4 Kelakuan yang Harus Dihindari Pembantu Rumah Tangga

pembantu rumah tangga

Pembantu rumah tangga menjadi salah satu jenis pekerjaan yang bisa dikerjakan oleh Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Hal tersebut tercantum dalam Keputusan Menteri (Kepmen) Ketenagakerjaan Nomor 1 Tahun 2015 tentang Jabatan yang Dapat Diduduki oleh Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri. TKI sebagai pembantu rumah tangga bertugas mengatur dan mengurus kebutuhan rumah majikan. Pembantu rumah tangga juga berkewajiban menyelesaikan tugas seperti membersihkan seluruh ruangan di rumah beserta perabotannya, membantu memasak dan menyiapkan makanan, mencuci, menyetrika pakaian, dan sebagainya.

Dalam penerapannya, menjadi asisten rumah tangga tidaklah mudah. Kadangkala, terjadi ketidakcocokan dari majikan terhadap pembantu yang akhirnya menjadi masalah saat bekerja. Salah satu faktor ketidakcocokan tersebut dikarenakan kelakuan pembantu yang tidak disukai majikan. Ketidakcocokan tersebut hanya akan menghambat proses kerja dan menimbulkan pertengkaran. Untuk mengantisipasi hal tersebut, penting bagi Anda untuk menghindari 4 kelakuan pembantu rumah tangga yang tidak disukai majikan berikut ini.

1. Sibuk Main HP Saat Bekerja

young asian teenager woman using smartphone video conference 7861 1627 - 4 Kelakuan yang Harus Dihindari Pembantu Rumah Tangga

Di era perkembangan teknologi seperti sekarang, alat komunikasi elektronik seperti HP atau smartphone semakin banyak digunakan. Bahkan, alat komunikasi tersebut seolah menjadi kebutuhan pokok untuk mendapatkan informasi dan berkomunikasi bagi berbagai golongan masyarakat, mulai dari pengusaha, karyawan, ibu rumah tangga, pelajar, hingga pembantu rumah tangga. Bagi majikan, pembantu yang terlalu sibuk memainkan HP bahkan saat bekerja adalah salah satu kelakuan buruk. Selain tidak fokus terhadap pekerjaannya, hal ini juga dinilai kurang menghormati majikan. Tak hanya itu, pembantu yang sibuk main HP hanya akan menghambat pekerjaan, tugas menjadi tidak efektif, dan hasil kerja pun menjadi kurang maksimal. Pekerjaan yang seharusnya bisa diselesaikan dalam waktu 30 menit pun tertunda hingga 1 jam karena asisten rumah tangga yang terlalu sibuk bermain HP. Sebaiknya Anda menghindari hal ini jika tidak ingin mendapat omelan dari majikan atau bahkan dipecat dari tempat Anda bekerja.

2. Pembantu Rumah Tangga yang Tidak Tepat Waktu

happy emotions asian woman with curly long hair holding clock showing nearly 8 waiting something pleasant peach background 171337 3578 - 4 Kelakuan yang Harus Dihindari Pembantu Rumah Tangga

Seperti halnya pekerjaan lain, bekerja sebagai asisten rumah tangga juga memiliki jam kerja sesuai dengan kontrak kerja yang berlaku. Maka, patuhilah jam kerja tersebut. Ketepatan waktu dalam memulai dan menyelesaikan pekerjaan merupakan poin penting yang dapat menentukan baik atau buruknya Anda di hadapan majikan. Mungkin akan menjadi hal baik jika Anda bisa memulai dan menyelesaikan tugas Anda sebelum waktunya. Namun akan menjadi penilaian buruk jika pekerjaan tersebut terlambat diselesaikan. Bayangkan saja, jika Anda harus bekerja jam 7 pagi namun baru datang jam 8 pagi, selain menjengkelkan, rencana pekerjaan yang telah disusun pun menjadi berantakan.

3. Terlalu Banyak Mengobrol Saat Bekerja

cheerful asian young women sitting cafe drinking coffee with friends talking together 7861 841 - 4 Kelakuan yang Harus Dihindari Pembantu Rumah Tangga

Jika majikan Anda mempekerjakan beberapa asisten rumah tangga, hindari kebiasaan mengobrol saat bekerja. Mengobrol dengan rekan asisten rumah tangga lainnya saat bekerja hanya akan menurunkan tingkat profesionalitas Anda di depan majikan. Apalagi, jika obrolan Anda hanya membahas hal yang tidak terlalu penting atau justru membicarakan orang lain. Sebaiknya, lakukan hal tersebut setelah bekerja atau saat istirahat. Terlalu banyak mengobrol saat bekerja hanya akan membuat pekerjaan rumah menjadi tidak efektif dan tidak dapat terselesaikan secara maksimal.

4. Bermalas-malasan Saat Tidak Ada Majikan

asian women lying gray bed she looking bored lazy 42534 63 - 4 Kelakuan yang Harus Dihindari Pembantu Rumah Tangga

Salah satu hal yang dapat meningkatkan profesionalitas Anda adalah komitmen kerja yang maksimal meskipun tidak ada yang mengawasi. Dalam artian, Anda tetap giat dan gigih untuk menyelesaikan pekerjaan walaupun tidak ada majikan di rumah. Akan tetapi, kerap kali asisten rumah tangga tidak melakukan hal tersebut dan memilih bermalas-malasan, mengobrol dengan rekan pembantu lainnya, atau bahkan sibuk bermain HP. Akhirnya, pekerjaan hanya dikerjakan dengan tidak bersungguh-sungguh atau hanya dikerjakan setengah hati. Sebaiknya Anda menghindari hal tersebut agar performa Anda tetap baik selama bekerja.

Jika Anda menjadi TKI yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga, patuhilah kontrak yang dibuat untuk menghindari terjadinya masalah di kemudian hari. Salah satu caranya adalah menghindari perilaku yang tidak disukai majikan. Mencari kecocokan agar disukai majikan bukanlah hal yang mudah, namun bukan berarti hal tersebut tidak bisa dilakukan. Apapun rintangan dalam pekerjaan Anda sebagai TKI dan pembantu rumah tangga, pastikan Anda bisa mengelola keuangan dan melakukan pengiriman uang untuk keperluan keluarga di Indonesia secara cermat. Bagi Anda yang bekerja di Malaysia, Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola sebagai alternatif untuk perencanaan keuangan. Layanan Qelola menyediakan berbagai fitur seperti e-wallet, pengiriman uang domestik dan internasional, pembayaran tagihan, seperti tagihan listrik, air, BPJS, pembelian voucher game, dan masih banyak lagi. Dengan berbagai fitur tersebut, pengiriman uang dan transaksi yang dilakukan akan berjalan semakin mudah. Cara yang digunakan pun tidak rumit, cukup unduh aplikasi Qelola, registrasi, isi data, top up saldo, dan mulai bertransaksi. Tertarik mencoba? Yuk, segera unduh aplikasi Qelola sekarang juga dengan klik di sini.

Tags: , , , , ,