5 Syarat Menjadi Pekerja Asing, Persiapkan Setiap Poinnya!

Pekerja Asing

Adakah dari Anda yang berkeinginan untuk bekerja di Malaysia? Negara yang terkenal menjadi salah satu tujuan wisata dan pencari kerja ini memang sejak lama sudah memiliki daya pikat sendiri bagi calon pekerja asing. Luasnya lapangan kerja serta tingginya gaji yang ditawarkan tak dapat dipungkiri lagi jadi nilai utama mengapa banyak yang menjadikan negeri Jiran sebagai tujuan mencari pekerjaan.

Persiapan bekal kemampuan dan restu keluarga tentu jadi persiapan yang wajib dilakukan. Namun demikian, Anda yang ingin menjadi pekerja asing di Malaysia juga harus memahami secara rinci dokumen dan berkas apa saja yang diperlukan sebagai syarat utama. Sudahkah Anda mengetahuinya? Jika belum, Anda bisa melihat rinciannya pada penjelasan di bawah ini.

Pertama dan Utama, Paspor

Menjadi TKI mandiri bukan tidak mungkin dilakukan jika Anda mengetahui apa yang harus dilakukan. Simak penjelasannya di sini13 - 5 Syarat Menjadi Pekerja Asing, Persiapkan Setiap Poinnya!

Setiap warga negara yang ingin bepergian ke luar negeri, harus memiliki paspor yang sah. Baik yang bermaksud untuk melancong atau bekerja, paspor menjadi syarat utama setiap orang yang bepergian ke negara lain. Selain sebagai identitas utama bagi si pembawanya, paspor juga merupakan dokumen syarat agar bisa masuk ke negara lain.

Untuk pekerja asing, biasanya paspor akan menjadi syarat dan nantinya digunakan untuk mengurus dokumen lainnya. Anda tidak akan bisa bekerja di negara lain, bahkan di negara terdekat seperti Malaysia sekalipun, jika Anda tidak memiliki paspor. Dokumen ini jadi syarat administratif yang harus dimiliki agar dapat mengurus perizinan dan proses menjadi pekerja asing asal Indonesia.

Melalui Prosedur yang Sah

Baik Anda ingin menjadi pekerja asing dengan melalui jalur mandiri atau melalui jalur yang disediakan pemerintah, semua harus dilakukan secara sah. Melewati setiap prosedur yang sudah ditentukan, melengkapi berkas yang sudah disyaratkan, dan menempuh setiap tes yang diberikan.

Validitas dokumen menjadi penting ketika Anda ingin menjadi TKI. Tidak sedikit oknum yang kemudian memanfaatkan kurangnya informasi yang dimiliki calon TKI dan memanfaatkannya untuk kepentingan sendiri. Iming-iming proses cepat dan gaji tinggi selalu jadi senjata utama. Waspadalah pada oknum seperti ini, karena setiap tenaga kerja yang sah memang harus melewati proses yang mendetail.

Syarat Usia Calon Pekerja Asing

Menjadi TKI mandiri bukan tidak mungkin dilakukan jika Anda mengetahui apa yang harus dilakukan. Simak penjelasannya di sini14 - 5 Syarat Menjadi Pekerja Asing, Persiapkan Setiap Poinnya!

Pada persyaratan selanjutnya yang harus Anda pastikan adalah usia Anda. Secara administratif, pekerja asing yang diperbolehkan masuk ke negara Malaysia adalah pekerja dengan usia 18 hingga 45 tahun. Untuk pekerja yang ingin menjadi penata laksana rumah tangga, usia Anda setidaknya harus 21 tahun ketika mendaftar.

Syarat usia ditentukan karena terdapat peraturan tegas yang meregulasi mengenai usia minimal seorang pekerja. Jika mempekerjakan orang dengan usia di bawah yang sudah ditentukan, maka bisa jadi pemberi kerja dijerat dengan peraturan perlindungan hak anak dan mempekerjakan anak-anak.

Menandatangani Kontrak Kerja dan Bekerja Sesuai Kontrak

Setelah lulus pada setiap tahapan seleksi, Anda kemudian akan diberikan kontrak kerja. Kontrak ini akan berisi semua informasi mengenai pekerjaan yang Anda lakukan, gaji, aturan yang diberikan pemberi kerja, hak dan kewajiban, nama dan tempat bekerja, dan semua informasi terkait.

Pastikan untuk mendokumentasikan kontrak kerja yang Anda terima sebagai arsip pribadi, dan cermati setiap poin yang diberikan di sana. Jangan sampai ada poin yang merugikan Anda sebagai pekerja. Jika ada yang kurang jelas, Anda memiliki hak untuk bertanya dan meminta keterangan pada agen penyalur, petugas dinas yang bertugas, atau pemberi kerja secara langsung.

Permit Kerja, Kad Pengenalan Pekerja Asing, dan Asuransi

Untitled design107 - 5 Syarat Menjadi Pekerja Asing, Persiapkan Setiap Poinnya!

Tiga hal yang terakhir ini merupakan hal penting yang harus Anda perhatikan ketika Anda sudah benar-benar akan berangkat ke Malaysia untuk bekerja. Permit Kerja merupakan berkas yang diperlukan untuk membuat status Anda sebagai pekerja asing sah di mata hukum Malaysia. Berkas ini diuruskan oleh pemberi kerja, dan akan dikenakan biaya setiap tahunnya.

Untuk Kad Pengenalan Pekerja Asing, berfungsi sebagai tanda pengenal yang memuat identitas Anda sebagai pekerja di Malaysia. Kad Pengenalan Pekerja Asing ini secara resmi dikeluarkan oleh pemerintah Malaysia untuk pekerja asing yang ada di negara tersebut.

Selama bekerja di Malaysia, Anda juga wajib diikutkan program asuransi yang ada di Malaysia. Hal ini tercantum dalam Workmen Compensation Act 1952 yang memuat hak-hak pekerja asing di negara tertentu.

Baca Juga : Informasi Penting Seputar Tenaga Kerja yang Perlu Anda Cermati

Setiap poin di atas harus benar-benar Anda pahami dan Anda mengerti sehingga semua berkas dan persyaratan menjadi TKI dapat Anda penuhi dengan baik. Ketika syarat dan berkas yang diperlukan sudah dilengkapi, maka status Anda sebagai TKI akan menjadi sah dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Nah, ketika sudah memahami apa-apa saja syarat menjadi pekerja asing di Malaysia, Anda tentu harus pula memiliki partner pengiriman uang yang tepat ketika Anda bekerja nanti. Qelola, merupakan layanan remitansi yang sangat handal dan tepat menjadi partner Anda. Biaya transfer uang yang sangat murah, fitur tambahan yang lengkap, serta layanan pelanggan yang benar-benar maksimal akan membuat Anda nyaman untuk mengirimkan uang kepada keluarga di Indonesia. Unduh aplikasinya di sini, dan gunakan Qelola sekarang juga!

 

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,