Bagaimana Cara Menangani Kasus TKI? Perhatikan 3 Poin Ini

kasus TKI

Malaysia menjadi salah satu negara yang banyak dituju oleh Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Dalam rentang waktu 2013 hingga 2017, ada 552 ribu TKI yang bekerja di Malaysia. Tak heran, dari jumlah sebanyak itu, kasus yang dialami TKI di Malaysia terbilang cukup banyak. Dalam data selama 5 tahun tersebut, sudah ada 6.915 pengaduan kasus dari TKI di negeri Jiran ini. Persoalan kasus yang dialami TKI pun beragam, mulai dari tidak ada istirahat kerja, gaji yang tidak sesuai, atau kontrak kerja yang tidak jelas sehingga majikan bisa berlaku seenaknya.

Persoalan tersebut tentu menjadi hal yang ingin dihindari oleh para TKI di Malaysia. Sebagai seorang pekerja, TKI perlu mengetahui hak yang seharusnya didapat dan kewajiban yang harus ditanggung. Tak hanya itu, Anda sebaiknya melakukan persiapan yang matang sebelum memutuskan menjadi TKI. Sebab, tak hanya gaji kerja saja yang lebih besar, risiko kerja yang diambil pun cukup besar. Jika Anda atau rekan sesama TKI mengalami kasus yang berkaitan dengan pekerjaan, sebaiknya Anda mengetahui beberapa poin penting di bawah ini agar mengerti bagaimana cara mengatasinya.

Pahami Kasus yang Sering Dialami TKI

beautiful asian woman lawyer working gavel front 55099 61 - Bagaimana Cara Menangani Kasus TKI? Perhatikan 3 Poin Ini

Sebelum menangani permasalahan yang dialami TKI secara konkret, Anda perlu mengetahui akar dari masalah tersebut. Umumnya, banyaknya masalah yang dialami TKI bersumber pada beberapa hal, diantaranya:

  1. Gaji, dapat berupa gaji tidak dibayar, tidak sesuai perjanjian, overtime yang tidak dibayar, dan sebagainya.
  2. Masa kerja yang tidak tentu atau tidak sesuai kontrak.
  3. Majikan tidak memberikan cuti atau libur kepada TKI.
  4. Bekerja ganda, misalnya, sebagai pembantu rumah tangga dan juga pengasuh anak.
  5. Ditipu agensi.                                                               
  6. Kesehatan yang tidak diperhatikan oleh majikan. Misalnya, medical check up yang harus dibayar sendiri oleh TKI.
  7. Penganiayaan, pekerja migran mengalami eksploitasi, disiksa, dan sebagainya.

Dengan mengetahui akar permasalahan, Anda akan lebih mudah mencari jalan keluar dari masalah tersebut dan mempermudah proses pelaporan. Tak hanya itu, memahami kasus yang sering dialami oleh TKI membantu Anda untuk terhindar dari masalah serupa.

Langkah Tepat Menangani Kasus TKI

lawyer 23 2147984173 - Bagaimana Cara Menangani Kasus TKI? Perhatikan 3 Poin Ini

Baik Anda maupun kerabat Anda yang sedang mengalami kesusahan berkaitan dengan hak sebagai pekerja, langkah-langkah tepat di bawah ini bisa menjadi panduan menangani kasus tersebut.

  1. Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah memastikan kasus tersebut bukan masalah pribadi, melainkan masalah pekerjaan yang berkaitan dengan hak dan kewajiban pekerja migran.
  2. Sebelum Anda melaporkan majikan atau agensi yang bermasalah, pastikan Anda telah mempunyai data-data pendukung. Data bisa berupa identitas Anda atau rekan Anda sebagai korban, informasi lengkap mengenai majikan dan agensi di Malaysia, bukti kontrak kerja, dan sebagainya. Sebelum berangkat ke Malaysia, sebaiknya Anda membuat salinan dokumen-dokumen penting untuk keluarga di Indonesia. Hal tersebut untuk berjaga-jaga seandainya majikan atau agensi menyita dokumen tersebut.
  3. Kumpulkan bukti pendukung untuk memperkuat laporan. Bukti ini bisa berupa riwayat medis, foto kejadian, slip gaji, serta bukti-bukti tambahan lainnya.
  4. Setelah data serta bukti pendukung terkumpul, Anda bisa lapor ke Jabatan Tenaga Kerja (JTK) dan serikat buruh atau NGO di Malaysia. Pastikan semua bukti yang Anda sertakan lengkap dan benar adanya. Sebab, proses pelaporan akan ditolak jika data-data tersebut dinilai tidak cukup dan kurang kuat.

Dapatkan Bantuan dari BNP2TKI

BNP2TKI - Bagaimana Cara Menangani Kasus TKI? Perhatikan 3 Poin Ini

BNP2TKI atau yang sekarang berubah nama menjadi B2PMI bisa menjadi jalan keluar Anda untuk mengatasi kasus TKI. Lembaga pemerintah ini melaksanakan kebijakan di bidang penempatan dan perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di luar negeri. Tujuan dibentuknya lembaga ini salah satunya untuk menjamin pemenuhan hak asasi manusia bagi TKI. Anda bisa mendapatkan beberapa perlindungan dari BP2MI, antara lain:

  1. Perlindungan sebelum bekerja, meliputi kelengkapan dan keabsahan dokumen penempatan, penetapan kondisi dan syarat kerja.
  2. Perlindungan teknis, meliputi pemberian sosialisasi, peningkatan kualitas pekerja, jaminan sosial, fasilitas pemenuhan hak calon pekerja migran, pembinaan, dan pengawasan.
  3. Perlindungan selama bekerja, meliputi pendataan pekerja, pemantauan dan evaluasi, fasilitas pemenuhan hak dan penyelesaian kasus ketenagakerjaan, serta pendampingan dan pembinaan.
  4. Perlindungan setelah bekerja, meliputi fasilitas kepulangan sampai daerah asal, pelaporan kepulangan, penyelesaian pemenuhan hak pekerja, serta pemberdayaan pekerja dan keluarganya.

Dengan adanya perlindungan dari B2PMI, kasus TKI dapat ditangani sesuai proses hukum. Selain itu, Anda juga bisa terhindar dari masalah-masalah lain yang berkaitan dengan pemenuhan hak pekerja. Pada dasarnya, 3 poin di atas adalah panduan tentang cara-cara yang bisa Anda lakukan saat mengalami kasus terkait pekerjaan Anda sebagai TKI. Untuk menghindari kasus-kasus TKI, sebaiknya Anda telah melakukan persiapan yang matang sebelum berangkat, agar Anda bisa bermigrasi dan bekerja di Malaysia dengan aman.

Tak hanya memastikan keamanan untuk hidup di Malaysia, Anda juga perlu memastikan pengiriman uang atau pembayaran tagihan dari Malaysia ke Indonesia juga bisa dilakukan dengan aman dan mudah. Anda bisa menggunakan layanan keuangan Qelola untuk melakukan transfer uang secara real-time dengan biaya yang sangat terjangkau. Segera unduh aplikasi Qelola dan nikmati kemudahannya sekarang juga!

Tags: , , , , , ,