Berangkat Kuliah ke Malaysia? Ini 5 Tips Packing untuk Anda!

Untitled design 27 - Berangkat Kuliah ke Malaysia? Ini 5 Tips Packing untuk Anda!

Merantau selalu saja menjadi hal yang menantang untuk setiap orang, tidak terkecuali Anda yang akan mengenyam pendidikan di luar negeri. Berbagai persiapan harus dilakukan, mulai dari mempersiapkan kesehatan, mental, dan tentu saja barang bawaan. Nah, yang belakang ini sering sekali disepelekan sehingga membuat repot di kemudian hari. Untuk itu, ada baiknya Anda menyimak tips packing yang ada di artikel ini.

Packing mungkin banyak disepelekan karena dianggap hal yang mudah dan bisa dilakukan dengan cepat. Padahal, jika mau sedikit dicermati, packing merupakan kegiatan penting karena akan mempengaruhi baik dalam jangka waktu dekat maupun panjang. Ketika barang bawaan Anda lengkap dan sesuai kebutuhan, Anda tidak akan direpotkan ketika sampai di negara tujuan.

Kali ini, Anda akan mendapatkan informasi mengenai tips packing untuk pelajar atau mahasiswa yang akan merantau ke negeri Jiran, Malaysia. Mengapa Malaysia? Karena negara ini dinilai menjadi negara tujuan pendidikan yang cukup populer, selain tentu menjadi tujuan utama TKI juga. Tanpa berlama-lama lagi, simak penjelasan berikut ini!

Tips Packing Pertama, Baggage Allowance

Untitled design 25 - Berangkat Kuliah ke Malaysia? Ini 5 Tips Packing untuk Anda!

Membawa banyak barang dengan transportasi udara, tidak boleh dilupakan untuk selalu memastikan baggage allowance yang disediakan oleh maskapai yang Anda gunakan. Baggage allowance sendiri adalah jumlah total berat barang bawaan yang diperbolehkan, atau digratiskan. Hal ini penting agar Anda tidak banyak mengeluarkan biaya tambahan untuk membayar berat barang yang berlebih.

Informasi ini dapat diperoleh di situs resmi maskapai yang Anda gunakan. Beberapa maskapai menyediakan bagasi gratis sebesar 8 hingga 10 kilogram. Ketika barang bawaan Anda melebihi angka ini, maka akan dikenakan biaya tambahan per kilogramnya. Akan sangat memberatkan jika Anda baru tahu barang Anda berlebih ketika sudah sampai di loket check in bukan?

Membuat Checklist atau Daftar Barang Bawaan

Poin kedua dalam tips packing yang penting adalah untuk membuat checklist. Daftar barang bawaan yang harus dan perlu dibawa, catat dengan cermat dan perlahan. Sederhana, tujuannya agar tidak ada barang penting yang tertinggal dan merepotkan di Malaysia nantinya.

Dengan memiliki daftar barang bawaan seperti ini, Anda akan dapat melakukan packing lebih efektif. Tinggal melihat saja daftar yang Anda miliki, masukkan barang ke koper atau tas, tandai, lanjutkan ke barang selanjutnya. Waktu packing akan semakin cepat, barang yang harus dibawa dapat dipastikan telah masuk ke koper. Hal sederhana yang akan meningkatkan efektifitas packing dan memastikan setiap barang sudah terbawa.

Tidak Perlu Menunggu Waktu Keberangkatan

Untitled design 24 - Berangkat Kuliah ke Malaysia? Ini 5 Tips Packing untuk Anda!

Tips packing selanjutnya adalah lakukan beberapa hari sebelum waktu keberangkatan. Dengan jarak waktu beberapa hari ini Anda bisa memastikan setiap barang yang benar-benar diperlukan bisa dimasukkan ke dalam koper atau tas sehingga tidak ada barang penting yang tertinggal.

Lakukan sedikit demi sedikit, misalnya, H-7 keberangkatan mulai memasukkan pakaian formal dan pakaian hangat yang cukup tebal. Lanjutkan pada hari berikutnya dengan kaos dan pakaian santai. Terus lakukan sesuai dengan list yang Anda miliki. Dengan begini, mungkin pada H-3 atau H-2 packing sudah selesai dan tinggal menunggu waktu keberangkatan saja.

Tips Packing Keempat, Jangan Lupa Obat-Obatan

Jika Anda memiliki riwayat penyakit atau sedang dalam masa pengobatan, jangan lupa untuk memasukkan obat-obatan dalam list yang Anda buat. Obat-obatan, bilamana memang diresepkan oleh dokter Anda, tentu hal yang juga tidak boleh terlupakan. Meski mungkin bisa dibeli di Malaysia, namun tidak ada salahnya jika membawa obat yang masih dimiliki bukan?

Jangan lupa juga untuk membawa resep yang diberikan sehingga jika ketika di Malaysia obat Anda habis, Anda bisa membelinya lagi sesuai dengan dosis yang diperlukan. Untuk perjalanan, jika masih ada ruang di tas Anda, bawa obat-obatan ringan seperti minyak kayu putih atau aroma therapy, obat untuk mengatasi mabuk, dan sejenisnya. 

Masukkan Barang Penting di Tas Kabin

Untitled design 26 - Berangkat Kuliah ke Malaysia? Ini 5 Tips Packing untuk Anda!

Selain dari koper yang Anda bawa, tentu juga Anda membawa tas ransel yang masuk ke kabin pesawat bukan? Nah, untuk barang seperti dokumen pribadi, perangkat elektronik (HP dan laptop), dan perlengkapan mandi serta sepasang pakaian harus masuk dalam tas ini. Selain menjaga keamanan barang dan dokumen, ransel ini juga akan menjadi pilihan pertama ketika Anda perlu mengakses apapun jika terjadi keadaan darurat.

 

Cukup mudah dan sederhana bukan tips packing tersebut? Sangat disarankan untuk melakukan pengemasan barang beberapa hari sebelum keberangkatan agar Anda dapat memeriksanya berkali-kali untuk memastikan tidak ada barang yang tertinggal.

Sebagai pelajar yang akan merantau ke luar negeri, tips packing di atas diharapkan dapat bermanfaat dan memudahkan proses packing yang Anda lakukan. Yang tidak boleh dilupakan juga adalah urusan transfer uang atau dana. Untuk membantu hal ini, Anda bisa menginstal aplikasi Qelola yang dapat digunakan untuk mentransfer dana dengan cepat. Meski masih memiliki fungsi utama sebagai layanan remittance, namun nantinya Qelola dapat digunakan untuk melakukan transfer dana dua arah, dari Malaysia ke Indonesia dan sebaliknya. Transfer uang jadi cepat, mudah, dan ringkas, unduh aplikasinya di sini!

 

Tags: , , , , , , , ,