Sebelum Bekerja di Luar Negeri, Ketahui 6 Hal Penting Ini!

bekerja di luar negeri

Seringkali faktor gaji yang lebih tinggi di luar negeri dibandingkan dengan gaji di dalam negeri menjadi motivasi bagi para TKI untuk memutuskan bekerja di luar negeri. Mengejar gaji yang besar adalah hal yang wajar dilakukan oleh setiap orang untuk memperoleh kesejahteraan lebih. Komunikasi menjadi salah satu kunci utama sukses seseorang dapat kerja di luar negeri. Selain mempertimbangkan gaji layak dan mempelajari bahasa negara tujuan dalam berkomunikasi, ketahui beberapa hal penting sebelum berangkat. Check this out!

Persiapkan 6 Hal Berikut Sebelum Berangkat Bekerja di Luar Negeri

tenaga kerja indonesia 2 - Sebelum Bekerja di Luar Negeri, Ketahui 6 Hal Penting Ini!

1. Kenali Negara Tujuan Anda Bekerja

Saat bekerja di luar negeri, mau tidak mau Anda akan menetap bersama orang-orang asing yang baru Anda kenal di negara tersebut. Pelajari budaya-budaya yang berkembang di negara itu agar Anda tidak mengalami culture shock akibat perbedaan budaya. Pastikan Anda dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru nantinya. 

Perbanyak informasi terhadap lingkungan kerja dan tempat tinggal yang akan Anda huni. Misalnya, kemudahan akses transportasi publik, kemudahan komunikasi, fasilitas publik yang tersedia hingga cuaca di sana. Tak lupa, perkaya wawasan Anda tentang perusahaan tujuan sebagai nilai plus saat melakukan wawancara kelak.

2. Memiliki Niat dan Kemampuan Kerja Mumpuni

Niat saja tidak mencukupi untuk dapat meraih keberhasilan kerja di luar negeri. Pastikan kemampuan atau skill yang Anda miliki memadai dan cocok dengan spesifikasi pekerjaan. Tentu dua hal ini berpeluang besar untuk Anda diterima di perusahaan luar negeri impian Anda. Manfaatkan beberapa lembaga kursus atau balai latihan untuk mengasah kemampuan Anda. Saling berbagi pengalaman dan suka duka dengan orang yang berpengalaman kerja di luar negeri bisa menjadi keuntungan bagi Anda.

3. Melengkapi Semua Dokumen Asli

Dokumen sangat penting dipersiapkan sebelum berangkat bekerja ke luar negeri. Beberapa negara menerapkan sistem pengawasan yang begitu ketat terkait identitas pekerja yang berasal dari luar negeri. Dokumen-dokumen tersebut akan membantu dan mempermudah Anda dalam proses pendaftaran, jalur hukum, perlindungan, dan lain sebagainya. Berangkat tanpa visa dan paspor sangat berisiko besar. Anda akan dianggap pekerja migran gelap dan berurusan hukum dengan pihak keamanan luar negeri yang berbelit.

4. Siapkan Biaya Awal yang Cukup

Selanjutnya, hal tak kalah penting yang perlu Anda perhatikan adalah biaya awal ketika berada di luar negeri. Anda bekerja selama beberapa bulan bahkan tahun sesuai dengan perjanjian kerja. Untuk beberapa bulan pertama, Anda harus mempersiapkan biaya lebih untuk administrasi (visa, paspor, dan sebagainya), biaya hidup sehari-hari, dan biaya lainnya.

5. Kesiapan Fisik dan Mental yang Baik

Setiap pekerja harus memiliki fisik dan mental yang baik apabila ingin bekerja di luar negeri. Kesehatan menjadi modal utama untuk mendukung produktivitas Anda. Pastikan Anda mengenali informasi seputar negara tujuan untuk menjaga kesiapan fisik dan ketahanan mental Anda selama bekerja di negeri orang.

6. Izin dari Keluarga Tercinta

Komponen utama yang harus dipenuhi ketika akan bekerja di luar negeri adalah izin dari keluarga. Faktor ini terbukti memiliki pengaruh yang cukup besar bagi kesuksesan dan keberhasilan Anda berkarir di sana. Lakukan diskusi terbuka dengan keluarga Anda melalui berbagai pertimbangan yang ada. Pilihan bekerja di luar negeri bukanlah suatu keputusan yang mudah. Keluarga membutuhkan waktu untuk menyetujui dan mendukung penuh keputusan yang Anda pilih.

Malaysia, Salah Satu Negara Favorit TKI di Luar Negeri

pexels photo 1625603 - Sebelum Bekerja di Luar Negeri, Ketahui 6 Hal Penting Ini!

Bekerja di Malaysia menjadi salah satu alternatif yang dipilih untuk mengubah kehidupan menjadi lebih baik lagi. Malaysia menjadi tujuan yang tepat apabila Anda memilih untuk hidup di negara dengan kebudayaan tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Tidak sedikit warga negara Indonesia merantau ke luar negeri dengan menjadi Tenaga Kerja Indonesia atau lazim disebut dengan TKI. Hingga saat ini, Indonesia menjadi negara pemasok tenaga kerja terbesar untuk Malaysia. Tenaga Kerja Indonesia di Malaysia mencapai 120.000 jiwa yang terbagi dalam bidang profesional maupun domestik. Lowongan kerja di Malaysia menjadi pencarian utama bagi para calon TKI. Setelah mendapat informasi lowongan pekerjaan yang diinginkan, biasanya para TKI akan mendaftarkan diri di PJTKI resmi Malaysia untuk mendapatkan izin bekerja. 

Bagaimana upah minimum yang berlaku di negara Malaysia? Apakah besaran upah/gaji yang diperoleh para pekerja sama dengan gaji kerja di Indonesia? Rupanya rata-rata gaji minimal yang diterima para pekerja di Malaysia sebesar RM1050 atau senilai Rp3.885.000. Gaji rata-rata untuk pekerja profesional di Malaysia dimulai dari RM3.000 atau sekitar Rp10.000.000. Ketentuan ini didasarkan kepada perolehan izin masuk Malaysia sebagai pekerja (Employment Pass) minimal penghasilan adalah RM3.000 dan tak luput dari pengenaan pajak. Oleh karena itu, alangkah baiknya Anda bertanya kepada agensi, kantor perwakilan atau BNP2TKI mengenai ketentuan pajak penghasilan. Meskipun gaji kerja di Malaysia lebih tinggi, namun bisa dibilang biaya hidup di Malaysia lebih mahal dibanding dengan Indonesia.

Komunikasi Lancar, Kerja Jadi Lancar

Kunci keberhasilan bekerja di Malaysia adalah komunikasi yang lancar. Untuk kelancaran komunikasi saat bekerja di Malaysia, penting bagi Anda untuk mempelajari bahasa Malaysia. Hafalkan beberapa kosakata bahasa Malaysia yang tidak jauh berbeda dengan kosakata bahasa Indonesia. Dibutuhkan waktu yang tidak lama bagi Anda untuk bisa menguasai bahasa yang digunakan orang-orang Malaysia ini. Meskipun terdapat beberapa kata yang memiliki makna berbeda dan seringkali membingungkan. Kelola keuangan secara mandiri saat bekerja di luar negeri dengan menggunakan aplikasi Qelola. Qelola adalah dompet elektronik (e-wallet) terpercaya yang menyediakan layanan multi-billing tagihan bulanan dan layanan kirim uang dari luar negeri secara mudah dan murah. Unduh dan install aplikasi Qelola secara GRATIS melalui smartphone Anda sekarang juga. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini. 

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,