Hindari Penipuan atau Scamming dengan 5 Tips Ini

penipuan kejahatan scamming

Di era perkembangan teknologi seperti saat ini, penipuan atau kejahatan scamming semakin sering terjadi. Kata scamming mungkin masih belum banyak dipahami oleh masyarakat awam. Secara garis besar, kejahatan scamming merupakan tindakan penipuan yang dilakukan dengan cara mencuri informasi atau menyalin data-data di dalam kartu debit atau kredit milik korban. Penipuan ini bisa dilakukan secara digital maupun konvensional. Misalnya, saat melakukan transaksi di mesin ATM atau transaksi melalui internet banking. Apabila penipu berhasil mendapatkan data-data korban, mereka akan memiliki kendali lebih untuk menguasai rekening korban. Data-data tersebut bisa disalahgunakan untuk menarik dana dan bertransaksi hingga saldo dalam rekening korban terkuras habis.

Perkembangan teknologi memang membuat semua hal bisa dilakukan dengan mudah. Berbelanja kebutuhan rumah tangga, pengiriman uang, serta melakukan pembayaran dapat dilakukan secara online. Selain mudah, cara ini juga sangat efektif dan efisien. Sayangnya, kemudahan tersebut kerap dimanfaatkan oleh pihak tak bertanggung jawab untuk melakukan tindak penipuan atau kejahatan scamming. Bagi TKI yang kerap melakukan pengiriman uang dan pembayaran dari luar negeri, penipuan atau kejahatan scamming ini perlu Anda waspadai. Jika hal demikian terjadi, gaji selama bekerja di luar negeri tidak bisa Anda transfer ke Indonesia untuk memenuhi kebutuhan di kampung halaman, dan hanya akan terkuras habis oleh penipu. Guna menghindari terjadinya penipuan tersebut, Anda bisa mengetahui dan mengikuti beberapa tips berikut ini.

1. Selalu Waspada Saat Melakukan Transaksi

young beautiful woman using atm 79762 1340 - Hindari Penipuan atau Scamming dengan 5 Tips Ini

Sebelum melakukan transaksi, sebaiknya Anda memeriksa kondisi sekeliling mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dan pastikan tidak ada benda mencurigakan, misalnya kamera tersembunyi di dekat tombol mesin ATM. Jika ada hal-hal yang mencurigakan, jangan melakukan transaksi dan segera hubungi Call Center atau nomor layanan yang tertera di mesin ATM. Saat Anda melakukan transaksi di tempat perbelanjaan menggunakan kartu debit atau kredit, pastikan Anda hanya menggesek kartu di mesin Electronic Data Capture (EDC). Jangan pernah memberi persetujuan jika ada yang meminta Anda menggesek kartu tersebut di tempat lain.

2. Berhati-hati Ketika Melakukan Transaksi Menggunakan Internet Banking

portrait beautiful young asian woman use credit card with laptop online shopping 74190 10338 - Hindari Penipuan atau Scamming dengan 5 Tips Ini

Tindak penipuan saat ini tidak hanya mengincar kartu ATM saja, namun juga layanan internet banking. Hindari melakukan transaksi menggunakan internet banking saat Anda masih terhubung dengan WiFi publik dan Virtual Private Network  (VPN). Sebab, kedua sambungan tersebut akan membuat perangkat Anda rentan terhadap kejahatan scamming. Selain pencurian data-data pribadi, sambungan tersebut membuat perangkat Anda dapat dengan mudah terkena virus. Sebaiknya gunakan keamanan tambahan dan enkripsi kata sandi Anda sebelum melakukan transaksi. Dengan begitu, kejahatan scamming dapat dicegah.

3. Rutin Memantau Tagihan dan Saldo Rekening

coins magnifying glass pencil calculator financial report 23 2147919207 - Hindari Penipuan atau Scamming dengan 5 Tips Ini

Pantau tagihan dan saldo rekening Anda secara rutin, baik sebelum atau sesudah melakukan transaksi. Salah satu kecerobohan yang masih banyak dilakukan orang adalah mengabaikan sisa saldo terakhir di rekening atas transaksi yang dilakukan. Padahal, kecerobohan ini kerap dimanfaatkan penipu untuk melakukan tindak penipuan atau kejahatan scamming. Melalui pemantauan ini, Anda dapat menindaklanjuti secara cepat jika sewaktu-waktu terjadi masalah dengan saldo rekening Anda. Selain mencegah terjadinya penipuan, tips ini juga berguna untuk mengetahui kondisi dan pengelolaan keuangan Anda di rekening.

4. Secara Berkala Mengganti PIN atau Password

hacker works breaks into personal data infects system with virus using laptop hacker attack cyber security hacking identity theft fraud scam concept 122732 1334 - Hindari Penipuan atau Scamming dengan 5 Tips Ini

Demi menjaga keamanan saat melakukan transaksi, pastikan untuk rajin mengganti PIN atau password setiap beberapa waktu sekali. Apabila memiliki lebih dari satu kartu debit atau kredit, buat PIN atau password yang berbeda untuk setiap kartu debit atau kredit tersebut. Jangan pernah memberikan PIN atau password kepada siapapun, termasuk pihak bank. Dalam hal ini, PIN atau password menjadi informasi pribadi yang hanya boleh diketahui oleh Anda. Buatlah PIN atau password yang tidak mudah ditebak oleh orang lain. Jika Anda tidak mudah mengingat PIN atau password Anda, hindari untuk mencatatnya di tempat yang mudah diakses orang lain.

5. Gunakan Layanan Keuangan yang Aman dan Terpercaya

Agar terhindar dari kasus penipuan, pastikan layanan keuangan yang Anda gunakan untuk melakukan transaksi tersebut aman dan terpercaya. Bagi TKI yang rutin mengirimkan uang dari luar negeri, pastikan layanan pengiriman uang yang Anda gunakan memiliki perizinan dan pengawasan dari lembaga resmi. Perizinan dan pengawasan tersebut bisa berasal dari Bank Indonesia atau Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan. Selain itu, jasa layanan pengiriman uang yang terpercaya akan bergabung dengan asosiasi seperti APPUI (Asosiasi Penyelenggara Pengiriman Uang Indonesia).

Untitled design 7 - Hindari Penipuan atau Scamming dengan 5 Tips Ini

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menghindari penipuan atau kejahatan scamming saat melakukan transaksi. Jika Anda berada di Malaysia, Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola sebagai layanan keuangan yang aman dan terpercaya. Qelola dapat membantu Anda melakukan kiriman uang ke Indonesia secara efektif kapan saja dan di mana saja. Qelola juga menawarkan banyak fitur seperti e-wallet, transfer uang domestik dan internasional, serta layanan multi-billing untuk pembayaran segala kebutuhan Anda. Beragam pembayaran tagihan dan transfer uang dapat Anda lakukan secara aman hanya dengan aplikasi Qelola di smarthphone-mu. Yuk, segera unduh aplikasi Qelola sekarang juga dengan klik di sini.

Tags: , , , , , ,