Intip Solusi Mudah Jika Layanan Paspor Online Tidak Bisa Diakses

layanan paspor online tidak bisa diakses

Apa yang bisa Anda lakukan jika fasilitas aplikasi layanan paspor online tidak bisa diakses? Biasanya fasilitas aplikasi layanan pendaftaran paspor secara online dihentikan sementara oleh website imigrasi. Alasannya adalah karena adanya peremajaan hardware dan update sistem informasi manajemen dari kantor keimigrasian. Jangan buru-buru panik, dan berpikir bahwa rencana bepergian ke luar negeri Anda akan tertunda. Karena ada banyak kemudahan dan fleksibilitas yang bisa Anda dapatkan saat mengurus pembuatan paspor secara online. Bahkan saat layanan paspor online tidak bisa diakses.

Baca juga : Ketahui 3 Jenis Paspor Indonesia untuk Perjalanan ke Luar Negeri

Apa Saja Keuntungan Penggunaan Layanan Paspor Online?

layanan paspor online tidak bisa diakses 1 - Intip Solusi Mudah Jika Layanan Paspor Online Tidak Bisa Diakses

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat melakukan pendaftaran permohonan paspor secara online. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Anda akan memperoleh nomor antrian lebih mudah.
  2. Mendapatkan kepastian jadwal waktu pelayanan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi setempat.
  3. Anda dapat menghindari antrian yang cukup panjang pada saat pengambilan formulir dan pendaftaran di bagian Unit Layanan Paspor (ULP) di Kantor Imigrasi.

Meskipun proses pendaftaran paspor online sedang tidak bisa diakses melalui website imigrasi, namun Anda masih bisa menggunakan aplikasi lainnya yang bisa Anda akses melalui smartphone. Sehubungan dengan pelayanan paspor, pihak imigrasi memang sudah banyak melakukan beberapa terobosan teknologi baru antara lain:

  • Anda bisa langsung mengakses aplikasi Antrian Paspor online melalui smartphone. Anda bisa mengunduh aplikasi tersebut melalui Google Play dengan mengetik kata kunci “Antrian Paspor”. Dengan adanya aplikasi ini, maka Anda tidak perlu lagi melakukan antrian secara langsung di Kantor Imigrasi.
  • Informasi mengenai pengajuan paspor yang telah selesai akan diinformasikan melalui aplikasi WhatsApp Gateway Service (WAGS) oleh petugas imigrasi kepada Anda selaku pihak pemohon paspor.
  • Aplikasi ini akan mempersingkat pelayanan perpanjangan paspor dalam satu hari dengan dokumen persyaratan hanya KTP dan paspor lama. 

Jangan ragu, Anda bisa mencobanya untuk pendaftaran paspor secara online melalui smartphone pribadi Anda. Cara ini bisa Anda gunakan sebagai alternatif pada saat layanan paspor online tidak bisa diakses melalui website imigrasi.

Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi Antrian Paspor?

layanan paspor online tidak bisa diakses 2 - Intip Solusi Mudah Jika Layanan Paspor Online Tidak Bisa Diakses

Berikut ini adalah panduan penggunaan aplikasi Antrian Paspor yang perlu Anda cermati sebelum mengajukan permohonan paspor:

  1. Langkah pertama, Anda harus mengunduh aplikasi Antrian Paspor terlebih dahulu. Jika Anda telah memiliki akun di website imigrasi, maka Anda bisa langsung login dengan memasukkan username dan password. Sementara jika Anda pengguna baru, maka klik belum punya akun? daftar sekarang. Masukkan username, password, NIK, nomor telepon, e-mail, dan alamat lengkap, lalu klik daftar.
  2. Periksa e-mail masuk Anda, Anda akan memperoleh e-mail konfirmasi akun dari Direktorat Jenderal Imigrasi. Anda harus klik link aktivasi.
  3. Kemudian, Anda perlu login kembali ke aplikasi Antrian Paspor dengan memasukkan username dan password yang telah Anda buat sebelumnya.
  4. Pilih Kantor Imigrasi yang ada di daftar menu, dan isikan data informasi sesuai dengan yang ada pada formulir pendaftaran paspor online.
  5. Pilih tanggal dan waktu registrasi. Apabila kebutuhan paspor Anda mendesak, maka pilihlah pendaftaran di Kantor Cabang lainnya yang menyediakan waktu pendaftaran lebih awal dan berada dalam satu kota dengan Anda.
  6. Isian jumlah pemohon, yaitu maksimal 5 orang yang terdiri dari Anda pribadi, dengan maksimal 4 anggota keluarga lainnya. Lanjutkan dengan memasukkan nama pemohon, NIK, dan pilihan.
  7. Proses permohonan antrian paspor online Anda selesai, lalu klik finish dan Anda dimohon menunggu beberapa saat.
  8. Setelah ada notifikasi berhasil, maka silahkan Anda cek di menu daftar permohonan. Di sana akan ada nomor antrian pendaftaran paspor beserta barcode untuk ditunjukkan pada petugas saat Anda mengunjungi Kantor Imigrasi sesuai jadwal.

Berapa Biaya Pembuatan Paspor?

layanan paspor online tidak bisa diakses 3 - Intip Solusi Mudah Jika Layanan Paspor Online Tidak Bisa Diakses

Setelah proses pendaftaran pengajuan paspor online selesai, Anda memang harus mengunjungi Kantor Imigrasi pada tanggal yang telah Anda tentukan sebelumnya. Mengapa perlu datang ke Kantor Imigrasi? Tujuannya adalah untuk verifikasi data dan proses interview. Pastikan Anda membawa seluruh dokumen persyaratan pembuatan paspor. Selain dokumen, jangan lupa Anda menyiapkan dana untuk pembuatan paspor. Ada beberapa tarif yang dikenakan oleh pihak imigrasi sesuai dengan keperluan dan spesifikasi paspor, yaitu:

  • Untuk jenis paspor biasa 48 halaman, biayanya adalah Rp350.000.
  • Untuk jenis paspor elektronik 48 halaman, biayanya adalah Rp650.000.
  • Sementara untuk biaya penggantian paspor akibat kehilangan mencapai Rp1 juta. Dan terdapat juga biaya yang dibebankan karena kerusakan paspor yaitu sekitar Rp500.000.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2019, buku paspor dengan jumlah 24 halaman sudah tidak diberlakukan untuk pendaftar baru. Jadi, semua proses pembuatan paspor kini diharuskan untuk membuat dengan jumlah 48 halaman untuk masa berlaku hingga 5 tahun.

Itulah sedikit penjelasan mengenai cara membuat paspor yang mudah meskipun layanan paspor online sedang tidak dapat diakses. Adanya aplikasi Antrian Paspor Online memang dirasakan cukup efektif bagi Anda yang ingin memperoleh kepastian jadwal pendaftaran paspor. Untuk apa bertahan pada cara kuno jika ada cara yang lebih praktis dan modern?

Sama halnya proses pengajuan paspor online yang bisa dilakukan via aplikasi, kini Anda juga bisa kirim uang ke luar negeri hanya dalam sekali klik, lho. Dengan menggunakan aplikasi Qelola yang terpasang di smartphone Anda, proses kirim uang dari Malaysia ke Indonesia lebih mudah dan cepat. Biaya yang diperlukan juga sangat murah, yaitu hanya dengan RM1 saja uang yang Anda kirimkan akan langsung sampai ke Indonesia. Selain kirim uang, Qelola juga akan menjamin kemudahan Anda dalam menyelesaikan kewajiban bayar tagihan setiap bulan. Cek fitur lengkap Qelola di sini!

Tags: , , , , , ,