Jaga Kesehatan Anak, Babysitter Wajib Tahu 6 Tips Berikut

kesehatan anak

Anak merupakan titipan dan anugerah dari Tuhan yang wajib dirawat sejak kecil termasuk merawat kesehatannya. Tugas utama babysitter merawat anak yang diasuhnya, seperti merawat anak kandungnya sendiri. Tak terkecuali kesehatan anak menjadi perhatian utama para babysitter dalam menjalankan pekerjaannya. Kesehatan menjadi kunci utama proses tumbuh kembang anak dan agar anak tidak mudah jatuh sakit. Terdapat dua hal pokok yang perlu diperhatikan dalam kesehatan anak, yaitu gizi yang cukup dan kebugaran fisik. Simak tips menjaga kesehatan anak bagi para babysitter berikut ini.

1. Pola Makan Bergizi dan Ideal

Pada usia dini, anak akan penasaran dan ingin mencoba dengan apa yang ada disekitarnya, termasuk dalam hal makanan. Sebagai orang tua atau pengasuhnya, mungkin Anda akan terdorong untuk memberikan beragam jenis makanan pada anak. Tapi tunggu dulu, tidak semua makanan aman dikonsumsi anak pada usia dini. Beberapa makanan disarankan untuk dihindari, seperti makanan yang mengandung tinggi gula. Jangan turuti semua keinginan anak demi menjaga pola makan sehat dan bergizi.

Pola makan sehat dan bergizi yang dimaksud adalah, kebutuhan nutrisi, vitamin, dan sebagainya tercukupi dengan mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Porsi makanan setiap harinya juga harus ideal, tidak berlebihan atau kurang. Asupan gizi anak harus disesuaikan dengan usia dan berat badan mereka. Sajikan makanan padat gizi setiap hari untuk anak dan kurangi frekuensi jajan dengan menyediakan aneka cemilan sehat rumahan untuk anak.

2. Lakukan Imunisasi Rutin dan Sesuai Jadwal

pexels photo 973970 - Jaga Kesehatan Anak, Babysitter Wajib Tahu 6 Tips Berikut

Imunisasi merupakan hal yang penting untuk menjaga kesehatan anak. Oleh karena itu, ingatlah baik-baik jadwal imunisasi anak. Ikatan Dokter Anak Indonesia merekomendasikan imunisasi yang perlu diberikan untuk anak usia 12-18 bulan adalah imunisasi polio, DPT ulangan, MR, campak, influenza, hepatitis A, varisela, dan PVC. Hubungi dokter, posyandu, atau tempat vaksinasi anak terdekat untuk mengetahui jadwal tepat imunisasi. Sebagai pengasuh anak, Anda perlu berdiskusi dengan orang tua sang anak ketika akan melakukan imunisasi.

3. Menjaga Kebersihan Anak dan Lingkungan Sekitarnya

Kuman, bakteri dan bibit penyakit akan cepat berkembang biak dalam keadaan kotor dan lembab. Perhatikan kebersihan dan kesehatan tubuh anak, seperti pakaian, tempat tidur, perlengkapan makan dan minum, gigi, kuku, dan anggota tubuh lainnya. Bersihkan secara rutin seluruh area yang sering dijangkau anak. Ajari juga si anak untuk rajin mencuci tangan pakai sabun baik sebelum maupun sesudah makan, setelah menggunakan toilet, dan setelah bermain di luar ruangan.

4. Istirahat Cukup dan Teratur

Istirahat diperlukan sebagai proses meringankan beban otak dan relaksasi diri. Waktu istirahat menjadi waktu yang tepat bagi pertumbuhan anak secara optimal. Berdasarkan usianya, anak memerlukan waktu tidur lebih lama dibandingkan dengan waktu tidur orang dewasa. Tidur cukup selama 8 jam dalam sehari harus dipenuhi setiap anak untuk mendukung kelangsungan masa pertumbuhan emasnya. Pastikan juga tempat tidur si anak selalu dalam keadaan bersih, rapi, dan nyaman ketika digunakan. 

5. Bermain dan Belajar Bersama Anak

pexels photo 3662667 - Jaga Kesehatan Anak, Babysitter Wajib Tahu 6 Tips Berikut

Selain mengatur pola makan dan gizi, anak-anak harus diajak untuk selalu aktif bergerak dan bermain. Isi waktu bersama anak dengan melakukan berbagai permainan yang menyenangkan sekaligus dapat mengasah kemampuan kognitif dan motoriknya. Misalnya dengan membangun istana pasir, mengisi botol dengan biji-bijian atau beras, membuat adonan bermain atau lilin, dan sebagainya. Kegiatan bermain dan belajar ini sangat bermanfaat untuk kebugaran dan kesehatan tubuh anak serta menstimulasi kecerdasan otak anak.

6. Jadi Panutan dan Contoh yang Baik

Kunci dasar yang tidak kalah penting untuk menjaga kesehatan anak adalah dengan berusaha menjadi panutan dan contoh yang baik. Ingatlah anak selalu melihat dan mencontoh perilaku orang dewasa yang ada di sekitarnya. Kebiasaan, nilai-nilai, dan perilaku yang baik tertanam sejak kecil akan berdampak baik pula untuk masa depannya. Oleh karena itu, Anda pun dituntut untuk selalu menerapkan pola hidup sehat secara keseluruhan sebagai panutan baik untuk anak yang Anda asuh.

Atur Keuangan Anda Bersama Aplikasi Qelola

Pengasuh anak harus lebih teliti, selalu bersih, dan telaten saat bekerja mengasuh anak. Apalagi jika Anda bekerja sebagai babysitter di luar negeri, tentu kemampuan dan profesionalitas Anda menjadi penilaian utama. Di tengah kesibukan Anda bekerja sebagai babysitter, mungkin Anda hanya memiliki waktu sedikit untuk mengatur masalah keuangan. Tenang saja, untuk membantu dalam mengelola keuangan secara mandiri, segera gunakan aplikasi Qelola sebagai dompet elektronik (e-wallet). Tak hanya itu, dalam aplikasi ini disediakan pula layanan multi-billing tagihan bulanan, dan layanan kirim uang dari luar negeri secara mudah dan murah. Unduh dan install aplikasi Qelola secara GRATIS melalui smartphone Anda sekarang juga. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini. 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,