Ini Cara Menghilangkan Noda Membandel di Pakaian

Cara Menghilangkan Noda

Adakah diantara Anda yang membaca artikel ini berprofesi sebagai penata laksana rumah tangga? Jika Anda, mungkin akan sangat tepat disampaikan jika permasalahan utama ketika mencuci baju adalah adanya noda membandel yang sulit dibersihkan. Tapi tak perlu khawatir, Anda akan mendapatkan cara menghilangkan noda membandel yang terbukti efektif dan akan meringankan pekerjaan Anda di artikel ini.

Coba sebutkan beberapa noda yang sangat sulit dibersihkan ketika menempel pada pakaian. Noda rumput basah? Keringat dan muntahan? Minyak? Lumpur? Tinta? Cokelat? Atau mungkin kopi? Ya, setiap noda dari barang tersebut adalah noda yang sangat sulit untuk dibersihkan. Tak hanya memerlukan biaya dan usaha lebih, noda tersebut juga akan mengurangi estetika dari pakaian yang digunakan.

Jadi untuk membantu Anda dalam membersihkan noda tersebut, Anda bisa melihat cara menghilangkan noda itu di bagian berikut ini.

Baca Juga : Tugas Utama Babysitter Adalah Mengasuh Anak, Apa Tugas Lainnya?

Cara Menghilangkan Noda Rumput Basah

Menjadi TKI mandiri bukan tidak mungkin dilakukan jika Anda mengetahui apa yang harus dilakukan. Simak penjelasannya di sini9 - Ini Cara Menghilangkan Noda Membandel di Pakaian

Noda yang sangat sering ada di pakaian anak-anak ini adalah salah satu noda yang sulit dibersihkan bekasnya. Namun demikian, selalu ada cara jika Anda mau sedikit berusaha. Cara menghilangkan noda rumput basah adalah dengan merendamnya di air dingin yang sudah diberikan deterjen selama 30 menit, jika masih terlihat nodanya lakukan perendaman dengan cara yang sama selama 30 menit, kemudian cuci dengan mesin cuci dengan setelan suhu air yang paling panas.

Kedua, Keringat dan Muntahan

Noda-noda ini sulit dibersihkan karena memiliki kandungan Protein. Nah cara ampuh menghilangkan noda keringat atau muntahan adalah dengan menggunakan cairan pembersih noda berbahan Alkali yang ampuh menyerap dan mengangkat Protein. Lanjutkan dengan cairan atau bubuk pembersih pakaian dengan kandungan enzim, gosok dengan hati-hati, kemudian cuci dengan mesin cuci dengan menambahkan deterjen berbahan enzim atau bleaching beroksigen.

Minyak? Begini Caranya

Menjadi TKI mandiri bukan tidak mungkin dilakukan jika Anda mengetahui apa yang harus dilakukan. Simak penjelasannya di sini10 - Ini Cara Menghilangkan Noda Membandel di Pakaian

Pertama, bilas bagian yang terkena noda dengan air dingin. Kedua, gosok permukaan yang ternoda dengan menambahkan beberapa tetes cairan pencuci piring yang dapat membantu membersihkan minyak dan lemak yang terkandung. Gosok permukaan yang terkena minyak tadi dengan bubuk atau cairan deterjen sampai memudar dan biarkan beberapa menit. Akhiri dengan dicuci dengan mesin cuci seperti biasa.

Kotoran dari Lumpur

Nah, untuk noda yang satu ini, Anda harus menunggunya hingga kering terlebih dahulu agar noda tidak menyebar. Langkah pertama adalah bersihkan bagian lumpur yang kering pada pakaian yang terkena noda. Selanjutnya, rendam dengan wadah berisi air hangat yang sudah ditambahkan 1 sendok teh cairan pencuci piring, 1 sendok teh deterjen, dan 1 sendok makan cuka putih, diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air bersih dan diamkan beberapa menit lagi, jika misalnya noda masih terlihat Anda bisa menggosoknya dengan permukaan spons yang telah diberi cairan alkohol, kemudian bilas dengan air bersih. Cuci dengan mesin cuci seperti biasa.

Tinta dari Ballpoint atau Pena

Menjadi TKI mandiri bukan tidak mungkin dilakukan jika Anda mengetahui apa yang harus dilakukan. Simak penjelasannya di sini11 - Ini Cara Menghilangkan Noda Membandel di Pakaian

Noda tinta di baju anak-anak atau orang dewasa juga jadi salah satu noda yang sangat sulit dibersihkan dan mengurangi keindahan pakaian. Cara membersihkannya adalah dengan menyemprotkan hairspray ke permukaan yang terkena noda tinta (pastikan hairspray tidak mengandung aerosol). Semprot beberapa kali hingga permukaan noda terlihat memudar karena basah. Selanjutnya berikan hand sanitizer ke permukaan noda tersebut dan gosok perlahan. Diamkan selama 10 menit, lalu akhiri dengan dibilas dan masukkan ke mesin cuci untuk dibersihkan.

Noda Cokelat yang Bandel

Cokelat meskipun nikmat disantap namun memiliki tingkat kesulitan tersendiri ketika menempel pada pakaian. Bagaimana cara membersihkannya? Pertama, bersihkan sisa cokelat dari pakaian dan berhati-hatilah agar noda tidak semakin melebar. Kedua, bilas bagian belakang dengan air keran atau air soda, lalu taburkan deterjen atau cairan pencuci piring ke bagian noda dan gosok perlahan. Selanjutnya rendam dengan air dingin selama 15 menit, dan gosok tiap 2 atau 3 menit sekali. Terakhir, cuci dengan mesin cuci pada setelan temperatur air paling panas.

Minuman Wajib Tiap Hari, Ini Cara Menghilangkan Nodanya

Menjadi TKI mandiri bukan tidak mungkin dilakukan jika Anda mengetahui apa yang harus dilakukan. Simak penjelasannya di sini12 - Ini Cara Menghilangkan Noda Membandel di Pakaian

Jika kopi tumpah pada pakaian berwarna terang, sudah dipastikan akan meninggalkan bekas yang tidak enak dilihat. Cara membersihkannya cukup sederhana, yakni bilas bagian yang terkena kopi dengan air dingin yang mengalir, lalu taburkan deterjen pada permukaan kain yang terkena kopi, gosok dengan sikat gigi berbulu halus, diamkan beberapa menit, dan cuci dengan mesin cuci dengan temperatur yang panas.

Nah, cukup jelas bukan cara menghilangkan noda membandel dari pakaian yang baru saja Anda baca? Anda bisa mencobanya dengan pakaian kotor yang ada, agar dapat membuat pemberi kerja merasa senang. Semakin senang si pemberi kerja, akan semakin baik nilai Anda untuk mereka. Nilai yang baik akan mendatangkan rejeki yang lancar, jangan lupa untuk mengirimkan ke keluarga di tanah air agar kehidupan tetap dapat berjalan ya. Anda bisa menggunakan layanan Qelola untuk melakukan transfer yang cepat dan murah. Karena Qelola sudah mendapatkan izin tertulis dari Bank Indonesia, maka keamanannya pasti terjamin. Segera unduh aplikasinya di sini, dan maksimalkan fitur yang dimiliki Qelola. Semoga tips di atas bermanfaat ya!

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,