6 Tips Menjadi Supir Pribadi yang Baik di Luar Negeri

supir pribadi

Malaysia menjadi salah satu negara “buruan” para TKI untuk bekerja di luar negeri. Supir menjadi pekerjaan informal pilihan para WNI di luar negeri dengan cukup bermodalkan kemampuan mengemudi yang baik. Banyak WNI yang memilih menjadi supir pribadi yang tidak terlalu terikat kontrak namun tetap profesional. Sebagian orang mungkin menganggap sebelah mata pekerjaan ini. Jangan sangka, bagi sebagian orang, pekerjaan menjadi supir di mana pun menjadi pekerjaan yang mulia. 

Pekerjaan supir juga memerlukan keahlian mengemudi dengan mengutamakan keselamatan di jalan. Jam kerja yang pasti dengan fasilitas lengkap menjadi daya tarik para calon supir. Gaji seorang supir bukan main-main, lho! Apabila Anda berminat menjadi supir pribadi baik lewat jalur perusahaan atau perorangan di luar negeri, jangan khawatir lagi. Mari simak tips menjadi supir pribadi yang baik di luar negeri.

1. Mahir dalam Mengemudikan Kendaraan

Poin ini sangat penting untuk dimiliki setiap supir pribadi. Tidak hanya asal menyetir, tapi supir harus membuat majikan atau penumpang merasa aman ketika berada di dalam mobil atau kendaraan lainnya. Di sisi lain, sikap dewasa dan ketenangan juga diperlukan ketika sang majikan menuntut tepat waktu sampai tujuan dengan aman pastinya.

2. Tahu dan Hafal Rute Jalan dan Tempat-Tempat Penting

pexels photo 1028742 - 6 Tips Menjadi Supir Pribadi yang Baik di Luar Negeri

Hal ini tidak kalah penting bagi seorang supir selain mahir dalam mengemudi. Meskipun kini telah ada teknologi peta digital, seperti GPS atau Google Maps, Anda harus tahu dan hafal rute dan lokasi di wilayah tersebut. Kemampuan dalam membaca peta juga sangat diperlukan apabila Anda baru pertama kali mengunjungi suatu tempat. Jangan karena alasan tidak mengetahui atau lupa suatu rute jalan, Anda menghabiskan waktu berjam-jam di jalan. Begitu pula dengan pengetahuan keberadaan tempat-tempat penting yang sering dikunjungi, seperti rumah makan, rumah sakit, hotel, supermarket, dan sebagainya.

3. Pahami Rambu-Rambu Lalu Lintas untuk Keselamatan

Pahami dan patuhi rambu-rambu lalu lintas sewaktu berkendara untuk keselamatan diri dan orang lain. Tentu sebelum mengemudi di luar negeri, Anda harus hafal dulu rambu-rambu lalu lintas di sana. Terdapat kemungkinan beberapa rambu-rambu memiliki simbol dan makna yang berbeda. Kuncinya, tetap mengemudi dengan menerapkan etika berlalu lintas yang aman.

4. Berpenampilan Rapi dan Kesehatan Prima

IMG 3496bfree - 6 Tips Menjadi Supir Pribadi yang Baik di Luar Negeri

Kenakanlah pakaian yang rapi saat berkendara. Pakailah pakaian seragam yang barangkali disediakan untuk tetap menjaga profesionalitas Anda dalam bekerja. Pastikan ketika sedang bekerja, kondisi tubuh Anda benar-benar sehat dan prima. Jangan paksakan untuk mengendara apabila dalam keadaan sakit atau keadaan gangguan fisik lainnya yang justru akan berakibat fatal nantinya.

5. Mengantongi SIM Internasional di Malaysia

Mengemudi di mana saja tetap membutuhkan surat izin mengemudi atau lisensi mengemudi. Sebelum peraturan terbaru diterbitkan, Surat Izin Mengemudi (SIM) Indonesia ternyata dapat digunakan di Malaysia. Pemerintah Malaysia telah memberlakukan kebijakan baru terkait penggunaan SIM bagi WNA. Anda tetap harus mengajukan SIM Internasional di Malaysia selain memiliki SIM Indonesia. Pengajuannya sangat mudah sekali dengan syarat sebagai berikut ini:

  • KTP asli dan fotokopi
  • Paspor asli dan fotokopi
  • SIM yang masih berlaku
  • Materai Rp6.000
  • Pas poto terbaru ukuran 4 X 6 sebanyak 3 lembar (untuk Pria berdasi dan Wanita menggunakan blazer, dan berlatar belakang biru)

Ketika masih berada di Indonesia, Anda dapat membuat SIM Internasional di Korlantas Polri di Jl. Letjen MT Haryono Kav. 37-38 Jakarta 12270, telp (+6221 7989702). Jika berada di Malaysia, Anda bisa mengajukan Lesen Kendaraan Malaysia (Driving License Malaysia) di Institut Mengemudi Malaysia (Malaysia Driving Institut). Silahkan hubungi Kantor Perwakilan RI di Malaysia terdekat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

6. Jaga Loyalitasi Tinggi saat Mengabdi sebagai Supir

pexels photo 1399287 - 6 Tips Menjadi Supir Pribadi yang Baik di Luar Negeri

Fenomena saat ini, loyalitas tinggi hanya dimiliki oleh sebagian supir pribadi. Zaman sekarang, loyalitas bukan lagi prioritas. Banyak sekali peluang dan godaan besar yang bertebaran di luar sana yang bisa mendorong Anda untuk resign. Tidak sedikit cerita supir yang semakin dipercaya oleh majikannya dengan diberikan bonus besar atau dianggap keluarga sendiri karena kesetiaannya yang tinggi. Loyalitas menjadi kunci kesuksesan Anda sebagai supir pribadi yang profesional dan disenangi majikan. 

Sebagai seorang pekerja migran di Malaysia, tentunya Anda akan membagi penghasilan Anda untuk mencukupi kebutuhan keluarga di Indonesia. Anda bisa langsung membayarkan tagihan rutin seperti PDAM, listrik, biaya pendidikan keluarga di Tanah Air dari Malaysia untuk mempermudah dalam mengatur keuangan. Segera unduh dan install aplikasi Qelola untuk menikmati kemudahan mengirim uang dan membayarkan tagihan bulanan rumah dari Malaysia! Anda hanya perlu menggunakan smartphone untuk mengelola keuangan, bertransaksi, dan memilih tabungan atau investasi jangka panjang. Mudah bukan? Dapatkan informasi lengkap tentang kehidupan di Malaysia pada website Qelola. Tunggu apalagi?

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,