Tugas Utama Baby Sitter Adalah Mengasuh Anak, Apa Tugas Lainnya?

baby sitter adalah

Pada dasarnya, pekerjaan baby sitter berbeda dengan pekerjaan asisten rumah tangga pada umumnya. Kebanyakan orang menganggap kedua pekerjaan tersebut sama. Baby sitter adalah orang yang dipekerjakan dengan tugas utamanya antara lain menjaga, merawat, dan mengasuh buah hati saat orang tua anak sedang berhalangan. Dengan arti lain, baby sitter berfokus pada anak yang diasuhnya. Apabila Anda ingin melamar pekerjaan ini, simak dulu uraian berbagai tugas baby sitter selengkapnya untuk Anda.

Tugas Utama Para Pengasuh Bayi atau Baby Sitter

pexels photo 1598122 - Tugas Utama Baby Sitter Adalah Mengasuh Anak, Apa Tugas Lainnya?

Keberadaan baby sitter di kota-kota besar sangat penting dan diperlukan untuk membantu para orang tua yang bekerja dalam mengasuh si kecil. Tidak sedikit wanita yang memiliki pekerjaan atau urusan lainnya di luar rumah memerlukan jasa pengasuh bayi, tanpa sedikitpun meninggalkan perannya sebagai seorang ibu. Berikut ini adalah ulasan mengenai tugas-tugas pokok dari baby sitter, yang telah dibicarakan sejak awal sebelum menyepakati kontrak kerja di awal dengan pemberi kerja. 

1. Mengasuh Anak

Tugas pokok seorang baby sitter adalah mengasuh anak. Anda harus memperhatikan kebiasaan dan pola aktivitas si kecil ketika mendampingi dan mengasuhnya. Seperti halnya seorang ibu, mulai dari memandikan, membersihkan popok, menyuapi makan, menemani anak bermain dan belajar hingga menidurkan anak kembali. Pastikan Anda meminta arahan kepada orang tua anak agar pola asuh Anda tepat dan benar. 

2. Menyiapkan dan Menyuapi Makanan Anak

Setiap anak pasti memerlukan makanan sesuai dengan kebutuhan mereka dan sebagai penunjang tumbuh kembang anak. Hal ini menjadi tugas pokok baby sitter untuk menyiapkan makanan si kecil atau Makanan Pendamping ASI (MPASI) agar gizi si kecil terpenuhi dengan baik. Pastikan Anda berdiskusi dengan orang tua anak mengenai detail menu makanan dan pola makan si kecil sebelum mempersiapkan makanan setiap harinya. Baby sitter harus mengetahui kapan waktu anak makan secara teratur dan jika diperlukan tambahkan vitamin dan susu formula pendamping ASI.

3. Menjaga dan Memantau Aktivitas Si Kecil

Hal paling esensial dilakukan oleh seorang baby sitter adalah menjaga anak. Anak memerlukan orang dewasa untuk selalu memantau segala aktivitasnya agar tetap aman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Biasanya anak usia dini antara 5 bulan sampai 2 tahun mulai aktif belajar merangkak, duduk, berdiri, dan berjalan. Setiap baby sitter harus lebih waspada dan berhati-hati dalam menjaga dan memperhatikan keamanan dan keselamatan si kecil.

4. Membersihkan Kamar dan Perlengkapan Bayi

Tugas baby sitter selanjutnya adalah membersihkan kamar dan segala perlengkapan si kecil. Misalnya mencuci botol bayi dan perlengkapan makan, mengganti selimut, memisahkan antara pakaian bersih dan kotor, dan lain sebagainya. Utamakan selalu kebersihan si kecil agar kesehatannya selalu terjaga dengan baik.

5. Menidurkan Si Kecil

Jika sang ibu sudah berangkat untuk bekerja atau lainnya, baby sitter bertugas untuk menidurkan si kecil. Perhatikan pola tidur si kecil dengan baik agar kualitas tidurnya tetap terjaga. Tidur yang baik akan berdampak baik pada perkembangan kecerdasan anak hingga dewasa. Usahakan jika sang ibu ada di rumah atau di dekat bayi, lebih baik tugas ini dilakukan oleh sang ibu sendiri. Tujuannya agar kedekatan antara ibu dan anak tetap terjalin dengan baik.

Menjadi Baby Sitter di Negeri Jiran Malaysia 

pexels photo 1741231 - Tugas Utama Baby Sitter Adalah Mengasuh Anak, Apa Tugas Lainnya?

Kerja di luar negeri seperti di negara Malaysia, memang mendatangkan keuntungan lebih dibanding bekerja di negara asal. Mulai dari gaji yang tinggi, fasilitas kerja yang menarik, pengalaman berharga bahkan prestise untuk diri sendiri dan keluarga. Tak heran jika tak sedikit orang yang pada akhirnya memilih bekerja di luar negeri. Termasuk menjadi baby sitter di luar negeri. Spesifikasi pekerjaan yang jelas, menarik minat calon baby sitter untuk bekerja di luar negeri. Etos kerja yang terbangun selama di luar negeri nyatanya bisa menjadi modal ketika kembali ke Indonesia dan membangun usaha baru. Di awal bekerja, mungkin Anda memerlukan berbagai penyesuaian dengan budaya dan bahasa setempat. Namun hal ini tidak menjadi masalah besar ketika memilih Malaysia sebagai negara tujuan. Indonesia dan Malaysia merupakan negara serumpun sehingga memiliki kebudayaan dan bahasa yang tidak jauh berbeda. Kerja di luar negeri? Kenapa tidak?

Pengasuh bayi harus lebih teliti, selalu bersih, dan telaten saat bekerja. Di tengah kesibukan Anda bekerja sebagai baby sitter, mungkin Anda hanya memiliki waktu sedikit untuk mengatur keuangan. Tenang saja, untuk membantu dalam mengelola keuangan secara mandiri, segera gunakan aplikasi Qelola sebagai dompet elektronik (e-wallet). Tak hanya itu, disediakan pula layanan multi-billing tagihan bulanan, dan layanan kirim uang dari luar negeri secara mudah dan murah. Unduh dan install aplikasi Qelola secara GRATIS melalui smartphone Anda sekarang juga. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini. 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,