Simak 7 Panduan Keselamatan Kerja di Bidang Konstruksi

keselamatan kerja

Penting bagi setiap Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau lebih dikenal dengan sebutan TKI yang bekerja di bidang konstruksi untuk mengenali berbagai panduan keselamatan kerja. Sikap tidak peduli dan kesadaran yang rendah menyebabkan kasus kecelakaan kerja terjadi. Agar terhindar dari kecelakaan kerja yang tidak diinginkan, ikuti beragam panduan yang bisa diketahui dan diterapkan oleh para pekerja konstruksi berikut ini.

Tujuan dari Keselamatan Kerja

Keselamatan kerja adalah kondisi aman dan kondusif dalam lingkungan kerja. Aspek ini mencakup perlindungan akan risiko terjadinya penderitaan, kerusakan hingga kerugian di lingkungan kerja. Bekerjalah dengan menggunakan alat kerja sesuai standar operasional yang berlaku dan menjaga tempat kerja agar memiliki potensi bahaya yang minim. Tujuan lainnya antara lain:

  1. Melindungi tenaga kerja atas hak dan keselamatannya dalam melakukan pekerjaannya untuk kesejahteraan hidup dan meningkatkan kinerja.
  2. Menjamin keselamatan orang lain yang berada di tempat kerja.
  3. Sumber produksi dipelihara dan dipergunakan secara aman dan efisien.

Pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Bidang Konstruksi

pexels photo 585418 - Simak 7 Panduan Keselamatan Kerja di Bidang Konstruksi

Konstruksi merupakan suatu kegiatan membangun sarana maupun prasarana. Dalam bidang arsitektur atau teknik sipil, sebuah konstruksi dikenal sebagai bangunan atau satuan infrastruktur pada sebuah area atau beberapa area. Pada umumnya, kegiatan konstruksi yang terdiri dari beberapa pekerjaan ini diawasi oleh manajer proyek, insinyur desain atau arsitek proyek yang dilakukan di dalam kantor. Sementara itu, pengawasan lapangan biasanya diserahkan kepada mandor proyek dan pelaksanaannya sesuai dengan perencanaan terpadu.

Proyek konstruksi adalah rangkaian jenis kegiatan yang melibatkan manajemen perusahaan, tenaga kerja, peralatan teknik, dan bahan konstruksi. Dalam pelaksanaan pekerjaan, beresiko terjadinya kecelakaan kerja dan gangguan kesehatan sewaktu bekerja. Permasalahan ini harus diutamakan oleh perusahaan jasa konstruksi, meskipun memerlukan pos pengeluaran anggaran tersendiri. Kenyataan di lapangan, sebagian perusahaan jasa konstruksi kurang memperhatikannya dan menjadi prioritas terbawah dalam alokasi dana untuk mengatasi kecelakaan kerja.

Panduan Keselamatan Kerja di bidang Konstruksi

pexels photo 544966 - Simak 7 Panduan Keselamatan Kerja di Bidang Konstruksi

Kegiatan pekerjaan konstruksi pada umumnya dikerjakan di ruangan terbuka (open space). Segala hambatan yang mungkin terjadi, seperti kondisi lingkungan, tanah, dan cuaca harus diatasi agar kualitas sumber daya tenaga kerja tetap terjaga. Oleh karena itu, panduan keselamatan kerja sangat penting untuk melindungi pekerja sehingga proses kegiatan konstruksi berjalan baik, selamat, dan lancar.

1. Memakai Personal Protective Equipment (PPE)

Personal Protective Equipment (PPE) atau Alat Pelindung Diri (APD) akan selalu dipakai saat pekerja masuk ke area pembangunan. Berikut ini perlengkapan PPE yang harus disediakan:

  • Safety Belt atau sabuk pengaman
  • Helmet sebagai pelindung kepala
  • Body Harness
  • Sarung tangan
  • Masker
  • Kaca mata pelindung
  • Pelindung telinga
  • Sepatu keamanan (safety boots)

2. Mengikuti Toolbox Meeting dengan Baik

Pekerja akan menjadi lebih paham keselamatan kerja dengan mengikuti toolbox meeting yang sesuai dengan aturan kerja dan diadakan setiap pagi atau seminggu sekali. Pastikan Anda tidak melewatkan toolbox meeting karena sangat bermanfaat untuk kepentingan diri sendiri dan orang lain.

3. Detail Pekerjaan yang Jelas

Dalam sebuah lingkungan kerja, pasti terdapat banyak tenaga kerja dengan keahlian dan tanggung jawabnya masing-masing. Perusahaan harus mampu mendeskripsikan tugas dan pekerjaan individu dengan jelas agar tidak saling tumpang tindih. Penjelasan meliputi siapa, apa, kapan, dan juga bagaimana cara menyelesaikan pekerjaan tersebut. Jadi singkatnya, penjelasan mengenai tugas kerja ini lebih mengacu pada aspek teknisnya di lapangan.

4. Pentingnya Memakai Body Harness di Tempat Ketinggian

Apabila Anda berada di tempat kerja yang tinggi, hendaklah memakai body harness dan diikatkan pada tempat yang kuat. Berdasarkan panduan Construction Industry Development Board (CIDB), pada ketinggian 2 meter pekerja wajib mengenakan body harness.

5. Berhenti Bekerja saat Cuaca Tidak Memungkinkan

Ketika terjadi cuaca yang tidak mendukung, seperti hujan dan petir, setiap pekerja harus waspada terhadap segala kemungkinan yang tidak diinginkan. Khususnya bagi pekerja besi dan kayu, harus berhenti melakukan pekerjaan ketika terjadi hujan dan petir untuk keselamatan diri.

6. Tips Bagi Pekerja Perancah

Ketika pekerja perancah ingin memasang atau membuka perancah, pastikan dalam keadaan baik dan kuat, mudah dibuka, dan paling penting selamat. Saat membuka perancah, pastikan bagian bawah kuat, karena akibat kecerobohan pada bagian ini bisa menyebabkan kerobohan.

7. Perusahaan Menyediakan Fasilitas yang Memadai

Perusahaan wajib menyediakan fasilitas kerja yang memadai. Pemberian alat kerja berteknologi tinggi akan lebih mampu menghindari resiko terjadinya kecelakaan kerja. Pemberian air minum, toilet, safety kit, tempat istirahat, dan kotak P3K turut menjadi tanggung jawab perusahaan. Kotak P3K penting keberadaannya sebagai penolong pertama apabila terjadi kecelakaan yang dialami pekerja di tempat kerja. Segera larikan pekerja yang mengalami kecelakaan serius ke rumah sakit terdekat.

Baca Juga : 13 Hak Pekerja Migran Asal Indonesia, Wajib Tahu dan Dipahami!

Panduan keselamatan kerja menjadi satu bagian terpenting dalam pelaksanaan pekerjaan di bidang konstruksi. Hal ini akan memberikan manfaat begitu besar bagi pembangunan, dan kesejahteraan pekerja. Hal utama lain setelah Anda memahami panduan di atas adalah, kesehatan diri harus diutamakan untuk menjaga produktivitas kerja. Pekerjaan di bidang konstruksi mungkin saja menyita banyak waktu Anda untuk keluarga di Indonesia. Aplikasi Qelola hadir sebagai dompet elektroik (e-wallet), layanan multi billing, pengelola keuangan (fund manager), dan transfer uang dari Malaysia ke Indonesia. Transaksi Anda akan aman dan bukti pengirimannya dapat diperoleh secara mudah melalui smartphone Anda. Unduh dan install aplikasi Qelola melalui smartphone Anda sekarang juga! Lakukan pendaftaran dan pengaktifan akun Qelola untuk melakukan pembayaran secara aman. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini.

Tags: , , , , , , , , , , , ,