Perhatikan 7 Larangan di Malaysia Sebelum Berangkat Travelling

Negara Malaysia

Malaysia menjadi salah satu negara paling favorit dikunjungi para traveler untuk berlibur atau travelling. Setiap negara tentu memiliki aturan dan larangan lokal yang telah lama melekat di kehidupan sehari-hari, tak kecuali Malaysia. Dengan demikian, siapa saja yang berada di negara tersebut harus menghormati berbagai aturan dan larangan apa saja yang tidak boleh dilakukan. Tidak ada salahnya Anda mematuhi berbagai aturan dan larangan setempat demi kenyamanan berlibur di Malaysia. Anda perlu mengetahui beberapa larangan di Malaysia ketika akan melakukan travelling di Negeri Jiran tersebut. Let’s check this out!

Larangan di Malaysia Bagi Para Traveler

Traveler, ketika hendak berkunjung di suatu negara, pastikan sebelum berangkat Anda telah mengetahui berbagai aturan dan larangan yang berlaku. Beda negara, beda aturan. Aturan dan larangan dibuat menyesuaikan dengan budaya lokal setempat. Malaysia, negara dengan mayoritas penduduk muslim menerapkan beberapa aturan dan larangan dalam kehidupan sehari-hari sesuai ajaran agama dan budaya. Jika ingin berlibur dengan aman, kenali profil negara Malaysia dan selalu patuhi segala larangan yang berlaku di sana.

1. Tetap Jaga Kesopanan dengan Tidak Bermesraan di Tempat Umum

D61 2378 - Perhatikan 7 Larangan di Malaysia Sebelum Berangkat Travelling

Bagi Anda dan pasangan yang akan menikmati liburan di Malaysia, hendaknya perhatikan betul larangan satu ini. Penduduk Malaysia mayoritas muslim dan cenderung konservatif (walaupun hanya sebagian saja). Tetap jaga kesopanan dengan tidak berpelukan dan berciuman secara berlebihan ketika berada di transportasi publik atau tempat publik lainnya. Larangan ini berlaku untuk semuanya, sekalipun traveler merupakan pasangan sah suami istri. Bahkan larangan menampakkan kemesraan di tempat umum ditempel pada stiker di beberapa titik yang bisa dibaca oleh turis asing.

2. Berjabat Tangan dengan Sembarang Orang

Orang Malaysia cenderung jarang sekali melakukan jabat tangan kecuali orang lain mengulurkan tangan terlebih dahulu. Ketika Anda akan memperkenalkan diri, hindari langsung berjabat tangan dengan warga lokal. Tunggulah mereka mengulurkan tangan terlebih dahulu karena tindakan ini dianggap lebih sopan.

3. Meminta Izin Ketika Memotret Tempat Ibadah

malaysia 3594927 960 720 - Perhatikan 7 Larangan di Malaysia Sebelum Berangkat Travelling

Ketika akan mengambil gambar kegiatan di tempat ibadah, alangkah baiknya Anda meminta izin terlebih dahulu. Hal ini harus dilakukan untuk menghormati kegiatan sakral peribadatan di tempat ibadah. Anda hanya diperbolehkan memotret bangunannya saja. Tentu Anda bebas ketika akan memotret pemandangan, bangunan, jalan, dan sebagainya.

4. Menunjuk Objek dengan Tidak Menggunakan Jari Telunjuk

Saat ingin menanyakan keberadaan suatu tempat kepada warga lokal, jangan sesekali menunjuk dengan jari telunjuk. Tindakan ini cenderung tidak disukai oleh warga lokal. Anda bisa menunjuk dengan cara yang lebih sopan, seperti menggunakan empat jari tangan dan ibu jari ditekuk ke dalam. Gunakan tangan kanan, ya!

5. Berpakaian Secara Tertutup dan Sopan

Para traveler di Malaysia dilarang mengenakan pakaian yang terlalu terbuka di tempat-tempat umum. Budaya ketimuran masih kental terasa di negara ini. Bahkan di beberapa tempat tertentu, perempuan diharuskan memakai pakaian panjang dan menutupi serta berhijab.

6. Lepas Alas Kaki Anda saat Bertamu atau Berada di Tempat Suci

Apabila Anda akan berkunjung ke rumah teman atau warga lokal, jangan lupa melepas alas kaki sebelum masuk ke rumah. Taruhlah alas kaki Anda dengan rapi di tempat yang telah disediakan. Senada dengan aturan ketika berada di luar negeri, traveler juga diharuskan melepas alas kaki sebelum memasuki area suci.

7. Perempuan Dilarang Menyentuh Biksu atau Biarawan

buddhism 1822518 960 720 - Perhatikan 7 Larangan di Malaysia Sebelum Berangkat Travelling

Ketika berpapasan dengan biksu atau biarawan di jalan, hindari bersentuhan dengan mereka sekalipun tidak sengaja. Anda harus menghormati ajaran yang dianut oleh umat beragama di Malaysia tersebut. Jika ingin menyentuh biksu atau biarawan, Anda harus melewati serangkaian ritual mensucikan diri dengan pembersihan dan puasa terlebih dahulu. Jangan mencoba melanggar nilai-nilai yang dijunjung tinggi menurut ajaran agama bersangkutan.

Hormati Budaya Lokal, Kunci Liburan Menyenangkan

Pahami betul larangan di Malaysia yang harus dipatuhi oleh para traveler. Jangan sesekali melanggar suatu aturan dengan alasan apapun jika tidak ingin mendapat masalah di sana. Pastikan liburan Anda menyenangkan dengan tetap menghormati budaya dan kearifan lokal yang berlaku di negara setempat. Anda akan mendapat banyak kemudahan dan disambut dengan baik oleh warga lokal di sana selama berlibur. 

Ketika berlibur di Malaysia tentu Anda tidak ingin dipusingkan lagi dengan masalah tagihan bulanan, bukan? Menggunakan aplikasi Qelola adalah solusi paling tepat sembari travelling di Malaysia. Qelola merupakan dompet digital yang menyediakan layanan pembayaran tagihan rutin secara mudah dan praktis. Tidak perlu bingung lagi, kini Anda bisa membayarkan tagihan listrik, air, pajak motor, pendidikan keluarga di rumah dengan menggunakan aplikasi Qelola. Ketika akan membeli pulsa untuk kebutuhan komunikasi di Malaysia cukup melakukan top up minimal Rp10.000. Bagi turis asing dan turis lokal di Malaysia tak perlu khawatir lagi dengan masalah keuangan selama berlibur. Unduh dan install aplikasi Qelola melalui smartphone Anda sekarang juga! Lakukan pendaftaran dan pengaktifan akun Qelola untuk melakukan pembayaran secara aman. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini.

Tags: , , , , , , , , , , ,