5 Cara Belajar Bahasa Malaysia yang Bisa Dicoba Pemula

bahasa malaysia

Mempelajari bahasa Malaysia tidak sesulit yang Anda bayangkan. Apalagi bahasa ini memiliki beberapa kesamaan dengan bahasa Indonesia yang digunakan sehari-hari. Dibutuhkan waktu yang tidak lama bagi Anda untuk bisa menguasai bahasa yang digunakan orang-orang Malaysia ini. Meskipun terdapat beberapa kata yang memiliki makna berbeda dan seringkali membingungkan. Berikut ini cara mudah belajar bahasa Malaysia yang bisa Anda coba!

Perhatikan Hal Ini Ketika Belajar Berbahasa Malaysia

gampang - 5 Cara Belajar Bahasa Malaysia yang Bisa Dicoba Pemula

Bahasa negeri Jiran ini disebut juga dengan bahasa Melayu. Tentu Anda telah tahu, bahasa ini memiliki pelafalan yang tidak jauh berbeda dengan bahasa Indonesia. Satu hal yang mungkin membingungkan adalah, banyaknya kata serapan dari bahasa Inggris yang digunakan. Ketika akan belajar berbahasa Melayu, jangan lupakan beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  • Pertama, banyaknya kosakata hasil serapan dari bahasa Inggris ketika digunakan dalam percakapan atau dialog. Penulisannya tidak berubah dan langsung diterapkan dalam sebuah kalimat. Contoh katanya adalah, best, nervous, success, dan lain sebagainya. Wah, jadi tantangan baru sambil belajar bahasa Inggris, bukan? 
  • Kedua, terdapat beberapa kosakata yang diserap dari bahasa Inggris dan dirubah penulisannya. Contohnya universiti, colej, mesej, dan lain sebagainya.
  • Ketiga, memiliki penulisan dan pelafalan kata yang sama. Akan tetapi, makna yang dikandung berbeda dengan makna dalam bahasa Indonesia. Misalnya kata kemarin, artinya 1 hari yang lalu (Indonesia) dan 2 hari yang lalu (Malaysia). Kata seronok artinya menyenangkan hati (Malaysia) dan tidak sesuai (Indonesia).
  • Keempat, terdapat beberapa kata yang berbeda penulisan dan sedikit pelafalan. Namun memiliki arti yang sama, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Melayu. Contohnya:

Jelik – Jelek

          Jerap – Serap

          Wang – Uang

          Baharu – Baru

          Dolak-dalik – Bolak-balik

  • Kelima, sebenarnya terdapat beberapa kata yang memiliki arti sama dalam bahasa Indonesia. Kata-kata tersebut jarang dipergunakan di Indonesia, namun sering dijumpai dalam percakapan Malaysia. Contohnya:

          Tauliah = pelantikan atau pengangkatan

          Sempadan = batas

          Meneroka = membuka lahan

Cara Mudah Belajar Bahasa Malaysia

pexels photo 94420 - 5 Cara Belajar Bahasa Malaysia yang Bisa Dicoba Pemula

1. Live in Bersama Masyarakat Melayu di Indonesia

Apakah Anda harus datang ke Malaysia dulu agar fasih dan mahir berbahasa milik negara tetangga kita? Tentu saja tidak. Coba cara lain dengan berinteraksi dengan masyarakat yang mayoritas masih menggunakan bahasa Melayu. Entah sebagai bahasa daerah setempat atau memang letaknya dekat dengan negara Malaysia. Walaupun tidak sama persis, ini merupakan cara mudah belajar Malaysian Language dengan cara terlibat dalam kehidupan sehari-hari masyarakat melayu.

2. Belajar Menggunakan Literatur dan Media

Terdapat beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk secara cepat mahir berbahasa Malaysia.

  1. Menonton film berbahasa Melayu. Di zaman digital ini semua serba mudah. Silahkan cari referensi film menarik berbahasa Melayu kesukaan Anda. Sedikit demi sedikit Anda akan mendapat banyak kosakata baru melalui media audio visual ini. Menarik bukan?
  2. Membaca naskah atau script dari sebuah film Melayu.
  3. Mempersiapkan kamus kecil untuk mencari dan memahami kata yang tidak dimengerti secara cepat.
  4. Memperkaya kosakata Melayu harian. Hafalkan dengan baik minimal satu kosakata Malaysia setiap harinya. Lakukan secara konsisten agar perbendaharaan kosakata Malaysia semakin bertambah.
  5. Praktik langsung dengan penuturnya. Apabila Anda memiliki keluarga, teman atau relasi yang berasal dari Malaysia, minta tolonglah kepada mereka untuk bersedia latihan berdialog melayu.

Lima cara di atas dapat Anda pilih yang termudah dan paling efektif. Jangan lelah untuk terus belajar dan belajar, oke?

3. Ikuti Komunitas Malaysia secara Online

Cobalah bergabung dengan komunitas orang Malaysia yang Anda ketahui secara online. Tak perlu bingung, mudah saja di zaman serba bisa ini. Misalnya saja, Anda hobi bermain game online, maka bergabunglah pada sebuah komunitas gamers Malaysia secara online. Mungkin saja Anda hanya bisa berkomunikasi melalui teks atau chat dan tidak berbicara langsung. Namun setidaknya ini menjadi tahap awal untuk mengetahui bahasa yang digunakan di negara Malaysia.

4. Mengikuti Kursus Bahasa Online

Sekarang ini banyak sekali kursus online yang menawarkan berbagai paket belajar bahasa sampai fasih. Carilah kursus bahasa Malaysia terbaik untuk memaksimalkan kemampuan berkomunikasi dengan harga yang terjangkau.

5. Jalan-Jalan ke Malaysia

Tidak ada salahnya Anda memasukkan Malaysia sebagai negara tujuan liburan mendatang. Carilah paket-paket wisata terbaik dengan harga terjangkau yang bisa Anda manfaatkan untuk jalan-jalan ke Malaysia. Bisa jadi ini cara terbaik untuk langsung terjun ke lapangan. Sebaiknya, Anda sudah mengetahui beberapa kosakata penting dan yang sering digunakan. Tujuannya tentu agar Anda tidak kesulitan saat berinteraksi dengan orang Malaysia. Hal ini dijamin akan membuat kemampuan dalam berkomunikasi dengan bahasa Malaysia semakin lancar dan mantap. Jadi, siap datang ke Malaysia?

Belajar dan Latihan Berbahasa Malaysia

Tak heran lagi, meskipun sesama sebagai saudara serumpun, akar bahasa yang digunakan memang serupa, namun tetap tidak sama. Tentu dengan belajar berbahasa Malaysia ini, akan memperkaya pengetahuan dan kemampuan komunikasi. Anda tidak akan kesusahan saat berkomunikasi dengan orang Malaysia saat berada di Malaysia. Bukan menjadi hal mustahil Anda berlibur, melanjutkan studi atau bekerja di Malaysia. Bahasa yang terus dipelajari terbukti tidak lagi menghambat Anda saat mengunjungi Malaysia. Anda pun dapat melakukan berbagai pembayaran dari Malaysia ke Indonesia secara mudah melalui platform pembayaran modern Qelola. Unduh dan install aplikasi Qelola melalui PlayStore pada smartphone Anda. Dapatkan dan jangan sampai ketinggalan berbagai informasi menarik seputar kehidupan, wisata, pendidikan, dan TKI di Malaysia. Klik disini. 

Tags: , , ,