Kerja Keras di Perantauan, Ini 5 Tipsnya!

Untitled design91 - Kerja Keras di Perantauan, Ini 5 Tipsnya!

Kerja keras merupakan kunci untuk mendapatkan target hidup yang diinginkan. Orang dengan watak pekerja keras juga sangat diminati di dunia kerja karena dapat membuat performa perusahaan ikut meningkat. Namun demikian, pada kenyataannya sangat sulit untuk bisa menerapkan hal ini setiap saat. Ada saja halangan atau gangguan yang membuat Anda terdistraksi sehingga kehilangan fokus.

Seperti hampir semua hal yang ada di dunia, terdapat beberapa tips yang bisa Anda terapkan jika ingin dapat menjaga kualitas kerja tetap baik. Kerja keras adalah hal yang cenderung mudah dilakukan jika Anda mengetahui triknya. Tentu, kunci utama dari hal tersebut kemudian adalah konsistensi, sehingga dapat terus bekerja keras hingga target tercapai.

Apa saja tips agar dapat mendorong diri sendiri terus bekerja keras setiap saat? Simak poin-poinnya berikut ini!

Memiliki Fokus yang Tinggi

Untitled design89 - Kerja Keras di Perantauan, Ini 5 Tipsnya!

Pertama adalah memiliki fokus pada target yang ingin dicapai. Orang yang memiliki fokus pada targetnya, cenderung akan dapat bekerja dengan lebih tekun dan keras. Tujukan setiap usaha pada satu titik yang ingin Anda capai, kemudian bekerjalah dengan sungguh-sungguh untuk mencapai titik tersebut.

Fokus yang tinggi dapat mengurangi dampak distraksi yang selalu saja muncul. Contoh distraksi yang paling sering dialami hampir setiap orang adalah smartphone dan media sosial. Ada saja hal menarik yang dapat mengganggu fokus Anda. Pastikan Anda tetap fokus pada pekerjaan yang Anda lakukan, karena setelah pekerjaan selesai akan banyak waktu untuk ‘menikmati’ distraksi yang muncul sebelumnya.

Kerja Keras pada Target yang Lebih Kecil

Untitled design88 - Kerja Keras di Perantauan, Ini 5 Tipsnya!

Bukan dalam artian menurunkan target yang Anda miliki, namun kerja keras dapat lebih mudah diaplikasikan jika Anda membagi target utama Anda ke dalam target yang lebih kecil. Alih-alih menargetkan menyelesaikan enambelas pekerjaan dalam waktu delapan jam kerja, tanamkan pada pikiran Anda bahwa Anda dapat menyelesaikan dua pekerjaan dalam satu jam kerja. Terlihat sama saja? Tentu saja tidak.

Dengan target yang lebih besar angkanya, otak dan tubuh cenderung akan lebih mudah mencapai titik lelah. Namun dengan target yang lebih kecil, dan pada akhirnya mencapai titik yang sama, tubuh dan pikiran akan dapat bekerja lebih bersemangat. Secara psikis, Anda akan merasakan tambahan semangat setiap menyelesaikan target-target yang lebih kecil sehingga dapat menjaga konsistensi kerja Anda.

‘Lingkaran’ yang Produktif

Untitled design90 - Kerja Keras di Perantauan, Ini 5 Tipsnya!

Dalam dunia kerja, Anda sebaiknya cermat dalam memilih lingkungan pertemanan. Hal ini disebabkan karena kebiasaan yang dilakukan orang di sekitar Anda dapat berpengaruh pada kebiasaan Anda sendiri. Ketika orang-orang di sekitar Anda memiliki semangat kerja yang tinggi maka Anda cenderung akan ikut dalam ‘arus’ baik ini dan menjadi pekerja keras.

Memang mungkin ada pendapat yang menyatakan jika kualitas diri sudah tinggi, maka lingkungan apapun tidak akan berpengaruh. Namun untuk meningkatkan kualitas diri secara progresif, Anda memerlukan lingkungan yang juga berkualitas. Ketika mental dan ritme kerja sudah terbentuk, baru kemudian Anda akan memiliki kekuatan untuk tetap bekerja dengan baik pada lingkungan apapun.

Pekerjaan Merupakan Tantangan, Bukan Beban

Untitled design92 - Kerja Keras di Perantauan, Ini 5 Tipsnya!

Mengubah anggapan Anda pada pekerjaan, dari beban menjadi tantangan, adalah poin penting selanjutnya agar Anda tetap dapat menerapkan konsep kerja keras setiap saat. Tantangan yang dihadapi akan menuntut sebuah penyelesaian, dan ketika sudah dapat dilewati maka Anda akan semakin bersemangat karena memiliki ‘pencapaian’ baru.

Jadikan setiap pekerjaan sebagai sebuah tantangan dan jauhkan anggapan bahwa pekerjaan adalah beban.

Motivasi dari Keluarga 

Untitled design93 - Kerja Keras di Perantauan, Ini 5 Tipsnya!

Hasil dari pekerjaan yang dilakukan cenderung digunakan untuk kepentingan keluarga secara umum. Misalnya saja, ketika Anda bekerja sebagai TKI di Malaysia, Anda akan selalu mengirimkan hasil jerih payah Anda untuk mencukupi kebutuhan keluarga di Indonesia bukan? Jadikan hal ini sebagai motivasi ketika Anda mulai jenuh dan bosan.

Memikirkan kebahagiaan keluarga yang Anda miliki bisa jadi motivasi yang cukup kuat untuk menyemangati Anda ketika bekerja. Jika memungkinkan, bawa foto bersama dengan keluarga untuk ditempel agar Anda tetap dapat melihat senyum bahagia setiap anggota keluarga yang menunggu di tanah air.

Baca Juga : 6 Tips Raih Kesuksesan Kerja di Luar Negeri untuk TKI

Kerja keras, jadi satu poin besar yang membuat TKI diminati di luar negeri, khususnya di Malaysia. Watak ini sepertinya sudah menjadi sangat identik dengan orang Indonesia ketika bekerja. Pemberi kerja sangat menyukai watak ini karena dapat memberikan dampak positif untuk lingkungan kerja secara umum, dan meningkatkan capaian perusahaan.

Nah, setelah Anda memahami tips untuk mendorong Anda selalu menerapkan konsep kerja keras dalam pekerjaan, tentu Anda juga perlu memahami bagaimana cara mengirimkan uang dengan cepat dan biaya murah. Anda dapat menggunakan Qelola sebagai partner Anda. Layanan Qelola dapat membantu pengiriman uang secara real-time dan biaya yang sangat murah. Segera unduh aplikasinya di sini, dan jadilah TKI pekerja kerjas yang dapat membahagiakan keluarga dan pemberi kerja!

 

Tags: , , , , , , , , ,