Sulitkah Menjadi TKI Mandiri? Simak Penjelasannya di Sini!

TKI Mandiri

Menjadi TKI tidak melulu harus bekerja sebagai Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT) seperti yang mungkin banyak dikira masyarakat luas. Kesempatan kerja yang cukup luas terbuka untuk keterampilan yang Anda miliki. Proses legal juga dapat ditempuh meskipun Anda tidak mencari pekerjaan melalui dinas pemerintah, namun secara mandiri. Istilah awam yang digunakan adalah TKI mandiri.

Mandiri dalam hal ini diartikan sebagai pencari kerja yang langsung mencari kerja di negara tujuan, dalam hal ini Malaysia. Anda, misalnya ingin menjadi TKI mandiri, bisa langsung mencari pekerjaan melalui berbagai situs yang sudah terverifikasi, melalui kenalan, atau melalui cara lain selama cara tersebut legal dan sesuai aturan yang berlaku,

Nantinya akan ada proses yang harus Anda lakukan secara mandiri dan tanpa melalui prosedur yang ditetapkan oleh dinas.

Proses Mandiri yang Dilakukan

Menjadi TKI mandiri bukan tidak mungkin dilakukan jika Anda mengetahui apa yang harus dilakukan. Simak penjelasannya di sini3 - Sulitkah Menjadi TKI Mandiri? Simak Penjelasannya di Sini!

Beberapa proses pencarian, pemberkasan hingga keberangkatan harus Anda lakukan secara mandiri. Berbeda dengan tenaga kerja yang menggunakan jalur agen atau dinas pemerintah yang sudah memiliki jalurnya sendiri, Anda diharuskan mengurus beberapa hal secara personal.

Pencarian pekerjaan, jika TKI biasanya menggunakan jalur agen atau pemerintah untuk mencari informasi pekerjaan yang tersedia, Anda diharuskan mencari sendiri pekerjaan yang mungkin ada di Malaysia. Seperti yang disampaikan tadi, Anda bisa menggunakan berbagai situs di internet, relasi yang berada di Malaysia, atau langsung berkorespondensi dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja.

Pemberkasan, setiap berkas dan persyaratan yang diperlukan harus Anda lengkapi secara personal. Ingat untuk selalu membuat check list untuk setiap berkas yang diperlukan agar tidak ada yang terlewat. Mulai dari berkas legalitas sebagai TKI dan berkas persyaratan pekerjaan yang diperlukan, semua harus lengkap dan sah di mata hukum.

Pemberangkatan, berbeda dengan TKI yang sudah disiapkan pemberangkatan secara bersama-sama, Anda harus mengurus pemberangkatan secara mandiri pula. Tips sederhana, cari tiket pesawat jauh hari sebelum keberangkatan agar harganya sedikit lebih murah.

Proses yang Berkaitan dengan Badan Pemerintah

Menjadi TKI mandiri bukan tidak mungkin dilakukan jika Anda mengetahui apa yang harus dilakukan. Simak penjelasannya di sini2 - Sulitkah Menjadi TKI Mandiri? Simak Penjelasannya di Sini!

Meskipun bertajuk TKI mandiri, tetap ada beberapa proses yang harus berhubungan dengan dinas pemerintah karena menjadi TKI akan berkaitan pula dengan hubungan kedua negara. Lalu apa saja urusan yang harus berkaitan dengan badan pemerintah?

Laporan pada Dinas Ketenagakerjaan, Anda harus melaporkan bahwa Anda akan menjadi TKI secara mandiri pada dinas tersebut untuk pendataan yang dilakukan. Nantinya, laporan yang Anda sampaikan akan berbuah kartu kuning yang menandakan Anda adalah tenaga kerja sah.

Dokumen syarat umum TKI, terdapat beberapa dokumen syarat untuk memiliki status TKI yang harus Anda lampirkan. Ajukan permohonan status TKI dengan berkas lengkap dan syarat pendukung lainnya.

Datangi kedutaan besar atau perwakilan negara tujuan, setelah mendapatkan status resmi sebagai TKI dan Anda sudah menyetujui kontrak yang dikirimkan perusahaan (sebagai tanda jadi kerjasama), maka Anda harus mendatangi kedutaan besar atau perwakilan negara tujuan untuk diperiksa dan disahkan.

Hal Penting sebagai Catatan TKI Mandiri

Menjadi TKI mandiri bukan tidak mungkin dilakukan jika Anda mengetahui apa yang harus dilakukan. Simak penjelasannya di sini1 - Sulitkah Menjadi TKI Mandiri? Simak Penjelasannya di Sini!

Setelah mengetahui prosedur umum yang harus dilakukan, terdapat beberapa catatan yang perlu Anda perhatikan jika ingin menempuh jalur TKI mandiri ini. Hal berikut perlu menjadi perhatian agar Anda benar-benar memahami informasi penting dan konsekuensi yang harus diterima.

Pemberi kerja wajib berbadan hukum, poin pertama adalah bahwa pemberi kerja untuk TKI mandiri diwajibkan memiliki badan hukum. Artinya, Anda tidak bisa melamar pekerjaan langsung pada orang perorangan. Pemberi kerja di negara tujuan harus berupa badan hukum yang jelas dan legal.

Salinan setiap dokumen, setiap TKI, baik melewati jalur biasa atau melalui jalur mandiri, harus memiliki salinan setiap dokumen yang ditandatangani. Setidaknya, Anda harus mengambil gambar untuk setiap dokumen untuk menjadi arsip pribadi. Dokumen ini penting bilamana terjadi hal yang tidak diinginkan di negara tujuan kelak.

Gaji yang cenderung lebih tinggi, dengan melamar pada badan hukum legal dan bukan perorangan, idealnya gaji yang Anda dapatkan akan lebih tinggi dibandingkan penata laksana rumah tangga. Anda dapat benar-benar memanfaatkan kemampuan untuk mengumpulkan uang lebih cepat, dan mendapatkan kesempatan jenjang karir yang baik.

Pastikan setiap informasi dalam surat perjanjian kerja, tidak sedikit oknum nakal yang mencari celah untuk merugikan Anda sebagai TKI di luar negeri. Ketika menerima surat perjanjian kerja, pastikan setiap poin sudah sesuai dengan harapan Anda. Jika ada sesuatu yang kurang jelas atau bermakna ganda, segera lakukan konfirmasi dengan pemberi kerja atau mintalah pertimbangan dari dinas terkait di daerah Anda.

Baca Juga: Fakta: Inilah 6 Negara dengan Gaji Tertinggi untuk TKI

Menjadi TKI mandiri memang dapat dijadikan alternatif ketika Anda memiliki keahlian tertentu yang dibutuhkan oleh perusahaan di Malaysia. Jalur yang dapat ditempuh setiap orang ini menuntut kecermatan dan ketelitian untuk setiap berkas dan proses yang harus dijalani. Nah, ketika nanti Anda sudah bekerja di Malaysia, jangan lupa untuk menyisihkan sebagian penghasilan untuk keluarga yang ada di tanah air. Gunakan layanan Qelola untuk mengirimkan uang secara cepat dan murah. Cukup buat akun, isi saldo, dan kirim jumlah yang diinginkan, seketika itu pula keluarga di rumah akan dapat mencairkan dana yang dikirimkan. Unduh aplikasinya di sini, dan maksimalkan potensi yang Anda miliki!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,