Apa Itu Kartu Pra Kerja? Bagaimana Ketentuannya? Cek di Sini!

kartu prakerja

Pandemi Covid-19 yang disebabkan oleh virus corona telah membawa dampak besar dalam perekonomian dunia termasuk Indonesia. Akibat virus ini banyak pekerja di Indonesia yang harus mengalami Pemutusan Hubungan Kerja/PHK secara mendadak. Hal ini jadi pukulan yang sangat bagi mereka yang harus rela kehilangan mata pencahariannya selama ini. Mengetahui hal ini, pemerintah pun menerbitkan Kartu Pra Kerja sebagai langkah antisipasi para pekerja yang menjadi korban Pemutusan Hubungan Kerja. Lalu apa itu Kartu Pra Kerja? Apa saja manfaatnya? Bagaimana caranya agar bisa lolos mendapatkan kartu ini? Informasi lengkapnya bisa Anda simak melalui artikel berikut ini.

Apa Itu Kartu Pra Kerja?

Kartu Pra Kerja adalah bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya. Kartu Pra Kerja tidak hanya untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan, namun juga buruh, karyawan, dan pegawai. Pendeknya, semua warga negara Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah atau kuliah, boleh mendaftar. Namun prioritas diberikan pada pencari kerja usia muda. Namun, kesempatan untuk memiliki kartu ini juga terbuka lebar bagi karyawan atau pegawai yang sudah memiliki pekerjaan serta karyawan atau pegawai yang mengalami pemutusan hubungan kerja. 

Manfaat Kartu Pra Kerja

kartu pra kerja 2 - Apa Itu Kartu Pra Kerja? Bagaimana Ketentuannya? Cek di Sini!

Sumber : kumparan.com

Kartu ini pada mulanya dicetuskan bersamaan dengan KIP Kuliah dan Kartu Sembako Murah oleh Presiden Joko Widodo pada masa kampanye Pemilu Presiden 2019. Realisasi pembuatan kartu ini pun dipercepat di bulan April 2020 akibat adanya pandemi Covid-19. Pemerintah mengharap, kartu ini akan membantu masyarakat di Indonesia khususnya korban PHK akibat pandemi agar mendapat dukungan finansial. 

Program pemberian pelatihan ini diluncurkan sesuai dengan Perpres Nomor 30 Tahun 2020. Manfaat kartu ini agar peserta yang lolos bisa mendapatkan biaya pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan potensi diri. Karena nantinya setiap pemohon atau pendaftar yang telah lulus seleksi dan mendapatkan atau memegang Kartu Prakerja secara langsung dapat mengikuti berbagai kursus secara online untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan kerja mereka. Jika sumber daya manusia memiliki keterampilan yang memadai selanjutnya hal ini bisa menekan tingkat pengangguran di Indonesia. Menariknya, program ini, peserta yang mendaftar juga akan mendapatkan uang. Adapun total yang didapatkan sebesar Rp 3.550.000 dengan bentuk terdiri dari:

  • Biaya pelatihan sebesar Rp1.000.000
  • Insentif Pasca pelatihan sebesar Rp600.000 / bulan selama 4 bulan,
  • Insentif survey keberkerjaan dengan total Rp150.000.

Bagaimana Caranya Mendaftar Program Kartu Ini?

kartu pra kerja 4 - Apa Itu Kartu Pra Kerja? Bagaimana Ketentuannya? Cek di Sini!

Untuk bisa mendapatkan Kartu ini Anda harus mendaftar dengan membuat akun terlebih dahulu. Pendaftaran ini bisa dilakukan melalui website resmi yaitu prakerja.go.id. Sebelum memulainya, siapkanlah Kartu Tanda Penduduk untuk mempermudah pendaftaran. Berikut langkah-langkah membuat akun Kartu Pra Kerja:

  1. Masuk ke alamat website www.prakerja.go.id
  2. Klik “Daftar Sekarang” dan masukkan email atau nomor ponsel. 
  3. Klik Daftar. 
  4. Selanjutnya pilih metode verifikasi. 
  5. Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan via email atau SMS. 
  6. Pendaftaran berhasil. Kamu berhasil membuat akun Kartu Pra Kerja.

Selesai membuat akun untuk Kartu Pra Kerja, selanjutnya Anda bisa mendaftar program dari pemerintah ini dengan langkah-langkah seperti berikut ini:

  1. Masuk ke halaman Login.
  2. Klik “Daftar Kartu Pra Kerja”.
  3. Isi formulir pendaftaran.
  4. Klik selanjutnya.
  5. Lakukan Tes Kemampuan Dasar.
  6. Klik Selesai.
  7. Tunggu notifikasi selanjutnya pada akun Anda.
  8. Setelah selesai melakukan pendaftaran dan mengisi formulir dan tes, Anda dapat memeriksa status pendaftaran kartu  melalui akun Anda di situs Kartu Pra Kerja dan klik “Cek Status Pendaftaran”.

Tips Sukses Daftar Kartu Pra Kerja Bersama Aplikasi Qelola

EP 8 3 700x342 - Apa Itu Kartu Pra Kerja? Bagaimana Ketentuannya? Cek di Sini!

Pastikan sambungan internet Anda berjalan dengan lancar saat melakukan pendaftaran. Jangan lupa untuk top up kuota internet Anda sebelum melakukan pendaftaran melalui aplikasi Qelola. Kenapa harus Qelola? Aplikasi Qelola adalah salah satu aplikasi dompet digital yang memiliki fitur-fitur pembayaran, transfer uang, dan pembelian kuota internet. Untuk bisa menikmati aplikasi ini caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Qelola melalui Playstore di Hp. Selanjutnya daftarkan nomor ponsel Anda untuk membuat akun dan password pada aplikasi. Jika sudah, Anda bisa masuk ke aplikasi dan pilih fitur pulsa pada aplikasi. Selanjutnya ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk isi ulang kuota internet Anda langsung dari ponsel.

Pada dasarnya aplikasi Qelola ini dibuat untuk membantu berbagai urusan kirim uang dan pembayaran TKI yang ada di Malaysia. Ada beberapa layanan yang ditawarkan oleh aplikasi Qelola yaitu transfer uang Malaysia Indonesia, pembelian pulsa, pembayaran tagihan seperti PDAM, listrik, TV Kabel, dan BPJS serta belanja voucher games. Keuntungan memakai aplikasi Qelola adalah tidak dikenakan biaya transfer hingga 15 April 2020. Selanjutnya, Anda hanya akan dikenakan 1 ringgit Malaysia pada setiap transaksi. Semoga informasi yang telah disampaikan di atas bermanfaat dan menambah wawasan Anda ya! Jangan lupa unduh aplikasi Qelola di sini.

 

Tags: , , ,