Masih Bingung? Begini Cara Mengisi Token Listrik yang Sudah Mati

Cara Mengisi Token Listrik

Bagi Anda yang tidak mengetahui mengenai jenis listrik token, tentunya akan merasa bingung dan khawatir ketika pulsanya habis sehingga aliran listriknya mati. Pada dasarnya, cara mengisi token listrik yang sudah mati bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa menghidupkan listriknya kembali. Untuk melakukan pengecekan listrik pada token yang mati, berikut ini informasi lengkapnya.

Baca juga: Begini Cara Cek Tagihan Listrik Pascabayar, Gampang!

Tanda Meteran Listrik Mati 

Cara Mengisi Token Listrik 1 - Masih Bingung? Begini Cara Mengisi Token Listrik yang Sudah Mati

Ternyata, meteran listrik yang mati bukan hanya disebabkan oleh habisnya pulsa token saja. Tetapi hal tersebut juga bisa menandakan bahwa meteran listrik Anda mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut bisa saja ditimbulkan dan disebabkan oleh beberapa faktor. Apabila Anda belum mengetahui bagaimana tanda dari meteran listrik token yang mati atau rusak, simak penjelasan berikut: 

1. MCB kWh Rusak

Biasanya meteran listrik token mati disebabkan karena bagian MCB (Miniature Circuit Breaker) kWh-nya sudah rusak. MCB ini memang tidak mampu bertahan lama karena MCB ini mempunyai usia pemakaian tertentu. Apabila penyebab dari token listrik yang mati akibat MCB kWh rusak, maka Anda harus segera menggantinya dengan yang baru. Untuk proses penggantian tidak bisa Anda lakukan sembarangan. Anda harus menghubungi petugas dari PLN resmi terlebih dahulu untuk meminta izin per penggantian MCB kWh baru.

2. Mengecek MCB kWh Meter

Jika posisi dari kWh meter menyala namun kondisi MCB mati, maka Anda dapat menyalakan MCB kembali. Namun apabila Anda sudah menyalakannya kemudian MCB mati kembali, maka kemungkinannya adalah beban listrik yang ada di rumah Anda terlalu tinggi. Sehingga Anda harus mengurangi pemakaian listrik yang ada di rumah seperti mematikan AC, kulkas, mesin cuci, dan perangkat elektronik lainnya yang membutuhkan daya listrik cukup besar.

3. Melihat Bagian Layar kWh Meter

Kerusakan yang terjadi pada meteran listrik juga bisa diatasi dengan melakukan pengecekan. Caranya adalah melihat bagian lampu indikator atau layar yang terdapat pada kWh meter token. Apabila listrik PLN sedang mati, maka untuk seluruh lampu indikator beserta layarnya juga akan ikut mati. Sementara apabila lampu indikator menyala dan layar mati, maka kemungkinannya adalah beban terlalu berlebihan atau bisa saja terkena petir. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menghubungi pihak PLN.

Cara Menghidupkan Meteran Listrik

Cara Mengisi Token Listrik 2 - Masih Bingung? Begini Cara Mengisi Token Listrik yang Sudah Mati

Jika Anda sudah mengetahui penyebab dari meteran listrik yang mati atau mengalami kerusakan, maka untuk langkah selanjutnya Anda dapat mengetahui tata cara dalam menghidupkan meteran listrik yang sudah mati. Meskipun hal ini tidak mudah untuk dilakukan, namun setidaknya informasi berikut ini akan membantu Anda supaya lebih mengenal dunia kelistrikan. Berikut ini langkah mudah yang bisa Anda perhatikan:

  1. Langkah pertama adalah Anda perlu mendiamkan meteran terlebih dahulu dalam waktu yang tidak terlalu lama, yaitu hanya beberapa detik saja. Pada umumnya, listrik rumah yang tiba-tiba mati disebabkan oleh posisi saklar MCB yang berada pada posisi OFF. Setelah mendiamkannya terlebih dahulu, maka Anda dapat memindahkan posisi MCB pada posisi ON.
  2. Apabila Anda sudah memindahkan posisi MCB ke posisi ON tapi kembali pada posisi OFF, maka Anda dapat melepaskan seluruh beban listrik yang ada di rumah. Atau Anda dapat mematikan beberapa perangkat elektronik yang tersambung pada saklar. Jika sudah, maka Anda dapat memindahkan MCB pada posisi ON lagi. Anda dapat menggunakan token listrik rahasia agar Anda bisa mengetahui jumlah meteran listrik token yang ada di rumah apakah kelebihan beban ataupun tidak.
  3. Sementara jika meteran listrik mati disebabkan karena pulsa listrik Anda habis, maka solusinya adalah dengan melakukan pengisian pulsa.

Cara Memasukkan Token Listrik

Cara Mengisi Token Listrik 3 - Masih Bingung? Begini Cara Mengisi Token Listrik yang Sudah Mati

Berikut ini beberapa langkah cara mengisi token listrik pada meteran prabayar yang sudah mati, yaitu:

  • Langkah pertama, Anda dapat melakukan pembelian pulsa listrik terlebih dahulu. Sangat disarankan untuk membeli nominal yang paling rendah terlebih dahulu yaitu Rp20.000.
  • Apabila Anda sudah melakukan pembelian, maka Anda akan mendapatkan token yang berjumlah 20 digit. Untuk jumlah 20 digit tersebut, Anda dapat memasukkannya ke bagian token listrik secara berhati-hati agar Anda tidak melakukan kesalahan.
  • Jika 20 digit nomor tersebut sudah Anda masukan dengan benar, maka secara otomatis listrik Anda akan hidup kembali.
  • Namun, apabila listrik belum menyala juga berarti ada kemungkinan Anda salah dalam memasukkan 20 digit nomor token tersebut. Anda dapat mencobanya lagi.
  • Jika Anda sudah memasukkan nomor token tersebut lebih dari dua kali dan listrik tidak nyala juga, maka sebaiknya Anda berhenti untuk memasukkan nomor. Karena dapat menimbulkan hal yang fatal yaitu nomor token dapat terblokir. Untuk itu, solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menghubungi pihak PLN.

Sebagian orang bisa saja lupa untuk mengisi token listrik, sehingga membuat meteran listrik menjadi mati. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya Anda mencari tempat pembelian token listrik yang murah dan terpercaya. Salah satunya adalah aplikasi Qelola. Aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang sedang berada di Malaysia tapi masih harus bayar tagihan ini-itu termasuk beli token listrik untuk keluarga di tanah air. Coba Qelola sekarang untuk menikmati berbagai fitur dan kemudahannya. Unduh di Google Play atau App Store ya!

Tags: , , , , , ,