Pilihan Investasi untuk TKI? Simak 5 Opsinya!

Investasi

Pernahkah rencana investasi lewat di pikiran Anda sejauh ini? Mungkin Anda berpikir, ah…bekerja sebagai TKI mana mungkin berpikir investasi? Stigma seperti ini sebenarnya sangat salah, karena memiliki investasi adalah hak semua orang. Syaratnya sederhana, jeli, teliti, dan konsisten ketika sudah memutuskan satu cara yang dipilih.

Dengan konsistensi, Anda dapat memiliki tabungan serta aset yang cukup untuk masa yang akan datang. Mengapa demikian? Berbagai jenis investasi membantu Anda untuk menyimpan sekaligus memutar uang Anda tanpa Anda sadari. Analoginya, Anda menanam bibit di kebun yang sudah memiliki pegawai, nantinya ketika panen Anda akan ikut mendapatkan hasil sesuai dengan nilai bibit yang Anda tanam.

Lalu untuk TKI, apa sajakah pilihan investasi yang tepat dan menjanjikan? Well, untuk kata menjanjikan mungkin Anda perlu belajar sedikit lebih banyak setelah membaca artikel ini. Namun Anda akan mendapat informasi pilihan berbagai jenis investasi yang dapat Anda gunakan. Jangan lupa, setiap pilihan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi simak dengan seksama dan sesuaikan dengan kondisi keuangan Anda ya!

Investasi dengan Deposito

Untitled design77 - Pilihan Investasi untuk TKI? Simak 5 Opsinya!

Dapat dikatakan deposito merupakan jenis investasi yang paling aman karena uang yang Anda depositokan jumlahnya pasti akan bertambah. Namun apakah nilainya juga akan bertambah? Secara ideal ya, walaupun tingkat bunga yang diberikan biasanya tidak terlalu jauh berbeda dengan inflasi yang terjadi.

Sebagai harga jaminan keamanan yang diberikan deposito, Anda hanya akan mendapatkan jumlah penambahan nilai yang tidak besar. Jika Anda mencari produk paling aman, deposito bisa jadi pilihan utama.

Memilih Reksa Dana Pasar Uang

Sedikit rumit ketika dibaca ya? Tapi sebenarnya, reksa dana pasar uang tidaklah serumit kedengarannya. Reksa dana pasar uang memiliki karakter yang hampir sama dengan deposito, hanya saja jenis produknya adalah berupa deposito dan surat utang yang jatuh temponya kurang dari 1 tahun lagi sehingga terbilang cepat.

Menanam dana melalui reksa dana pasar uang paling tepat jika dijadikan dana darurat karena mudah dicairkan. Selain itu, keuntungan lain adalah penghasilan dari reksa dana tidak masuk dalam objek pajak sehingga Anda tak perlu repot menghitung, membayar, dan melapor pajak atas penghasilan dari sini.

Emas, Produk Investasi Sepanjang Masa

Untitled design76 - Pilihan Investasi untuk TKI? Simak 5 Opsinya!

Tidak dapat dipungkiri investasi dengan logam mulia emas memang selalu akan masuk dalam setiap daftar yang akan dibuat. Selain harganya yang setiap tahun selalu naik, emas juga dapat dengan mudah sewaktu-waktu diuangkan.

Kini emas juga bisa didapatkan dengan mudah tanpa harus mengkhawatirkan keamanannya. Anda bisa menabung emas di perusahaan pemerintah seperti Pegadaian, atau melalui marketplace yang juga menyediakan jasa tersebut. Ketika diperlukan, Anda bisa secara instan mencairkan emas yang Anda miliki menjadi uang.

P2P Lending, Model Investasi Baru

P2P Lending merupakan model investasi yang mempertemukan Anda sebagai pemilik uang yang akan dijadikan modal dengan orang yang membutuhkan pinjaman dana. Sistemnya adalah Anda meminjamkan uang yang Anda miliki untuk modal usaha, kemudian orang tersebut akan mengelola uang yang didapatkannya.

Pada tempo waktu tertentu, uang yang Anda pinjamkan akan dikembalikan dengan bunga yang cukup besar. Meski terdengar mudah, untuk model yang satu ini Anda harus benar-benar cermat dan teliti. Pastikan pihak yang menjadi perantara sudah terverifikasi oleh OJK dan mendapat izin dari Bank Indonesia sebagai perusahaan perbankan pusat di Indonesia demi keamanan dana yang Anda pinjamkan.

Surat Utang Negara Indonesia

Untitled design75 - Pilihan Investasi untuk TKI? Simak 5 Opsinya!

Baik berupa Obligasi Ritel Indonesia atau ORI, Saving Bond Retail atau SBR, Sukuk Ritel atau SR, atau Sukuk Tabungan atau ST, semua merupakan Surat Utang Negara Indonesia yang sah dan bisa menjadi opsi investasi yang baik. Selain nilainya cukup tinggi, surat utang ini juga bisa didapatkan dengan mudah di berbagai perusahaan bank umum.

Anda secara tidak langsung ‘meminjamkan’ uang Anda untuk negara guna diolah kembali dalam setiap bisnisnya. Bagian yang Anda dapatkan adalah dari jumlah surat utang yang Anda miliki. Idealnya semakin tinggi nilai surat utang yang Anda miliki akan semakin besar pula hasil yang Anda dapatkan.

Baca Juga: 6 Ide Usaha Sampingan Paling Menguntungkan untuk TKI

Memiliki perencanaan keuangan yang tepat adalah kunci untuk meraih kondisi keuangan yang Anda inginkan. Dengan konsistensi yang terjaga, Anda akan memiliki jumlah aset yang sesuai dengan harapan, asalkan Anda juga teliti dalam memilih produk dan sistem investasi yang sesuai dengan situasi dan kondisi Anda.

Nah, untuk menyisihkan alokasi investasi Anda, Anda bisa meminta bantuan profesional dengan perjanjian tertentu. Tapi ingat, jangan lupa untuk tetap mengirimkan alokasi belanja bulanan untuk keluarga yang ada di tanah air. Anda dapat mengirimkannya dengan menggunakan Qelola, layanan remitansi real-time dengan berbagai fitur dan biaya yang sangat ekonomis. Unduh aplikasinya di sini, dan jadilah TKI sukses dengan pengelolaan keuangan yang terencana!

 

 

Tags: , , , , , , , , ,