Definisi Pekerja Migran Indonesia dan Syarat-Syaratnya, Klik di Sini!

pmi

Julukan Pekerja Migran Indonesia atau PMI mungkin masih asing di telinga Anda. Orang-orang pada umumnya lebih familiar dengan istilah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan Tenaga Kerja Wanita (TKW). Perlu Anda tahu bahwa baik PMI, TKI, dan TKW merupakan sebutan yang sama untuk menggambarkan orang Indonesia yang bekerja di luar negeri. Jumlah terbanyak Pekerja Migran Indonesia sendiri didominasi oleh profesi asisten rumah tangga. 

Banyaknya upah yang ditawarkan oleh negara lain membuat masyarakat di Indonesia berbondong-bondong ingin mengadu nasib di negeri orang sebagai PMI. Tapi apakah Anda tahu pasti sebenarnya siapa saja yang bisa disebut sebagai Pegawai Migran Indonesia? Syarat apa saja yang harus dipenuhi untuk bisa menjadi Pekerja Imigran Indonesia? Serta apa saja hak dan kewajiban yang bisa didapat? Temukan jawabannya lewat artikel berikut ini.

Definisi Pekerja Migran Indonesia

art 2 - Definisi Pekerja Migran Indonesia dan Syarat-Syaratnya, Klik di Sini!

Secara resmi, Pekerja Migran Indonesia (PMI) adalah penduduk yang tercatat sebagai warga negara Indonesia yang akan, sedang atau telah melakukan pekerjaan dengan menerima upah di luar wilayah Republik Indonesia. Hal-hal mengenai Pekerja Migran Indonesia ini pun diatur dalam Undang-Undang No 18 Tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia. Menurut UU tersebut pada Bab II Pasal 4, Pekerja Migran Indonesia dibagi menjadi tiga yaitu PMI yang bekerja pada pengguna berbadan hukum, Pekerja Migran Imdonesia perseorangan/rumah tangga, serta awak kapal dan pelaut perikanan. 

Sedangkan mereka yang tidak termasuk dalam kategori PMI adalah WNI yang dipekerjakan negara atau badan internasional di luar Indonesia untuk urusan tugas resmi, pelajar, pengungsi, penanam modal, dan investor. Selain itu, aparatur sipil negara (ASN) yang bekerja di perwakilan Republik Indonesia atau WNI yang memiliki usaha di luar negeri juga tidak bisa disamakan dengan Pekerja Imigran Indonesia.

Syarat-syarat Menjadi PMI di Luar Negeri

art 1 - Definisi Pekerja Migran Indonesia dan Syarat-Syaratnya, Klik di Sini!

Untuk bisa menjadi seorang PMI, ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi. Hal ini juga sudah tertuang pada Undang-Undang No 18 Tahun 2017 Pasal 5 yang isinya meliputi:

Kelima syarat tersebut harus bisa dipenuhi untuk bisa menjadi PMI yang legal. Pun Anda harus berhati-hati jika ada yang menawarkan syarat yang tidak sesuai dengan ketentuan di atas, bisa-bisa Anda malah terjerumus menjadi TKI ilegal yang dapat merugikan.

art 4 - Definisi Pekerja Migran Indonesia dan Syarat-Syaratnya, Klik di Sini!

Selain hal-hal di atas, Anda calon Pekerja Migran Indonesia juga harus tahu tentang bagaimana mengurus keuangan saat berada di negeri orang. Agar uang Anda dapat dikelola dengan benar ada baiknya Anda menggunakan aplikasi keuangan. Nantinya, Anda pasti akan melakukan transaksi keuangan ditanah air seperti transfer uang ke keluarga. Jika melalui jasa bank atau agen pengiriman uang, tentunya Anda akan dikenakan tarif transfer yang lumayan mahal. Nah, kini hal itu tidak perlu Anda risaukan karena melalui aplikasi Qelola tidak ada biaya transfer yang harus dikeluarkan. Apa itu aplikasi Qelola?

Aplikasi Qelola adalah cara baru untuk kirim uang dari Malaysia ke Indonesia secara online. Bagi Anda WNI dan TKI yang ada di Malaysia yang akan melakukan transfer dana ke tanah air bisa mencoba aplikasi ini. Selain untuk mengirim uang, aplikasi Qelola juga bisa digunakan untuk bayar-bayar tagihan di tanah air. Tagihan ini meliputi listrik, PDAM, BPJS Kesehatan, dan TV Kabel. Pembelian pulsa dan kuota internet juga bisa melalui aplikasi ini. Bahkan bagi Anda yang hobi main game online bisa beli voucher game lewat aplikasi Qelola langsung dari HP. 

qelola app 1 700x342 - Definisi Pekerja Migran Indonesia dan Syarat-Syaratnya, Klik di Sini!

Pertama-tama download aplikasi Qelola melalui Playstore. Kemudian lakukan registrasi dengan mendaftarkan nomor Anda. Selesai mendaftar Anda bisa melakukan top up saldo terlebih dahulu. Jika langkah-langkah tadi sudah dilakukan, Anda bisa melakukan pengiriman uang ke tanah air secara online langsung dari HP kapan saja dan di mana saja. 

Beruntunglah Anda yang hidup di zaman serba canggih seperti sekarang ini. Segala sesuatu dapat dilakukan dengan mudah dan cepat seperti transfer uang ke luar negeri. Kini Pegawai Migran Indonesia tidak perlu mengantri ke bank atau datang ke agen pengiriman uang untuk melakukan transfer dana. Cukup dari layar handphone, kirim uang ke luar negeri bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Info tambahan, penggunaan aplikasi Qelola gratis biaya transfer sampai dengan 15 April 2020. Selanjutnya Anda hanya akan dikenakan 1 ringgit per transaksi.

 

Tags: , , ,