Cara Mengatur Gaji TKI Melalui 4 Investasi Aman Berikut Ini!

cara mengatur gaji

Cara mengatur gaji salah satunya melalui investasi sangat diperlukan oleh TKI agar gaji yang didapatkan dapat dialokasikan dengan baik. Banyak TKI yang dibayar lebih dari cukup saat bekerja namun tidak memiliki tabungan dan kehidupan yang sejahtera setelah pulang ke kampung halamannya. Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan mengenai pentingnya mengatur gaji seperti menabung dan investasi untuk masa depan. Umumnya, para TKI hanya memprioritaskan kebutuhan keluarga yang terkadang bukan menjadi kebutuhan yang penting. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mulai mengalokasikan dana ke tabungan dan investasi masa depan.

Investasi tersebut dapat berguna untuk tabungan masa tua, dana pendidikan anak, dan tujuan keuangan lainnya. Hal ini dilakukan agar suatu waktu, ketika kontrak kerja TKI habis, Anda tidak perlu mengkhawatirkan masa pensiun nantinya. Berikut adalah 4 bentuk investasi aman yang bisa Anda coba sebagai cara untuk mengatur gaji dan mewujudkan tujuan keuangan Anda.

1. Investasi dalam Surat Utang Negara (SUN)

rsz suratpct2butangpct2bnegara - Cara Mengatur Gaji TKI Melalui 4 Investasi Aman Berikut Ini!

Sumber: www.sahamonline.id

Surat Utang Negara atau SUN merupakan surat berharga berupa surat pengakuan utang dalam mata uang rupiah yang dijamin oleh pemerintah untuk pembayaran bunga dan pokoknya, sesuai masa berlaku. Dana yang didapatkan dari SUN digunakan untuk pembangunan negara. Melalui Surat Utang Negara, Anda sebagai TKI tak hanya membantu pembangunan negara, hal ini juga bisa menjadi alternatif cara mengatur gaji melalui investasi. Sebab, Anda masih tetap mendapatkan return dana atas investasi yang Anda lakukan di SUN dengan risiko yang sangat minim.

Harga beli Surat Utang Negara ini biasanya dimulai dari nominal sebesar Rp1.000.000. Dengan membeli surat tersebut, Anda bisa memiliki pilihan investasi dalam Obligasi Ritel Indonesia (ORI) atau Obligasi Syariah (SUKUK). Untuk mempelajari lebih lanjut tentang investasi Surat Utang Negara Anda bisa mendapatkan informasi melalui Direktorat Surat Utang Negara atau Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

2. Investasi P2P Lending

realtor client shaking hands agreement 23 2147764169 - Cara Mengatur Gaji TKI Melalui 4 Investasi Aman Berikut Ini!

P2P Lending atau Peer to Peer Lending adalah sarana untuk menghubungkan antara pemberi pinjaman (investor) dengan peminjam secara online. Jadi, bisa dikatakan P2P Lending adalah marketplace untuk kegiatan pinjam meminjam. Saat Anda menanamkan modal atau investasi di sarana ini, Anda akan mendapatkan suku bunga pinjaman yang memiliki nilai signifikan dan lebih menguntungkan. Namun, ada kemungkinan apa yang Anda investasikan lenyap jika pihak peminjam gagal bayar. Tenang saja, hal ini sudah diatasi oleh pihak P2P Lending dengan memberikan jaminan keamanan dana kepada pihak investor. Tak hanya menyimpan uang, cara mengatur gaji TKI melalui cara ini bisa membuat investasi Anda lebih menguntungkan.

3. Investasi Saham

stack money coin with trading graph 1150 17752 - Cara Mengatur Gaji TKI Melalui 4 Investasi Aman Berikut Ini!

Saham merupakan surat berharga yang menunjukkan bagian kepemilikan atas suatu perusahaan. Investasi melalui saham sangat diminati karena sifat likuiditas yang tinggi. Selain mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga saham atau capital gain, cara mengatur gaji TKI melalui cara ini bisa memungkinkan Anda mendapatkan bagian dari keuntungan yang diperoleh perusahaan setiap tahunnya, atau biasa disebut dividen.

Investasi saham yang tepat dan dilakukan dalam jangka panjang akan membuat Anda mendapatkan keuntungan dan dividen yang lebih tinggi dibandingkan bentuk investasi lainnya. Namun, sebelum memulai berinvestasi saham, ada baiknya Anda mempelajari lebih lanjut tentang saham melalui video, website, atau platform yang menjelaskan terkait hal itu. Hal itu bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya kerugian yang kerap dialami oleh para investor.

4. Investasi Melalui Reksa Dana

coin stacks near jar coins 23 2148285262 - Cara Mengatur Gaji TKI Melalui 4 Investasi Aman Berikut Ini!

Reksa dana adalah alternatif bentuk investasi bagi para TKI karena mudah dilakukan. Investasi ini cocok bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi yang Anda berikan. Pada reksa dana pasar uang, manajemen investasi akan mengalokasikan dananya pada instrumen jangka pendek seperti obligasi atau deposito bank. Investasi ini dianggap bentuk investasi yang paling aman dan memiliki risiko sangat kecil.

Sistem investasinya pun mudah, Anda bisa membeli reksa dana sesuai nominal yang Anda inginkan seperti saat menabung, lalu menjualnya jika perlu seperti menarik tabungan di bank pada umumnya. Tak hanya itu, reksa dana juga menjadi produk investasi yang bebas pajak sehingga memberikan keuntungan lebih untuk Anda. Saat ini banyak e-commerce dan bank-bank nasional yang menyediakan investasi ini untuk mempermudah Anda berinvestasi. Layanan investasi reksa dana yang resmi dan terpercaya biasanya telah diakui oleh PT. Bareksa dan Bank Indonesia.

Cara mengatur gaji TKI agar bisa dialokasikan di instrumen yang tepat untuk mempersiapkan dana di masa depan salah satunya adalah melalui investasi di pasar modal. Berbagai bentuk investasi di atas bisa Anda coba untuk memastikan kesejahteraan Anda di masa pensiun. Pastikan layanan keuangan yang Anda pilih memudahkan Anda dalam melakukan investasi, termasuk melakukan pengiriman uang dan membayar tagihan. Bagi Anda yang bekerja sebagai TKI di Malaysia, Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola sebagai layanan keuangan yang aman dan terpercaya.

Cukup dengan terdaftar di aplikasi Qelola, Anda bisa melakukan transfer uang secara mudah kapan saja dan di mana saja. Qelola menawarkan layanan yang beragam, seperti e-wallet, transfer uang, dan layanan multi-billing untuk mendukung investasi dan tujuan keuangan Anda. Qelola juga memiliki pos pengeluaran sehingga uang dapat dialokasikan maksimal sesuai kebutuhan dan rencana keuangan keluarga. Yuk, segera unduh aplikasi Qelola dan nikmati kemudahannya sekarang juga.

Tags: , , , , , ,