosesnya sama, mulai dari verifikasi berkas, foto, wawancara, dan perekaman sidik jari dan biometrik. Lakukan pembayaran di nomor rekening yang sudah disediakan, dan tunggu notifikasi dari imigrasi untuk pengambilan paspor yang sudah jadi.

Jangan Sampai Terlambat Memperpanjang Masa Berlaku Paspor

Untitled design132 - Tutorial Antrian Online Imigrasi, TKI Wajib Tahu!

Nah, setelah mengetahui cara membuat antrian online imigrasi di atas, Anda juga tidak boleh lupa dan terlambat untuk memperpanjang masa berlaku paspor Anda. Antrian online imigrasi juga dapat digunakan untuk melakukan perpanjangan masa berlaku paspor, namun proses yang dilakukan akan berbeda maksudnya. Dari yang semula untuk pembuatan, menjadi untuk perpanjangan paspor.

Masa berlaku paspor normal adalah selama 5 tahun. Namun demikian untuk memperpanjang masa berlaku paspor, jangan tunggu hingga batas akhir yang tercantum dalam paspor tersebut. Upayakan untuk melakukan perpanjangan masa berlaku paspor selambat-lambatnya 6 bulan sebelum masa berlaku habis. Pada beberapa kejadian, paspor sudah kehilangan fungsinya pada tempo ini.

Baca Juga: Ketahui 3 Jenis Paspor Indonesia untuk Perjalanan ke Luar Negeri

Berikut tadi pembahasan mengenai cara melakukan antrian online imigrasi untuk pembuatan dan perpanjangan masa berlaku paspor. Seperti yang diungkapkan sebelumnya, bahwa proses ini diterapkan untuk mempercepat proses dan waktu pengurusan paspor. Selain itu, proses ini juga mempermudah kerja petugas yang ada di kantor imigrasi sehingga tidak terjadi penumpukan antrian di kantor imigrasi.

Antrian online imigrasi nyatanya benar-benar dapat membantu Anda TKI dalam mengurus paspor. Dengan begini, TKI jadi bisa mengurus paspor jauh-jauh hari dan tanpa perlu kerepotan. Senada dengan hal tersebut, kini hadir layanan remitansi Qelola yang berorientasi pada kemudahan untuk TKI di Malaysia. TKI kini bisa mengirimkan uangnya dengan cepat dan mudah melalui layanan ini. Biaya yang murah serta pencairan dana yang aman dan cepat menjadi keunggulan utama layanan ini. Segera unduh aplikasi Qelola di sini, dan maksimalkan fitur yang ditawarkan!

 

 

 

 

 

Tags: , , , , , , , , , , ,