TKI Terlilit Hutang? Baca Tipsnya Agar Bebas Hutang di Negeri Orang

terlilit hutang

Permasalahan mengenai hutang kadang memang menimbulkan beban berat bagi beberapa orang. Hutang adalah masalah kewajiban keuangan yang perlu diselesaikan. Pembayaran cicilan hutang wajib menjadi prioritas saat menerima penghasilan. Hutang memang seharusnya dihindari, namun tidak dapat dipungkiri jika dalam kehidupan sehari-hari kadang ditemui kondisi darurat yang memaksa seseorang untuk mengambil pinjaman atau berhutang. Banyak orang terlilit hutang karena berbagai alasan.

Oleh sebab itu Anda perlu keluar dari kebiasaan berhutang. Kebutuhan yang tidak seimbang dengan pemasukan memang bisa menimbulkan masalah keuangan yang berakhir dengan pinjaman. Hal ini sangat wajar karena diupayakan demi terpenuhinya kebutuhan. Akan tetapi, pelunasan pinjaman lebih baik segera dilakukan. Bayarlah tepat waktu dan usahakan agar tidak menumpuk. Apalagi untuk para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri, sangat penting untuk mengetahui cara-cara atau panduan agar tidak terlilit hutang. Bagaimana caranya?

Di sini kami memiliki panduan efektif yang bisa diterapkan oleh para TKI agar terhindar dari jerat hutang. Berikut penjelasannya:

1.  Membuat Anggaran Keuangan

anggaran keuangan milik perusahaan 946x628 - TKI Terlilit Hutang? Baca Tipsnya Agar Bebas Hutang di Negeri Orang

Jika Anda khususnya para TKI sudah mengetahui berapa penghasilan Anda setiap bulannya, maka hal yang pertama kali harus Anda lakukan adalah dengan membuat anggaran pengeluaran. Membuat anggaran atau perencanaan keuangan sangat penting untuk membebaskan Anda dari lilitan hutang. Anda bisa membuat anggaran keuangan dalam skala mingguan dan bulanan agar pengeluaran bisa dikontrol. Utamakan kebutuhan dengan skala prioritas agar tidak ada kebutuhan penting yang terlewatkan.

Dahulukan kebutuhan daripada keinginan. Singkirkan pengeluran kecil. Pengeluaran kecil memang tidak terlalu terasa, tetapi dampaknya cukup berarti untuk keuangan Anda karena uang tersebut bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan lain yang lebih penting. Cara tersebut sangat efektif dalam mengelola keuangan.  Kestabilan keuangan dapat dikontrol lebih baik demi kesejahteraan hidup. Anda tidak perlu sampai mengajukan pinjaman jika pandai dalam mengatur keuangan, kecuali memang terdapat kebutuhan mendadak atau kebutuhan dalam jumlah besar di luar perencanaan.

2.  Menyesuaikan Gaya Hidup dengan Kondisi

Setiap calon TKI memang memiliki gaya hidup yang berbeda yang dipengaruhi oleh banyak hal. Agar kondisi keuangan stabil, perlu ada penyesuaian antara gaya hidup dengan kondisi keuangan.

Penyesuaian tersebut merupakan salah satu jalan agar Anda tidak mengajukan pinjaman hanya untuk memenuhi gaya hidup Anda yang berlebihan. Jadi, pengeluaran harus disesuaikan dengan pemasukan. Jika ingin meningkatkan gaya hidup, berusahalah untuk mengatur keuangan dengan baik. Bukan dengan cara mengajukan pinjaman hanya untuk memenuhi gaya hidup Anda yang tinggi. Dengan cara ini, Anda tidak akan terlilit hutang.

3.  Menghentikan Sistem Gali Lubang Tutup Lubang

Hemat Pengeluaran Bulanan - TKI Terlilit Hutang? Baca Tipsnya Agar Bebas Hutang di Negeri Orang

Para TKI pastinya mempunyai kondisi keuangan yang berbeda-beda. Kebutuhan yang lebih besar dari pendapatan juga akan menyebabkan timbulnya uang pinjaman. Jika Anda sudah mempunyai pinjaman, segeralah untuk melunasinya. Hindarilah sistem gali lubang tutup lubang. Lunasilah hutang dengan sebagian pendapatan, bukan dengan uang pinjaman yang baru dari tempat lain. Sistem tersebut tidak baik dan justru akan membuat kondisi keuangan Anda memburuk. Anda tidak akan segera terbebas dari lilitan hutang jika menggunakan sistem gali lubang tutup lubang.

Agar segera terbebas dari jeratan hutang, bayarlah cicilannya tepat waktu dengan pendapatan Anda. Namun dalam membayar cicilan hutang pun Anda harus pintar memilih aplikasi pembayaran tanpa biaya yang mahal agar anggaran pengeluaran Anda tidak banyak. Di sini kami menyarankan Anda untuk menggunakan aplikasi Qelola karena dengan aplikasi Qelola Anda bisa dengan cepat membayar cicilan maupun tagihan keuangan di Indonesia secara mudah dan murah.

4.  Membiasakan Diri Menabung

Untuk menghindari jeratan hutang, para TKI disarankan untuk menabung. Menabung merupakan pola hidup hemat yang harus dibiasakan sejak dini. Tidak ada kata terlambat dalam memperbaiki kondisi keuangan Anda. Anda yang sebelumnya pernah terlilit hutang atau masih dalam upaya melunasinya, bisa menerapkan prinsip ini. Upayakan untuk menyisihkan sebagian pendapatan Anda untuk ditabung. Anda bisa membuka rekening di bank agar aman dan lebih efektif.

5.  Mencari Penghasilan Tambahan

usaha sampingan scaled e1586601758493 - TKI Terlilit Hutang? Baca Tipsnya Agar Bebas Hutang di Negeri Orang

Jika para TKI sudah mengetahui dan membuat anggaran pengeluaran maka anggaran tersebut dapat menjadi alat untuk mengontrol pengeluaran setiap bulan dan membantu Anda melacak aliran uang keluar. Ketika terjadi masalah pada pengeluaran, maka Anda bisa mulai memperbaiki kebiasaan berbelanja dan belajar untuk berhemat di kemudian hari.

Jika Anda sudah membatasi pengeluaran dan masih terdapat masalah, artinya Anda perlu meningkatkan jumlah penghasilan yang didapatkan setiap bulan. Anda bisa memulai untuk mencari penghasilan tambahan melalui usaha sampingan. Kesejahteraan hidup lebih terjamin dengan peningkatan pendapatan yang mendukung pemenuhan kebutuhan.

Memiliki penghasilan yang lebih besar dari jumlah pengeluaran merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi agar terbebas dari lilitan hutang. Jika kondisi keuangan stabil, maka kesejahteraan hidup lebih terjamin.  Aturlah keuangan sebijak mungkin demi kesejahteraan hidup di masa depan.

Tags: , , , , , , ,