8 Aplikasi CV Terbaik 2020 di Android dan iOS

curriculum vitae

Ketika Anda siap untuk mendaftar pekerjaan sebagai TKI di luar negeri terutama di Malaysia, maka Anda perlu membuat resume yang baik dan aktual. Saat melamar pekerjaan di luar negeri, Anda harus mempertimbangkan persyaratan spesifik yang diminta negara tujuan Anda. Hal ini termasuk status pernikahan dan jumlah anak serta persyaratan dari negara tujuan lainnya. Di Eropa resume disebut CV atau curriculum vitae. Saat ini Anda bisa membuat sebuah CV secara mudah melalui produk aplikasi CV yang  banyak tersedia di internet.

Mengapa membuat CV itu penting, bahkan bagi seorang TKI yang akan berangkat ke luar negeri? Berikut alasannya:

  1. Menunjukan kesan pertama.
  2. Memperlihatkan profesionalitas.
  3. Untuk menarik perhatian calon pemberi kerja.
  4. Dapat menjelaskan diri Anda secara singkat.
  5. Untuk menonjolkan kemampuan Anda.

Setiap orang tentu mempunyai kelebihan dan kelemahan, untuk itu tulislah kemampuan Anda dengan jujur tapi jangan terlalu berlebihan. CV yang baik bisa membuat Anda menemukan pekerjaan yang baik.

8 Aplikasi CV Terbaik di Android dan iOS

1. Canva

1 98e25470145b040d2e2a10fd1e069378 - 8 Aplikasi CV Terbaik 2020 di Android dan iOS

Aplikasi Canva bisa Anda akses melalui smartphone Android ataupun iOS. Aplikasi ini menyediakan banyak desain template CV kreatif dengan beragam tema sehingga dijamin CV Anda akan terlihat lebih bagus dan sesuai dengan segala macam kebutuhan Anda. Anda bisa memilih bermacam template dari yang sederhana, berwarna, sampai CV untuk urusan bisnis yang harus terlihat profesional. Selain berbayar juga banyak template yang disediakan secara gratis di sini.

2. CV Engineer

CV Engineer memiliki cara penggunaan yang cukup berbeda dari aplikasi CV lainnya. Alih-alih memilih template terlebih dahulu, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengisi data diri. Mulai dari nama, keterampilan, minat, referensi, pendidikan, dan lain-lain. Setelah memasukkan data, CV Engineer akan menyatukan semua untuk Anda dalam sebuah tampilan. Barulah kemudian Anda bisa menyesuaikan tampilan seperti yang Anda mau.

3. Easy Resume Builder

easy resume builder b4aa8 - 8 Aplikasi CV Terbaik 2020 di Android dan iOS

Bagi Anda yang baru memiliki sebuah aplikasi pembuatan CV maka Easy Resume Builder ini akan sangat membantu karena mudah untuk dioperasikan. Seperti Canva, Easy Resume Builder memiliki berbagai template yang bisa Anda gunakan. Pengguna tinggal mengganti isian data pribadi yang dibutuhkan. Setelahnya CV dapat diunduh dalam format PDF atau langsung dibagikan melalui email.

4. Resume Star

Aplikasi Terbaik untuk Membuat CV di Android dan iOS Resume Star - 8 Aplikasi CV Terbaik 2020 di Android dan iOS

Dengan menggunakan Resume Star Anda bisa membuat resume sebanyak mungkin dengan 10 contoh draft profesional yang bisa di jadikan sumber inspirasi. Anda juga bisa mengekspor CV Anda ke layanan penyimpanan seperti Dropbox. Format file CV di Resume Star sendiri adalah PDF dan Anda juga bisa langsung membagikan CV Anda lewat email. Kelebihan lain dari aplikasi CV ini juga menyediakan fitur spell check untuk menghindari kesalahan pada penulisan CV Anda.

5. CV Maker Resume Builder PDF

Aplikasi CV ini mengklaim bisa membuat resume dengan menarik hanya dalam waktu singkat. CV Maker Resume Builder dilengkapi dengan lebih dari 100 templatefont, bahasa, hingga berbagai gambar yang bisa digunakan. Hebatnya lagi, Anda juga bisa menambahkan tanda tangan di akhir CV jika ingin terlihat lebih profesional. Tidak hanya itu, aplikasi ini menyediakan 250 template cover letter yang bisa Anda pakai mengiringi CV yang sudah kamu buat. Dengan begitu, perusahaan akan melihat bahwa kamu serius untuk mendapatkan pekerjaan.

6. Free Resume Maker

Aplikasi CV Free Resume Maker menyediakan lebih dari 50 template resume gratis yang cocok untuk berbagai pekerjaan termasuk Anda yang akan mendaftar menjadi TKI. Bukan hanya menyediakan cukup banyak template CV saja, aplikasi ini juga memberikan panduan mengenai cara pembuatannya sehingga tidak akan membuat bingung penggunanya. Menariknya, meskipun aplikasi ini gratis untuk di download tapi menawarkan tampilan bebas iklan lho. Kamu juga bisa mendownload hasil CV yang telah dibuat dalam format PDF.

7. Pathsource Resume

2019 11 10 03 24 22 - 8 Aplikasi CV Terbaik 2020 di Android dan iOS

Pathsource Resume adalah aplikasi pembuatan CV yang mendapatkan rating sangat baik di App Store. Anda bisa memilah-milah berbagai desain yang temanya disesuaikan dengan berbagai pekerjaan. Pathsource juga menyediakan evaluasi CV dari profesional. Dengan begitu, tidak ada lagi kesalahan ketik, inkonsistensi, dan masalah lain yang bisa menyulitkan Anda dalam melamar kerja.

8. Resumaker

resumaker 9541f - 8 Aplikasi CV Terbaik 2020 di Android dan iOS

Menyediakan sebanyak 75 pilihan template CV terbaik, aplikasi Resumaker juga memberikan berbagai pilihan format mulai dari yang sederhana hingga yang modern dengan penuh gaya juga warna. Tak hanya itu, Anda juga bisa melakukan spesialisasi untuk membuat CV yang sesuai dengan selera pribadi dan mendownloadnya dalam format PDF. Semua fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini bisa Anda nikmati secara gratis dan hanya membutuhkan koneksi internet saja.

Setelah mengetahui 8 aplikasi CV yang bisa Anda dapatkan secara gratis di atas, tentunya saat ini Anda tidak akan kesulitan untuk membuat resume jika akan menjadi TKI. Satu hal yang harus Anda ketahui, jika nanti telah berhasil menjadi TKI dan mendapat gaji maka jangan lupa untuk memasang aplikasi lain dalam smartphone Anda.

Adapun Aplikasi  lain yang harus Anda install selain aplikasi CV tersebut adalah aplikasi keuangan Qelola. Aplikasi Qelola akan membantu Anda untuk mempermudah melakukan transfer antar negara, membayar tagihan secara langsung di Indonesia dengan biaya murah.

Bagaimana cara menikmati layanan tersebut? Cukup mudah, Anda hanya perlu mendownload aplikasi Qelola melalui Playstore di ponsel. Setelah terpasang di ponsel, lakukan registrasi nomor dan login ke akun Qelola. Jika sudah berhasil Anda bisa melakukan top up saldo untuk selanjutnya bisa melakukan berbagai transaksi langsung dari HP. Tunggu apalagi, segera download aplikasi Qelola dan rasakan kemudahan kirim-kirim uang dari mana saja dan kapan saja.

Tags: , , , , , , , , ,