Panduan untuk Calon TKI, Simak 5 Poin Berikut Ini!

Calon TKI

Masih tingginya animo masyarakat untuk menjadi TKI di luar negeri mungkin dapat menunjukkan betapa tinggi semangat kerja yang dimiliki warga Indonesia. Selain memang karena gaji yang ditawarkan sangat menggiurkan, calon TKI yang ingin berangkat juga memiliki harapan besar setelah melihat banyak cerita TKI yang sukses setelah pulang ke tanah air, baik secara individu maupun dilihat dari peningkatan derajat hidup keluarga.

Namun demikian, jika mungkin Anda masuk dalam golongan masyarakat yang ingin dan berminat menjadi TKI, mungkin Anda harus mencermati beberapa hal yang akan dijelaskan dalam artikel ini. Panduan singkat namun sangat berguna ini harus dipahami agar niat Anda menjadi TKI bisa benar-benar terwujud dan memberikan manfaat maksimal.

Peluang dan Kesempatan Kerja

businessman 53876 71160 - Panduan untuk Calon TKI, Simak 5 Poin Berikut Ini!

Pertama dan utama, pastikan Anda mencari informasi mengenai peluang kerja atau kesempatan kerja yang bisa didapatkan. Misalnya saja Anda ingin bekerja di Malaysia, Anda bisa terlebih dahulu mencari informasi melalui media online atau bertanya pada kenalan yang sudah berada di sana.

Hal ini semata ditujukan agar Anda memiliki tujuan jelas dan paham apa yang harus Anda lakukan. Jika Anda ingin bekerja di bagian konstruksi misalnya, tentu Anda harus memenuhi syarat berkas dan kualifikasi skill yang ditentukan. Setidaknya Anda bisa mempersiapkan hal tersebut terlebih dahulu sebelum nantinya benar-benar melamar pekerjaan di bidang konstruksi.

Mengikuti Kursus dan Pelatihan Keterampilan

asian woman student video conference e learning with teacher computer living room home 73503 1777 - Panduan untuk Calon TKI, Simak 5 Poin Berikut Ini!

Setelah mengetahui pekerjaan apa yang sekiranya tersedia dan cocok dengan minat Anda, Anda harus mempersiapkan diri. Bagaimana caranya? Dengan mengikuti kursus atau lembaga pelatihan keterampilan tertentu sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Jika memungkinkan, carilah lembaga pelatihan yang sudah memiliki riwayat menjanjikan. Memang mungkin sedikit lebih mahal, namun kesempatan kerja yang Anda miliki akan semakin besar.

Di Indonesia sendiri lembaga pelatihan tidak hanya berpusat di kota besar namun juga di berbagai kota kecil dan daerah. Selain dapat meningkatkan kualitas diri dan memperbesar kesempatan bekerja di luar negeri, calon TKI seperti Anda juga nilainya akan meningkat jika sudah memegang atau memiliki sertifikat pelatihan tertentu dari lembaga yang diakui.

Pahami Setiap Syarat Berkas 

businessman hands holding pen working stacks paper files searching information business report 4236 1605 - Panduan untuk Calon TKI, Simak 5 Poin Berikut Ini!

Persyaratan berkas mungkin banyak disepelekan oleh calon TKI yang baru saja ingin melamar pekerjaan. Padahal, berkas merupakan salah satu faktor kunci agar Anda bisa diterima dan disalurkan ke luar negeri untuk bekerja. Berkas yang lengkap akan memberikan status sah bagi Anda sebagai tenaga kerja Indonesia, sehingga Anda dapat bekerja di luar negeri sesuai dengan aturan.

Syarat umumnya sendiri dapat disebutkan antara lain identitas lengkap (KTP, Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, Surat Nikah, dan lain sebagainya), sertifikat keterampilan kerja, surat keterangan dari dinas setempat, serta surat keterangan dari kepolisian setempat. Tentu berkas yang lain mungkin diperlukan sesuai dengan pekerjaan yang Anda lamar, maka dari itu, pastikan setiap berkas lengkap dan sah, sehingga proses menjadi TKI dapat berjalan lancar.

Ketahui Juga Negara Tujuan Anda

Konfirmasi Penarikan11 - Panduan untuk Calon TKI, Simak 5 Poin Berikut Ini!

 

Setelah mengetahui pekerjaan yang diinginkan, melengkapi berkas, dan memantaskan diri, Anda juga perlu mencari informasi mengenai negara tujuan kerja yang Anda pilih. Biasanya calon TKI akan mencari lowongan pekerjaan di negara tetangga seperti Malaysia. Selain karena dekat, Malaysia juga memiliki budaya yang tak jauh berbeda dengan Indonesia.

Cermati berbagai informasi terkait negara tujuan agar Anda dapat mempersiapkan diri lebih baik. Cari info mengenai komunitas, kebiasaan dan budaya negara tersebut, besaran biaya hidup, dan kesempatan mencari pendapatan tambahan yang bisa dilakukan. Semakin banyak informasi yang Anda miliki maka semakin baik persiapan yang akan Anda lakukan.

Waspadai Oknum Tidak Bertanggung Jawab, Gunakan Jalur Legal

business people sending documents table 53876 76552 - Panduan untuk Calon TKI, Simak 5 Poin Berikut Ini!

Ada saja di setiap lini kehidupan orang-orang tidak bertanggung jawab yang mencari celah untuk dimanfaatkan guna kepentingannya sendiri. Pada bidang ketenagakerjaan seperti TKI, jangan kaget jika calon TKI seperti Anda mendapat berbagai tawaran yang memberikan kemudahan untuk menjadi TKI.

Setiap proses legal harus dilalui, setiap berkas perlu dilengkapi, tidak ada jalan pintas untuk menjadi TKI yang sah. Waspadai oknum seperti ini dan pastikan Anda menggunakan jalur yang legal. Proses legal memastikan Anda berada pada koridor hukum yang benar, dan memudahkan pemerintah dalam mendata TKI yang sedang ‘berjuang’ di luar negeri.

Baca Juga : Sebelum Bekerja di Luar Negeri, Ketahui 6 Hal Penting Ini!

Menjadi TKI, apapun pekerjaan yang diinginkan, memberikan banyak kemungkinan dan menawarkan pengalaman baru. Perbanyak pengetahuan Anda mengenai bidang ini dengan membaca berbagai berita dan artikel, sehingga persiapan dapat dilakukan dengan sebaik-baiknya.

Calon TKI memang harus menjadi seorang yang cermat. Begitu pula dengan pengiriman uang dari Malaysia ke Indonesia nantinya ketika Anda sudah bekerja di sana. Anda bisa menggunakan layanan remitansi handal seperti Qelola untuk membantu proses ini. Biaya administrasi yang murah, proses cepat serta fitur lengkap yang ditawarkan bisa benar-benar memudahkan Anda dan keluarga di tanah air. Segera unduh aplikasinya di sini, dan manfaatkan setiap fiturnya secara maksimal!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,