Jadi Asisten Rumah Tangga, Apa Peran dan Tugasnya?

asisten rumah tangga

Pekerjaan sebagai asisten rumah tangga di luar negeri saat ini cukup banyak diminati oleh Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Bahkan, pada tahun 2017 ada sekitar 9 juta penduduk Indonesia bekerja sebagai TKI, dan 32 persen di antaranya bekerja sebagai asisten rumah tangga. Pekerjaan sebagai asisten rumah tangga atau yang disingkat ART ini cukup ringan dan tidak harus memiliki kemampuan yang mahir. Selain itu, gaji ART di beberapa negara, salah satunya Malaysia terbilang besar. Gaji asisten rumah tangga di Malaysia bisa mencapai 4 sampai 5 juta per bulan. Hal tersebut membuat pekerjaan ini menjadi sangat diminati TKI.

Walaupun banyak diminati, tak semua TKI mengetahui peran dan tugasnya sebagai asisten atau pembantu rumah tangga. Akhirnya, banyak pembantu rumah tangga yang terkadang dimanfaatkan untuk melakukan tugas ganda, seperti mengurus rumah dan menjaga anak. Padahal, peran dan tugas menjaga anak seharusnya dilakukan oleh babysitter, bukan oleh pembantu rumah tangga. Jika hal demikian terjadi, pembantu rumah tangga hanya akan kewalahan dan tidak betah dengan pekerjaannya. Untuk menghindari pekerjaan ganda seperti itu, berikut beberapa peran dan tugas utama asisten rumah tangga yang perlu Anda ketahui.

1. Membersihkan Rumah

sweeping floor with broom housekeeping service 99043 4432 - Jadi Asisten Rumah Tangga, Apa Peran dan Tugasnya?

Membantu menjaga kebersihan rumah adalah peran dan tugas utama dari ART. Seorang ART berkewajiban untuk membersihkan seluruh ruangan di rumah seperti kamar tidur, kamar mandi, ruang keluarga, ruang tamu serta dapur. Tak hanya merapikan ruangan, ART juga harus menyapu dan mengepel lantai secara rutin agar rumah bersih dari debu dan kotoran. Merawat dan membersihkan perabotan di dalam rumah pun menjadi tugas yang tidak boleh dilewatkan. Anda juga bertanggung jawab untuk membuang sampah di rumah ke tempat pembuangan.

Apabila rumah majikan Anda memiliki taman atau kebun, Anda boleh membersihkan dan merawatnya, dengan catatan tugas tersebut sudah tercantum di dalam kontrak kerja. Sebab, membersihkan dan merawat kebun atau taman di dalam rumah umumnya dilakukan oleh TKI yang bekerja sebagai tukang kebun (gardener). Maka, jika hal tersebut tidak tercantum di dalam kontrak kerja, sebaiknya Anda membicarakan hal itu kepada majikan untuk menghindari masalah atau terjadi tugas ganda.

2. Mengecek dan Menyiapkan Persediaan Kebutuhan Pokok

concentrated chambermaid writes report laptop 99043 2839 - Jadi Asisten Rumah Tangga, Apa Peran dan Tugasnya?

Tugas lainnya adalah mengecek dan menyiapkan persediaan kebutuhan pokok di rumah, termasuk penggunaan barang untuk kebutuhan rumah tangga. Anda harus berbelanja kebutuhan sehari-hari seperti toiletries, sabun cuci baju, sabun cuci piring, pewangi, bumbu-bumbu dapur, persediaan makanan, dan sebagainya. Sebaiknya Anda mencatat kebutuhan apa saja yang harus dibeli sebelum berbelanja. Kemudian, pastikan persediaan kebutuhan pokok selalu ada di rumah agar bisa digunakan sewaktu-waktu. Jika majikan tempat Anda bekerja memelihara hewan peliharaan, Anda bertugas untuk menyediakan dan memenuhi persediaan makanannya. Anda bisa membuat jadwal untuk memberikan makan hewan peliharaan tersebut.

3. Mencuci dan Menyetrika Pakaian

beautiful housekeeper black uniform ironing 99043 816 - Jadi Asisten Rumah Tangga, Apa Peran dan Tugasnya?

Tugas selanjutnya adalah mencuci dan menyetrika pakaian semua anggota keluarga. Tak hanya itu, Anda juga bertanggung jawab untuk merawat dan merapikan pakaian tersebut. Mulai dari mencuci pakaian kotor, menjemur, memasukkan pakaian dalam lemari, hingga menyiapkan pakaian yang akan dipakai anggota keluarga menjadi tugas Anda saat bekerja. Sebaiknya Anda memilah pakaian berdasarkan kepemilikan anggota keluarga agar lebih mudah saat memasukkannya dalam lemari. Selain itu, pastikan Anda melakukan hal tersebut dengan benar dan hati-hati untuk menghindari masalah seperti kehilangan atau kerusakan pakaian.

4. Membantu Memasak dan Menyiapkan Makanan

housekeeper morning table arranging hotel room 99043 2127 - Jadi Asisten Rumah Tangga, Apa Peran dan Tugasnya?

Tugas utama TKI yang bekerja di luar negeri sebagai asisten rumah tangga sebenarnya hanya membersihkan dapur dan membantu pekerjaan dapur secara umum seperti cuci piring atau menyiapkan peralatan. Pekerjaan seperti memasak umumnya dilakukan oleh tukang masak (family cook). Namun, hal tersebut bisa berubah sesuai kesepakatan dalam kontrak kerja. Seorang ART bisa memiliki tugas memasak dan menyiapkan makanan untuk majikan.

Jika demikian, tanggung jawab yang harus ART lakukan dalam hal ini menjadi cukup beragam. Anda harus membuat dan menyiapkan makanan sesuai dengan jadwal dan menu, serta memastikan higienitas dan kualitas makanan dan minuman yang Anda hidangkan. Tak hanya itu, memastikan porsi makanan dan minuman yang Anda buat telah sesuai dengan jumlah anggota keluarga juga menjadi tugas yang tak boleh terlewatkan.

Demikian ulasan lengkap terkait peran dan tugas utama seorang asisten rumah tangga (ART). Pada dasarnya, seorang ART bertanggung jawab mengurus segala sesuatu yang berkaitan dengan kebutuhan rumah tangga. Dari uraian di atas, Anda bisa memahami betapa pentingnya peran dan tugas seorang asisten rumah tangga dalam hal mengurus rumah. Oleh karena itu, pastikan Anda telah melakukan pekerjaan sebagai asisten rumah tangga secara benar dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Tak hanya memastikan pekerjaan Anda berjalan lancar, Anda juga harus memastikan kelancaran pengelolaan keuangan dan pengiriman uang ke Indonesia selama bekerja. Jika Malaysia adalah tempat Anda bekerja, Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola sebagai layanan keuangan yang terpercaya. Kirim uang dan bayar banyak tagihan dari Malaysia ke Indonesia dapat diselesaikan secara cepat dan mudah. Cukup melalui smartphone, Anda bisa mengelola keuangan, bertransaksi, dan melakukan banyak pembayaran secara praktis kapan saja dan di mana saja. Tertarik mencoba? Segera unduh aplikasi Qelola sekarang juga.

Tags: , , , , ,