Menilik Kalender Tahun 2020, Rencanakan Waktu Liburan dan Bekerja dengan Cermat!

Kalender Tahun 2020

Memasuki bulan keempat di tahun 2020, banyak hal sudah terjadi di seluruh dunia. Rencana yang sudah Anda susun untuk satu tahun ini idealnya sudah mulai menunjukkan hasil. Perencanaan yang tepat dapat membantu Anda mencapai target yang ditentukan lebih baik. Untuk untuk, memahami secara mendalam terkait kalender tahun 2020 adalah hal yang wajib, agar rencana apapun yang Anda susun dapat dijalankan dengan sempurna.

Biasanya, terkait dengan kalender 2020 atau kalender setiap tahun, yang paling dicari adalah tanggal merah atau hari libur nasional. Hari libur ini ditentukan oleh pemerintah beberapa waktu sebelum penghujung tahun sehingga dapat digunakan sebagai acuan oleh perusahaan atau pihak yang berkepentingan dalam menyusun rencana.

Libur nasional, hari besar, cuti bersama, dan tentu saja rencana mudik, semua akan berpengaruh pada rencana tahunan yang Anda buat. Untuk membantu Anda menyusun dan menyesuaikan rencana, Anda bisa menyimak beberapa tanggal berikut ini. Siapa tahu ada yang harus diubah dalam rencana Anda, mengingat situasi dan kondisi yang saat ini terjadi. Untuk pembahasan akan dilakukan per bulan April, mengingat libur sebelumnya sudah terlewati.

Libur dan Tanggal Merah Kalender 2020

Untitled design18 - Menilik Kalender Tahun 2020, Rencanakan Waktu Liburan dan Bekerja dengan Cermat!

Mulai dengan bulan April hingga Desember nanti, sebenarnya cukup banyak libur dan tanggal merah atau cuti bersama yang ditetapkan pemerintah. Untuk Anda yang mendapatkan libur sesuai dengan tanggal ini, Anda bisa melakukan penyesuaian tertentu. Berikut daftarnya.

  • 10 April, Wafat Isa Al Masih.
  • 1 Mei, Hari Buruh atau disebut juga Mayday.
  • 7 Mei, Hari Raya Waisak 2564.
  • 21 Mei, Kenaikan Isa Al Masih.
  • 22 Mei, Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah.
  • 24 dan 25 Mei, Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah.
  • 26 sampai 29 Mei, Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah.
  • 1 Juni, Hari Lahir Pancasila.
  • 31 Juli, Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah.
  • 17 Agustus, Hari Kemerdekaan Indonesia.
  • 20 Agustus, Tahun Baru Islam 1442 Hijriah.
  • 21 Agustus, Cuti Bersama Tahun Baru Islam 1442 Hijriah.
  • 29 Oktober, Maulid Nabi Muhammad SAW.
  • 30 Oktober, Cuti Bersama Maulid Nabi Muhammad SAW.
  • 25 Desember, Cuti Bersama Hari Raya Natal.
  • 25 Desember, Hari Raya Natal.

Ternyata masih cukup banyak sisa libur dan tanggal merah yang ada pada kalender tahun 2020 ini ya? Semoga dengan mengetahui hal ini, Anda bisa melakukan perencanaan yang matang untuk memaksimalkan libur nasional dan cuti bersama yang disediakan pemerintah, sehingga tanggal tersebut tidak sia-sia terlewatkan begitu saja.

Lalu Bagaimana dengan TKI?

Untitled design19 - Menilik Kalender Tahun 2020, Rencanakan Waktu Liburan dan Bekerja dengan Cermat!

Untuk Anda yang bekerja di negara Indonesia, tentu kalender dan tanggal ini bisa dijadikan acuan utama. Karena biasanya perusahaan di Indonesia juga menerapkan hal yang sama sebab hal tersebut diatur oleh pemerintah secara langsung. Namun bagaimana jika Anda bekerja sebagai TKI di Malaysia?

Untuk Anda yang bekerja sebagai TKI, beberapa tanggal merah dan momen cuti bersama juga bisa Anda nikmati. Misalnya saja seperti cuti bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah. Karena Malaysia juga memiliki penduduk yang mayoritas beragama Islam, maka hari raya dan cuti ini juga diberikan. Tapi ingat, penyesuaian pada rencana mudik Anda perlu dilakukan jika dari pemberi kerja memiliki kebijakan tersendiri.

Selain mempertimbangkan kebijakan yang diambil oleh pemberi kerja, Anda juga direkomendasikan untuk melihat situasi dan kondisi saat ini yang tengah terjadi di Indonesia. Mewabahnya penyakit yang cukup berbahaya sejak bulan Maret lalu membuat pemerintah Indonesia menerapkan langkah preventif dan mengeluarkan berbagai himbauan terkait hari libur yang sebentar lagi tiba. Selalu ikuti perkembangannya di setiap kanal berita ya, agar Anda tidak ketinggalan informasi mengenai kebijakan terbaru.

Berbagi Rezeki Tidak Selalu Berarti Mudik

Untitled design20 - Menilik Kalender Tahun 2020, Rencanakan Waktu Liburan dan Bekerja dengan Cermat!

Setelah melihat kalender tahun 2020 yang dipaparkan tadi, khususnya untuk hari libur yang ada, rencana yang sudah disusun sejak awal tahun sudah dapat dilaksanakan dan disesuaikan, sekali lagi, dengan melihat situasi dan kondisi saat ini. Misalnya Anda memutuskan untuk tidak mudik, tidak perlu cemas untuk membagikan rezeki yang Anda dapat selama bekerja karena Anda dapat mengirimkannya secara langsung ke keluarga di Indonesia dengan Qelola.

 

Ya, dengan Qelola Anda bisa mengirimkan uang secara langsung ke akun yang dimiliki keluarga di Indonesia dan dicairkan melalui layanan bank yang sudah bekerja sama dengan Qelola. Tentu saja, dengan biaya administrasi yang sangat rendah, membuat Anda dapat mengirimkan uang tanpa harus mengurangi jumlahnya terlalu banyak karena berbagai potongan.

Melihat hari libur kalender tahun 2020 di atas, selain dapat digunakan untuk merencanakan hari libur juga dapat dimaksimalkan untuk mengatur hari kerja serta target pekerjaan Anda. Dengan menggunakan Qelola, Anda dapat fokus pada perencanaan yang Anda lakukan terkait pekerjaan dan mempercayakan pengiriman uang ke keluarga pada pihak yang handal. Segera unduh aplikasinya di sini, dan maksimalkan waktu kerja dan libur yang Anda miliki tanpa harus repot memikirkan urusan transfer uang ke Indonesia.

Tags: , , , , , , , ,