Hai TKI Malaysia, Inilah Ketentuan Cuti Tahunan Anda

cuti TKI

Hak TKI ketika bekerja di luar negeri hampir sama dengan hak tenaga kerja yang ada di Indonesia. Salah satu bentuk hak Anda para TKI adalah cuti tahunan dan cuti sakit. Cuti sendiri memiliki berbagai macam jenisnya, ada cuti berbayar dan cuti tidak berbayar. Artinya, ketika Anda mengambil cuti tahunan, gaji Anda tidak akan dikurangi meskipun Anda tidak masuk kerja. Sedangkan cuti tidak berbayar berarti ketika Anda mengambil cuti, gaji Anda akan dikurangi. Di bawahnya lagi terdapat berbagai macam cuti dan ketentuannya masing-masing. Cuti tahunan merupakan salah satu jenis cuti yang masuk kategori cuti berbayar.  Untuk cuti sakit sendiri juga merupakan jenis cuti lain yang masuk dalam kategori cuti berbayar.

Setiap negara memiliki aturan cuti tahunan dan cuti sakitnya masing-masing. Terlebih lagi aturan cuti yang berkaitan dengan TKI. Tidak terkecuali negara Malaysia. Bagi Anda para TKI Malaysia, sudahkah Anda paham ketentuan atau aturan cuti tahunan yang bisa Anda dapatkan? Kemudian apa saja ketentuan cuti jenis lainnya tersebut? Simak ketentuan cuti tahunan dan cuti sakit berikut ini:

1.  Ketentuan Cuti Tahunan Bagi TKI Malaysia

calendar 660670 960 720 - Hai TKI Malaysia, Inilah Ketentuan Cuti Tahunan Anda

Cuti tahunan tidak hanya diberikan kepada TKI sektor formal, namun juga sektor informal. Berikut ini adalah ketentuannya:

TKI Sektor Formal

TKI sektor formal adalah TKI yang bekerja pada perusahan atau pengguna jasa TKI yang telah memiliki badan hukum. Contohnya adalah pekerja di bidang manufaktur, konstruksi, perikanan, pertambangan, transportasi, dan sebagainya. Ketentuan cuti tahunan bagi mereka telah disahkan dalam UU Ketenagakerjaan Malaysia. Ketentuan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Bagi TKI yang telah bekerja dengan perusahaan yang sama kurang dari 2 tahun, maka TKI tersebut berhak mendapatkan cuti tahunan sebanyak 8 hari dalam satu tahun.
  • Bagi TKI yang telah bekerja dengan perusahaan yang sama selama 2 tahun berturut-turut namun kurang dari 5 tahun, maka berhak mendapatkan cuti tahunan sebanyak 12 hari dalam satu tahun.
  • Bagi TKI yang bekerja dengan perusahaan yang sama lebih dari 5 tahun, maka TKI tersebut berhak mendapatkan cuti sebanyak 16 hari dalam setahun.

TKI Sektor Informal

TKI sektor informal adalah TKI yang bekerja pada pengguna jasa mereka yang tidak memiliki badan hukum. Contoh pekerjaan ini adalah Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT), pengasuh anak, pengasuh lansia, dan sebagainya. Ketentuan terkait cuti yang mereka dapatkan berbeda-beda karena setiap majikan memiliki kebijakannya masing-masing. Namun terdapat 1 ketentuan yang harus ada yaitu setidaknya terdapat satu (1) hari libur dalam 1 minggu. Oleh karena itu, bagi Anda TKI yang bekerja di sektor informal harus memastikan ketentuan cuti tahunan dijelaskan secara rinci dalam perjanjian kerja.

2.  Ketentuan Cuti Sakit Bagi TKI Malaysia

cold 1972619 960 720 - Hai TKI Malaysia, Inilah Ketentuan Cuti Tahunan Anda

Selain hak cuti tahunan, TKI sektor formal juga akan mendapatkan cuti lain yang masih termasuk dalam cuti berbayar, yaitu cuti sakit. Berikut adalah ketentuan cuti sakit bagi TKI sektor formal:

  • Bagi TKI yang telah bekerja dengan perusahaan yang sama kurang dari 2 tahun, maka TKI tersebut berhak mendapatkan cuti sakit sebanyak 14 hari dalam satu tahun.
  • Bagi TKI yang telah bekerja dengan perusahaan yang sama selama 2 tahun berturut-turut namun kurang dari 5 tahun, maka berhak mendapatkan cuti sakit sebanyak 18 hari dalam satu tahun.
  • Bagi TKI yang bekerja dengan perusahaan yang sama lebih dari 5 tahun, maka TKI tersebut berhak mendapatkan cuti sebanyak 20 hari dalam setahun. Kemudian untuk cuti sakit yang membutuhkan rawat inap, berhak mendapatkan cuti sakit maksimal 60 hari dalam setahun.

Sedangkan cuti sakit bagi TKI sektor informal hampir sama dengan cuti tahunan, yaitu tergantung pada perjanjian kerja yang telah disepakati antara Anda dan majikan. Terlebih lagi Anda akan tinggal bersama dengan majikan sehingga aturan cuti sakit bisa jadi sangat fleksibel dan tergantung pada situasi dan kondisi saat itu.

Itu tadi adalah ketentuan cuti tahunan dan cuti sakit yang bisa Anda dapatkan. Meskipun aturan ini sudah resmi dari pemerintah Malaysia, Anda harus tetap memastikan bahwa syarat dan hak cuti yang akan Anda dapatkan tercantum dalam perjanjian kerja. Dengan begitu, baik Anda maupun perusahaan dapat menghindari adanya kesalahpahaman jika dikemudian hari terdapat perkara yang tidak diinginkan terjadi. Ketika terdapat perkara yang terjadi terkait cuti ini, para TKI dapat melaporkan atau mengadukannya kepada Jabatan Tenaga Kerja (JTK) terdekat dari tempat kerja Anda.

Masih berhubungan dengan TKI Malaysia, baru baru ini ada aplikasi keuangan dan pembayaran online yang bisa Anda gunakan. Aplikasi yang memudahkan Anda mengirim uang dan membayar tagihan-tagihan rutin dari Malaysia ke Indonesia ini adalah Qelola. Selain itu, berbagai fitur menariknya juga harus Anda coba. Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan adalah promo biaya transfernya yang murah meriah. Yuk download Qelola di sini.

Tags: , , , ,