6 Tips Raih Kesuksesan Kerja di Luar Negeri untuk TKI

kerja di luar negeri

Kerja di luar negeri menjadi impian bagi sebagian besar orang Indonesia. Alasannya beragam mulai dari gaji lebih tinggi, pengalaman berharga hingga ingin mengaplikasikan ilmu dan keahlian yang dimiliki. Anda akan menghadapi lingkungan dan budaya kerja yang berbeda saat bekerja di luar negeri. Pastikan Anda memiliki persiapan matang sejak awal sehingga nantinya dapat meraih kesuksesan saat bekerja di negeri orang. Tidak hanya kemampuan kerja saja, berbagai hal penting lainnya harus Anda persiapkan sebelum berangkat. Simak bersama tips sukses kerja di luar negeri yang telah dirangkumkan untuk Anda. Check this out!

Tips Sukses Berkarir dan Kerja di Luar Negeri

pexels photo 3761506 - 6 Tips Raih Kesuksesan Kerja di Luar Negeri untuk TKI

  • Kuasai dan Fasih Berbahasa Inggris 

Komunikasi yang baik sangat Anda butuhkan ketika bekerja di mana saja. Bekerja di luar negeri sudah pasti menuntut Anda memiliki kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan baik. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional resmi yang digunakan hampir di seluruh dunia. Pastikan Anda menguasai bahasa Inggris dengan baik dan fasih sebagai bekal dan modal ketika berada di lingkungan kerja nanti. Jika Anda memilih Malaysia sebagai negara tujuan bekerja, Anda tidak perlu bingung mempelajari bahasa Malaysia karena memiliki banyak kemiripan dengan bahasa Indonesia.

  • Kenali Negara Tujuan Anda Bekerja

Saat bekerja di luar negeri, mau tidak mau Anda akan menetap bersama orang-orang asing yang baru Anda kenal di negara tersebut. Pelajari budaya-budaya yang berkembang di negara itu agar Anda tidak mengalami culture shock akibat perbedaan budaya. Pastikan Anda dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru nantinya. Perbanyak informasi terhadap lingkungan kerja dan tempat tinggal yang akan Anda huni. Misalnya, kemudahan akses transportasi publik, kemudahan komunikasi, fasilitas publik yang tersedia hingga cuaca di sana. 

Anda juga harus memahami budaya kerja di luar negeri. Hal ini penting dilakukan untuk lebih mudah bergaul dan mendapat kenyamanan dalam lingkungan kerja. Tak lupa, perkaya wawasan Anda tentang perusahaan tujuan sebagai nilai plus saat melakukan wawancara kelak.

  • Memiliki Kemampuan atau Skill yang Mumpuni

Untitled design 14 1 - 6 Tips Raih Kesuksesan Kerja di Luar Negeri untuk TKI

Niat saja tidak mencukupi untuk dapat meraih keberhasilan kerja di luar negeri. Pastikan kemampuan atau skill yang Anda miliki memadai dan cocok dengan spesifikasi pekerjaan. Skill sangat bermanfaat sebagai bekal Anda dalam berkompetisi mencari pekerjaan. Usahakan Anda memiliki skill kerja yang mumpuni dan di atas rata-rata. Hal ini menjadi nilai tambahan tersendiri bagi perusahaan untuk menerima Anda. Skill standar justru menjadi hambatan Anda untuk sukses berkarir. Manfaatkan beberapa lembaga kursus atau balai latihan untuk mengasah kemampuan Anda. Saling berbagi pengalaman dan suka duka dengan orang yang berpengalaman kerja di luar negeri bisa menjadi keuntungan bagi Anda.

  • Bekerja Sesuai Minat dan Keahlian

Menekuni pekerjaan yang Anda minati dan sesuai keahlian yang dimiliki adalah pilihan yang sangat tepat. Hal ini akan semakin mempermudah Anda untuk menghadapi tantangan dan jenjang karir di dunia kerja. Pada kenyataannya, ketika melakukan suatu pekerjaan yang sesuai minat dan keahlian, tentu akan membuat lebih mudah “berdamai” dengan berbagai tantangan kerja akan yang dihadapi.

  • Kesiapan Fisik, Mental, dan Etika yang Baik

Setiap pekerja harus memiliki fisik dan mental yang baik apabila ingin bekerja di luar negeri. Kesehatan menjadi modal utama untuk mendukung produktivitas Anda. Pastikan Anda mengenali informasi seputar negara tujuan untuk menjaga kesiapan fisik dan ketahanan mental Anda selama bekerja di negeri orang. Etika kerja juga menjadi komponen penting yang harus Anda miliki. Semua akan lebih mudah jika Anda memiliki etika kerja yang baik, tidak peduli apa dan di mana Anda akan bekerja kelak.

  • Memiliki Etos Kerja yang Baik

Sejak awal Anda wajib memiliki etos kerja yang baik. Dengan memiliki etos kerja yang baik, sesulit apapun tantangan dalam pekerjaan dapat teratasi dengan baik pula. Tidak ada yang mudah saat bekerja, termasuk jika Anda memilih bekerja di luar negeri nanti. Anda akan siap meraih kesuksesan di pekerjaan yang Anda geluti dengan memiliki etos kerja yang baik.

Malaysia, Salah Satu Negara Rekomendasi Kerja di Luar Negeri

KL 1 - 6 Tips Raih Kesuksesan Kerja di Luar Negeri untuk TKI

Malaysia menjadi negara tujuan yang tepat apabila Anda memilih untuk hidup di negara dengan kebudayaan tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Segala hal terkait bahasa, kebiasaan, cuaca bahkan makanan yang hampir sama dapat dengan mudah Anda temukan di Malaysia. Tenaga Kerja Indonesia di Malaysia hingga kini tercatat mencapai 120.000 jiwa yang terbagi dalam bidang profesional maupun domestik. 

Penghasilan rata-rata untuk pekerja profesional di Malaysia cukup menggiurkan, dimulai dari RM3.000 atau sekitar Rp10.000.000. Ketentuan ini didasarkan kepada perolehan izin masuk Malaysia sebagai pekerja (Employment Pass) minimal penghasilan adalah RM3.000. Penghasilan tersebut juga tak luput dari pengenaan pajak yang telah ditentukan. Tanyakan langsung kepada agensi, kantor perwakilan atau BNP2TKI mengenai ketentuan pajak penghasilan. Bahkan Anda akan mendapatkan penghasilan cukup tinggi ketika bekerja di bidang domestik. Menarik, bukan?

Kerja di Luar Negeri Menguntungkan TKI

Kerja di luar negeri memang mendatangkan keuntungan yang belum diperoleh ketika bekerja di negara asal. Mulai dari gaji yang tinggi, fasilitas kerja yang menarik, pengalaman bahkan prestise tersendiri. Tak heran jika tak sedikit orang yang pada akhirnya memilih bekerja di luar negeri. Etos kerja yang terbangun selama di luar negeri nyatanya bisa menjadi modal ketika kembali ke Indonesia dan membangun usaha baru. Kerja di luar negeri? Kenapa tidak?

Tentu jika seorang TKI telah berhasil mencukupi kebutuhan hidupnya dengan sangat layak, mereka bisa mengirimkan uang atau membayarkan kebutuhan dari Malaysia. Tidak perlu bingung lagi, kini para Tenaga Kerja Indonesia bisa membayarkan tagihan listrik, air, pajak motor, pendidikan keluarga di rumah dengan menggunakan aplikasi pembayaran Qelola. Unduh dan instal aplikasi Qelola melalui smartphone Anda sekarang juga! Lakukan pendaftaran dan pengaktifan akun Qelola untuk melakukan pembayaran. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini.

Tags: , , , , , , , , , , ,