Jenuh? Isi Hari Libur TKI dengan 4 Kegiatan Bermanfaat Ini

kegiatan hari libur

Hari libur adalah waktu yang sangat dinanti oleh semua orang, tak terkecuali oleh para TKI yang bekerja di luar negeri. Hari libur merupakan waktu yang tepat untuk melepaskan diri dari rutinitas pekerjaan. Meski hari libur, bukan berarti Anda harus menghabiskannya untuk bermalas-malasan sepanjang hari di tempat tidur.  Lalu bagaimana Anda mengisi waktu libur Anda? Apa saja sih kegiatan yang bisa Anda lakukan di hari libur sebagai TKI di Malaysia? Yang jelas, selama liburan Anda tetap bisa melakukan kegiatan secara produkif, dan pastinya membawa dampak positif bagi Anda.

Jika Anda belum merencanakan apa yang harus dilakukan dengan waktu luang yang Anda miliki, maka Anda tidak perlu bingung. Ada sejumlah kegiatan di hari libur yang dapat Anda lakukan untuk memastikan bahwa hari libur Anda akan sangat bermanfaat. Berikut rekomendasi kegiatan yang bisa Anda ikuti:

 Jenis Kegiatan Hari Libur yang Bermanfaat untuk TKI

1. Kegiatan Mengasah Keterampilan

ketrampilan e1586005903661 - Jenuh? Isi Hari Libur TKI dengan 4 Kegiatan Bermanfaat Ini

Untuk mengisi kegiatan di hari libur, para TKI juga bisa mengikuti kegiatan untuk mengasah keterampilan.  Misalnya kegiatan seperti yang pernah diadakan oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Malaysia.  Setiap hari Minggu, para TKI diberi pembekalan keterampilan agar mereka dapat memiliki keterampilan baru ketika kembali ke Indonesia. Agar para TKI dapat memanfaatkan waktu libur yang bermanfaat, KJRI Malaysia berinisiatif menyelenggarakan kegiatan capacity building untuk mengisi hari libur para TKI. Kegiatan tersebut diharapkan mampu meningkatkan keterampilan TKI di Malaysia serta mendapat ilmu kewirausahaan sebagai bekal selepas mereka kembali ke Indonesia. 

2. Kegiatan Keagamaan

kegiatan 2 e1586005663546 - Jenuh? Isi Hari Libur TKI dengan 4 Kegiatan Bermanfaat Ini

Kegiatan keagamaan merupakan salah satu jenis kegiatan yang dapat dilakukan oleh para TKI dalam mengisi kegiatan di hari libur. Di negara tempat penempatan para TKI, ada beberapa lembaga pemerintahan, perusahaan, maupun komunitas TKI di negara penempatan yang juga sering menyelenggarakan kegiatan yang berbasis keagamaan seperti pengajian yang juga menghadirkan penceramah. Tak jarang pula para penceramah yang dihadirkan dalam sebuah pengajian dihadirkan langsung dari Indonesia. Namun, bagi Anda yang akan mengikuti kegiatan ini disarankan untuk lebih bijak dalam memilah kajian-kajian keagamaan, termasuk memilah siapa penceramah dan materi apa yang akan disampaikan. 

3. Kegiatan Organisasi

perkumpulan e1586006092427 - Jenuh? Isi Hari Libur TKI dengan 4 Kegiatan Bermanfaat Ini

Di setiap negara penempatan pasti ada komunitas tenaga kerja asing yang berasal dari negara asal Anda, misalnya saja komunitas TKI asal Indonesia. Banyak sekali jenis organisasi yang didirikan, seperti organisasi keagamaan, kedaerahan, kesamaan bakat dan minat, asisten rumah tangga, pekerja pabrik, maupun sejumlah organisasi pekerja lainnya. Masing-masing organisasi, biasanya memiliki agenda rutin mingguan maupun insidental. Kegiatan-kegiatan di organisasi juga bukan sekadar agar para TKI dapat bersosialisasi menambah teman dan memperkuat silaturahim, namun juga menambah pengalaman, memperdalam pengetahuan agama, maupun pengetahuan-pengetahuan lainnya. Keberadaan organisasi-organisasi yang berbasis dari beragam bidang ini selalu berkembang di negara-negara penempatan. Anda bisa mengisi kegiatan hari libur Anda dengan mengikuti salah satu jenis organisasi tersebut.

 4. Kegiatan Sosial

donor e1586006897454 - Jenuh? Isi Hari Libur TKI dengan 4 Kegiatan Bermanfaat Ini

Para TKI mungkin bisa mencoba aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial yang ada di negara penempatan untuk mengisi kegiatan di hari libur. Banyak kegiatan sosial yang bisa dilakukan oleh para TKI. Mengikuti kegiatan sosial juga merupakan bentuk kepedulian kita kepada sesama. Misalkan saja kegiatan sosial dengan mengadakan kegiatan program layanan kesehatan gratis, karena tidak semua orang bisa menikmati fasilitas kesehatan yang memadai. Masalah akses dan biaya seringkali menghalangi orang untuk mendapatkan layanan terbaik. Kondisi inilah yang melatarbelakangi untuk mengadakan kegiatan layanan kesehatan gratis bagi kalangan kurang mampu.

Kegiatan sosial yang lain diantaranya adalah kegiatan donor darah. Jika Anda tidak dapat memberikan bantuan dalam bentuk materi, maka Anda dapat membantu sesama dengan cara mendonorkan darah Anda.  Selain keuntungan untuk penerima donor sendiri, pemberi donor juga akan merasakan manfaatnya. Beberapa manfaat bagi pemberi donor darah antara lain dapat memelihara kesehatan jantung, meningkatkan sel darah merah, dan juga pencegahan penyakit. Kegiatan sosial lainnya yang juga bermanfaat adalah kegiatan penggalangan dana untuk orang-orang yang membutuhkan misalkan saja untuk korban bencana alam.

Ulasan tentang kegiatan hari libur yang bisa Anda lakukan di atas tentunya akan menjamin Anda terlepas dari libur yang tidak bermanfaat. Anda dapat memilih kegiatan yang sesuai dengan minat Anda namun tentu juga harus disesuaikan dengan jadwal libur Anda agar dapat secara rutin mengikutinya.

Cara Bebas Masalah Keuangan Selama Liburan

Satu hal lagi yang perlu Anda perhatikan, pada masa libur sebaiknya tidak membuat Anda kesulitan untuk mengatur keuangan. Waktu libur yang terbatas, sebaiknya di gunakan secara tepat, ketimbang dihabiskan untuk menunggu antrian panjang di bank.

Untuk menghindari masalah tersebut, Anda dapat mempercayakan masalah transfer dan pembayaran tagihan untuk keluarga di Indonesia melalui Qelola. Aplikasi Qelola, akan memberi akses cepat dan kenyamanan terhadap masalah keuangan Anda selama hari libur. Anda tetap bisa membayar listrik secara online, melunasi BPJS dan membeli pulsa dengan mudah melalui Qelola. Kegiatan hari libur Anda bisa Anda manfaatkan dengan baik tanpa harus kehilangan kewajiban terhadap keluarga di Indonesia. Mulai gunakan aplikasi Qelola sekarang juga.

 

Tags: , , , , , ,