Tradisi Perayaan Hari Raya Idul Fitri, Bikin Rindu Kampung Halaman

idul fitri

Lebaran merupakan istilah yang sangat akrab oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia. Momen di Hari Raya Idul Fitri yang merupakan salah satu hari perayaan umat muslim ini memang menjadi hari yang paling meriah. Ada beberapa tradisi khas yang hanya dilaksanakan saat Lebaran. Tidak hanya bersilaturahmi, tetapi juga ada sederetan kegiatan yang unik dan meriah, terutama di Indonesia. Tradisi tersebut seringkali membuat rindu kampung halaman, apalagi bagi Anda yang berada di luar daerah bahkan di luar negeri untuk merantau. Karena pada momen itulah seluruh keluarga berkumpul dan bersuka cita. 

Baca juga: Begini Cara Melakukan Pengiriman Uang ke Luar Negeri yang Aman

Tradisi Unik Perayaan Hari Raya Idul Fitri

idul fitri 1 - Tradisi Perayaan Hari Raya Idul Fitri, Bikin Rindu Kampung Halaman

Tradisi Hari Raya Idul Fitri bisa jadi berbeda di setiap daerahnya. Namun ada beberapa tradisi yang meluas dan dilakukan di seluruh Nusantara. Nah, berikut ini ada beberapa ulasan tentang apa saja tradisi Hari Raya Idul Fitri di Indonesia yang bisa mengobati kerinduan Anda dengan kampung halaman.

  1. Tradisi Lebaran di Indonesia yang paling fenomenal adalah mudik. Mudik adalah kegiatan para perantau untuk kembali ke kampung halamannya beberapa hari sebelum Lebaran. Transportasi yang biasanya digunakan untuk mudik dapat berupa pesawat terbang, kereta api, kapal laut, bus, dan kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor. Bahkan ada beberapa transportasi seperti truk atau bajaj juga kerap dijadikan transportasi alternatif untuk mudik.
  2. Selain sebagai bentuk amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah, mengumandangkan takbir juga telah menjadi sebuah tradisi tersendiri di berbagai negara termasuk Indonesia. Pada malam Idul Fitri, seluruh umat Muslim di Indonesia biasanya tumpah ruah ke jalan atau masjid untuk mengumandangkan takbir. Takbiran juga biasa dilakukan secara keliling oleh masyarakat. Kegiatan tersebut juga biasanya diiringi dan dimeriahkan oleh tabuhan bedug yang begitu khas. 
  3. Halal bi halal juga menjadi tradisi yang tidak terpisahkan saat Lebaran. Makna dari halal bi halal itu sendiri adalah kekusutan, kekeruhan atau kesalahan yang selama ini dilakukan dapat dihalalkan kembali. Artinya, semua kesalahan akan melebur, hilang, dan kembali suci seperti sedia kala. Pada momen ini juga seringkali dilakukan tradisi sungkem pada orang yang lebih tua. Tradisi ini berasal dari budaya tanah Jawa, yang menggambarkan bakti kasih dari anak kepada orangtuanya.
  4. Ketupat adalah hidangan khas yang juga menjadi tradisi di saat Lebaran. Dalam istilah Jawa, ketupat diartikan dengan ngaku lepat alias mengakui kesalahan. Bentuk segi empat dari ketupat mempunyai makna kiblat papat lima pancer yang berarti empat arah mata angin dan satu pusat yaitu arah jalan hidup manusia.

Tips Saat Tidak Bisa Mudik Lebaran

idul fitri 2 - Tradisi Perayaan Hari Raya Idul Fitri, Bikin Rindu Kampung Halaman

Sayangnya, tidak semua orang cukup beruntung untuk kembali ke kampung halaman saat Lebaran tiba. Penyebabnya bisa berbagai macam, seperti minimnya dana sehingga memilih untuk tidak mudik, kehabisan tiket pesawat, dan lain sebagainya. Jika ada beberapa di antara Anda yang merasa demikian, berikut ini ada beberapa cara alternatif yang dapat Anda lakukan saat tidak bisa mudik Lebaran.

  1. Staycation atau berlibur di tempat Anda berada. Anda dapat memanfaatkan kesempatan tidak bisa mudik untuk mengeksplor tempat-tempat wisata di sekitar Anda, yang biasanya seringkali belum sempat dikunjungi karena terlalu sibuk pada hari-hari biasa. Keuntungan utamanya, Anda tidak perlu memesan tiket ke luar kota atau memesan kamar hotel sebab semua tempat dapat dikunjungi hanya dengan kendaraan pribadi, atau menggunakan transportasi umum yang ada.
  2. Menekuni hobi yang sudah lama terkesampingkan. Pekerjaan seringkali menyita waktu, sehingga Anda tidak dapat memiliki banyak waktu luang untuk diri sendiri termasuk untuk melakukan hobi. Aktivitas yang bisa Anda lakukan saat tidak mudik adalah dengan memanfaatkannya untuk diri sendiri. Anda dapat menyibukkan diri dengan hobi yang Anda gemari misalnya fotografi, memasak, olahraga, dan lain sebagainya.

Baca juga: Oleh-oleh Malaysia: Berikut Rekomendasinya untuk Anda

Kirim Uang Tunjangan Hari Raya

idul fitri 3 - Tradisi Perayaan Hari Raya Idul Fitri, Bikin Rindu Kampung Halaman

Bagi Anda yang tidak bisa pulang ke kampung halaman saat Hari Raya Idul Fitri, Anda tidak perlu khawatir. Meskipun sedih rasanya karena harus menunda kepulangan tahun ini, ada sisi positif yang bisa Anda petik jika menunda mudik. Yaitu Anda dapat lebih hemat karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk transportasi, oleh-oleh, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, jika tahun ini Anda tidak bisa mudik, maka manfaatkan kesempatan ini untuk menyimpan dana lebih yang nantinya bisa dialokasikan untuk keperluan lainnya.

Sementara untuk uang Tunjangan Hari Raya (THR) untuk keluarga di tanah air, Anda bisa mengirimnya dengan mudah. Untuk menghindari antrian panjang di bank, sebaiknya Anda mulai beralih ke dompet digital yang lebih canggih seperti Qelola. Dengan Qelola, Anda seperti memiliki rekening aktif yang bisa Anda gunakan kapan dan di mana saja. Kirim uang ke luar negeri dengan biaya murah tentu jangan Anda lewatkan. Unduh dan coba aplikasi Qelola di smartphone Anda sekarang juga!

Tags: , , , , , , , , , ,