7 Cara Hidup Hemat dan Sehat Selama Kerja di Luar Negeri

cara hidup hemat

Malaysia termasuk negara yang cukup maju di Kawasan Asia Tenggara. Terlebih kebudayaan dan keadaan geografis yang tidak jauh berbeda dengan Indonesia dinilai menguntungkan. Hal ini membuat sebagian besar masyarakat Indonesia memilih Malaysia sebagai salah satu alternatif tujuan untuk bekerja di luar negeri. Bagi para TKI, sangat perlu untuk mengelola keuangan dari gaji yang diperoleh selama bekerja di Malaysia. Dengan diawali menerapkan cara hidup hemat, keuangan Anda akan terkelola dengan baik dan berkelanjutan. Simak cara hidup hemat selama berada di luar negeri berikut ini.

1. Kebutuhan Pokok sebagai Prioritas

Hal pertama yang dilakukan saat akan mengelola keuangan adalah mencatat semua kebutuhan Anda sehari-hari. Buatlah skala prioritas dengan menyesuaikan kebutuhan paling penting dan pokok. Anda harus mengetahui kebutuhan yang wajib Anda penuhi dan dahulukan. Misalnya utamakan kebutuhan bulanan, seperti makan, sewa tempat tinggal, membayar berbagai tagihan, dan kebutuhan pokok lainnya. Lakukan belanja bulanan sekaligus sekali dalam satu bulan. Usahakan hilangkan perilaku konsumtif dan boros dalam memenuhi kebutuhan yang sebenarnya tidak begitu dibutuhkan. Hal ini akan membantu mengamankan keuangan Anda di kemudian hari apabila ada kebutuhan tidak terduga lainnya.

Buatlah anggaran yang berisi pengeluaran Anda dalam sebulan secara konsisten. Pembuatan anggaran bulanan ini merupakan cara yang tepat dan cermat dalam membuat daftar kebutuhan yang dibutuhkan setiap bulannya. Tak lupa sisihkan uang untuk kebutuhan tidak terduga dan pastikan keuangan Anda cukup untuk sebulan kedepan. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya kesulitan akibat mengalami defisit keuangan. Selalu diingat Anda harus mematuhi anggaran yang telah Anda buat.

2. Jaga Kesehatan dan Daftar Polis Asuransi Kesehatan

Untitled design 2 - 7 Cara Hidup Hemat dan Sehat Selama Kerja di Luar Negeri

 

Salah satu cara hidup hemat selanjutnya adalah dengan senantiasa menjaga kesehatan. Apa hubungan kesehatan dengan pola hidup hemat? Pola hidup sehat akan mencegah Anda terkena penyakit yang akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Jumlah pengeluaran yang besar untuk berobat bisa menjadi lebih besar daripada pendapatan. Pertimbangkan memiliki asuransi kesehatan untuk melindungi Anda selama hidup di luar negeri. Tentu hal ini akan membantu dan meringankan beban apabila suatu saat Anda mengalami sakit. Anda akan mendapatkan perawatan kesehatan yang memadai meskipun tidak seluruh biaya dapat ditanggung oleh asuransi.

3. Cari Pendapatan Tambahan dengan Pekerjaan Sampingan

Apabila Anda menginginkan pemasukan lebih, coba cari pekerjaan sampingan atau side job yang bisa Anda kerjakan. Anda bisa mencari pendapatan tambahan dengan bekerja paruh waktu dan disarankan bisa dikerjakan di mana saja (remote working). Atur waktu dengan baik dan Anda harus pastikan pekerjaan sampingan tersebut diperbolehkan dan tidak mengganggu pekerjaan utama Anda.

4. Manfaatkan Remittance Jika Tinggal Cukup Lama

Bekerja di luar negeri tentu memakan waktu yang tidak sebentar. Anda tidak mungkin bisa mengambil uang dalam jumlah besar untuk kebutuhan beberapa bulan secara sekaligus. Jika Anda mengambil uang secara rutin dalam jangka waktu berdekatan, biaya penarikan dan biaya conversion rate-nya bisa cukup besar.

Solusi untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan jasa remittance atau transfer yang ke luar negeri, seperti Western Union atau MoneyGram. Caranya Anda cukup mengirim uang secara online dan menunjukkan buku identitas ketika mengambil lewat kantor pelayanan remittance. Pemanfaatan remittance ini cukup efektif meskipun membutuhkan waktu, uang akan sampai dengan biaya pengiriman yang kecil dan nilai tukar yang bagus.

5. Membuat Tabungan Khusus dan Investasi

business money pink coins - 7 Cara Hidup Hemat dan Sehat Selama Kerja di Luar Negeri

 

Tidak ada salahnya Anda membuat tabungan khusus untuk membeli barang yang mungkin Anda inginkan. Pisahkan antara tabungan khusus untuk memenuhi keinginan dan tabungan untuk investasi jangka panjang. Kunci sukses menabung adalah Anda harus bisa menahan diri dan tidak tergoda untuk menghamburkan uang. Menabung merupakan suatu hal yang mudah apabila ada kemauan dan konsistensi. Ingat kan  kata pepatah “Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit”.

Sekarang ini, banyak sekali produk investasi yang tersedia yang bisa Anda pilih. Mulai dari deposito, investasi emas, reksadana, tanah, dan sebagainya. Saat berinvestasi, pantau investasi secara rutin agar keuntungan yang diperoleh dapat optimal. Anda tetap harus berhati-hati dalam memilih produk investasi agar tidak menyesal di kemudian hari.

6. Paket Liburan Murah

Setiap orang pasti membutuhkan liburan untuk sekedar melepas kepenatan bekerja. Perhatikan bahwa Anda tidak perlu berlibur dengan pengeluaran fantastis. Ingatlah bahwa tujuan liburan untuk refresh dari rutinitas kerja bukan untuk menambah beban dan masalah keuangan. Anda bisa berhemat ketika akan liburan dengan membeli tiket penerbangan dengan harga promo dan penginapan murah serta nyaman. Liburan di Malaysia menjadi pilihan tepat karena banyak rekomendasi destinasi wisata menarik ketika Anda bekerja di Malaysia.

7. Jaga Komitmen dalam Mengelola Keuangan

Poin terpenting dalam hal mengelola keuangan adalah komitmen dengan segala yang sudah direncanakan sejak awal. Hal ini menjadi keharusan terutama bagi Anda yang akan tinggal di luar negeri. Landasi komitmen dan disiplin yang kokoh untuk diri Anda agar bisa bertahan hidup di luar negeri dengan mengamankan keuangan. Prinsip dalam mengelola keuangan adalah “Mendahulukan kebutuhan sebelum keinginan”. Selain itu, jaga kesehatan juga sangat penting untuk produktivitas sehari-hari. Jangan sampai karena menerapkan cara hidup hemat secara berlebihan, Anda jadi kekurangan gizi dan mudah sakit. Bangun hidup hemat dan sehat selama bekerja di luar negeri.

Pastikan Anda dapat secara bijak mengelola keuangan dengan menerapkan cara hidup hemat dan sehat. Jangan lupa untuk selalu menyisihkan sebagian penghasilan Anda untuk mengisi tabungan masa depan. Sebagai seorang pekerja migran di Malaysia, tentunya Anda akan membagi penghasilan Anda untuk mencukupi kebutuhan keluarga di Indonesia. Anda bisa langsung membayarkan tagihan rutin seperti PDAM, listrik, biaya pendidikan keluarga di Tanah Air dari Malaysia untuk mempermudah dalam mengatur keuangan. Segera unduh dan install aplikasi Qelola untuk menikmati kemudahan mengirim uang dan membayarkan tagihan bulanan rumah dari Malaysia! Anda hanya perlu menggunakan smartphone untuk mengelola keuangan, bertransaksi, dan memilih tabungan atau investasi. Mudah bukan? Dapatkan informasi lengkap tentang kehidupan di Malaysia pada website Qelola. Tunggu apalagi?

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,