Cara Mengelola Keuangan dari Gaji Bulanan dengan Cerdas

cara mengelola keuangan

Mendapatkan gaji di awal bulan bukan berarti Anda bisa menggunakannya untuk membeli berbagai hal. Rasa bahagia karena mendapatkan nominal yang besar tidak serta merta bisa menjadi alasan Anda diperbolehkan belanja dengan membabi buta. Karena jika hal tersebut terjadi, gaji Anda akan tandas pula di awal bulan tersebut. Agar kebutuhan Anda tetap terpenuhi hingga akhir bulan, cara mengelola keuangan yang baik mau tidak mau harus diterapkan. Cara mengelola keuangan ini mungkin sedikit merepotkan, namun Anda tidak akan menyesal jika melakukannya. Jika Anda mempunyai masalah dalam hal ini, berikut beberapa cara mengelola keuangan yang dapat Anda praktikkan.

Baca Juga: Mudah! Mengelola Keuangan saat Bekerja di Luar Negeri

EP 6 2 - Cara Mengelola Keuangan dari Gaji Bulanan dengan Cerdas

Buat Anggaran Bulanan

Langkah paling pertama untuk mengawali bulan setelah menerima gaji adalah membuat anggaran belanja selama sebulan ke depan. Bagi kebutuhan Anda ke dalam kategori, apakah kebutuhan primer, sekunder atau tersier. Buat patokan nominal dana yang akan digunakan untuk membelanjakan kebutuhan-kebutuhan tersebut. Anda dapat membuat patokan biaya ini berdasarkan belanja-belanja Anda sebelumnya. Namun apabila sebelumnya Anda melakukan pembelian secara sembarangan, usahakan mematok biaya lebih rendah daripada itu. Karena belanja tanpa rencana biasanya mengeluarkan uang yang tidak sedikit.

Buat Skala Prioritas

Setelah membagi kategori pengeluaran bulanan Anda, buatlah skala prioritas. Tentukan mana yang lebih diutamakan untuk dibeli dibandingkan lainnya. Karena masih banyak juga yang lebih memilih hal yang sekadar ingin dan dianggap lucu dibandingkan kebutuhan yang lebih mendesak. Dan ini yang membuat banyak sekali uang terbuang untuk sesuatu yang tidak penting.

Catat Setiap Pengeluaran

Kegiatan ini mungkin merepotkan namun mempunyai manfaat sangat banyak. Mencatat pengeluaran setiap harinya memang membutuhkan niat dan ketelatenan. Karena ketika mencatat pengeluaran, diharuskan membaut serinci mungkin, akan tetapi Anda tidak akan menyesal kemudian. Selain mengurangi pekerjaan Anda untuk mencatat di akhir bulan, menulis pengeluaran setiap harinya juga mempunyai banyak manfaat lain. Anda akan tahu detail belanja yang dilakukan sehingga tidak bingung apabila terdapat kehilangan sekecil apapun. Selain itu, Anda pun akan lebih berhati-hati dalam mengeluarkan uang.

Alokasikan Tabungan di Awal Bulan

Anda tidak akan tahu apa yang bisa terjadi di kemudian hari. Bisa saja sesuatu yang buruk terjadi dan membutuhkan uang yang cukup banyak untuk mengatasinya. Oleh karena itu mulai sekarang sisihkan sebagian gaji Anda untuk ditabung. Dan menabung ini harus dilakukan di awal bulan sebelum gaji dipakai untuk kebutuhan lainnya. Nominal yang ditabung bisa disesuaikan dengan keperluan Anda yang lain. Namun, akan lebih baik jika Anda menyisihkan uang tabungan dalam jumlah yang lumayan besar agar biaya pengeluaran pribadi bisa ditekan dan tidak dibelanjakan untuk yang tidak penting.

EP 6 4 - Cara Mengelola Keuangan dari Gaji Bulanan dengan Cerdas

Hindari Utang

Disarankan untuk menghindari utang atau bahkan tidak mengambil utang sama sekali. Jika Anda memang butuh mengambil utang, cek dahulu urgensi pengambilan utang tersebut. Apakah memang sangat dibutuhkan atau tidak? Dan jika memang dibutuhkan, pinjamlah dengan nominal yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan berutang hanya demi membeli barang-barang branded sementara biaya untuk hidup tidak tersisa. Dan perlu diingat bahwa jangan sampai cicilan utang lebih dari 30% gaji bulanan yang Anda terima. Jika tidak, maka bersiaplah pengaturan gaji bulanan Anda akan kacau.

Bayar Tagihan Segera

Selain menyisikan uang untuk ditabung, hal pertama lainnya yang dilakukan setelah menerima gaji adalah segera membayar tagihan. Mulai dari tagihan listrik, telepon, dan lain sebagainya. Selain itu bayar juga utang-utang Anda segera setelah mendapatkan gaji untuk menghindari utang menumpuk. Hal ini penting agar tidak mengganggu biaya kebutuhan sehari-hari.

Buat Dua Rekening

Jika perlu, buatlah dua rekening bank yang berbeda untuk berbagai keperluan Anda. Pergunakan salah satu rekening untuk alokasi kebutuhan dan rekening lainnya untuk tabungan. Untuk tabungan, pilihlah jenis rekening dengan biaya administrasi rendah. Ini agar uang tabungan Anda tidak habis hanya untuk membayar biaya administrasi dan potongan lainnya saja. Selain itu pilih pula rekening yang tidak menyediakan kartu ATM agar sulit diambil. Lakukan pemisahan ini setiap awal bulan dan anggap sebagai kewajiban yang harus Anda penuhi setiap bulannya.

Gunakan Aplikasi Finansial

Jika Anda masih bingung mengatur keuangan secara manual atau khawatir catatan tersebut akan hilang, kini Anda bisa memanfaatkan aplikasi finansial. Saat ini sudah banyak aplikasi finansial yang bisa diunduh secara gratis di smartphone Anda. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mencatat cashflow sehingga tidak perlu repot menuliskan secara manual di buku besar dan khawatir kehilangan data. Aplikasi ini akan mempermudah mencatat pemasukan dan pengeluaran, serta otomatis menghitung dan membuat estimasi pengelolaan gaji bulan depan. Kini mengelola gaji dengan bijak pun tidak lagi susah.

EP 6 3 - Cara Mengelola Keuangan dari Gaji Bulanan dengan Cerdas

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk mengatur keuangan Anda adalah Qelola. Qelola akan membantu Anda mengatur keuangan sesuai dengan kebutuhan baik itu kebutuhan sehari-hari, pembayaran tagihan serta tabungan, deposito, reksa dana, dan sebagainya. Keunggulan lainnya yang bisa didapatkan hanya dengan mengunduh satu aplikasi Qelola adalah fasilitas transfer uang ke luar negeri yang jauh lebih murah dan mudah. Ingin menikmati fitur-fiturnya? Unduh aplikasinya di sini!

 

Tags: , , , , , , , , ,