Anti Ribet! Begini 6 Cara Transfer Uang dari Luar Negeri

transfer uang dari luar negeri

Transfer uang dari luar negeri menjadi salah satu rutinitas yang tak pernah luput dilakukan oleh Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Hampir setiap gajian TKI selalu mengunjungi jasa pengiriman uang di negara penempatan. Salah satu negara penempatan dengan jumlah TKI terbanyak yang sering melakukan pengiriman uang adalah Malaysia. Tercatat sebanyak 3,3 juta jiwa TKI yang menetap di Malaysia dan rajin melakukan transfer uang untuk keluarga di Indonesia. Ada banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk transfer uang dari luar negeri, khususnya Malaysia. Mulai dari yang konservatif sampai yang modern. Berikut adalah 6 cara praktis transfer uang dari luar negeri yang bisa Anda coba.

1. Transfer Uang dari Luar Negeri Via Western Union

rsz nformjqger - Anti Ribet! Begini 6 Cara Transfer Uang dari Luar Negeri

Sumber: www.loopjamaica.com

Transfer uang dari luar negeri dengan Western Union menjadi cara yang paling sering digunakan kebanyakan orang. Hal ini dikarenakan Western Union mudah ditemui di berbagai negara. Namun, untuk melakukan pengiriman uang dengan cara ini, Anda perlu datang ke tempat agen Western Union terlebih dahulu. Anda harus membawa identitas diri dan memenuhi beberapa persyaratan lain untuk melengkapi formulir pengiriman. Besar biaya yang dibutuhkan dalam melakukan transfer uang ini bervariasi, sesuai dengan jumlah yang dikirimkan. Mulai dari range paling kecil, yaitu Rp45.000 untuk nominal pengiriman Rp100.000-Rp1.000.000, Rp90.000 untuk nominal pengiriman Rp2.000.000-Rp10.000.000, dan seterusnya.

2. Transfer Uang Via ATM

person withdrawing some money from atm 23 2148195367 - Anti Ribet! Begini 6 Cara Transfer Uang dari Luar Negeri

Cara selanjutnya adalah melalui mesin ATM. Seperti transfer uang dari dalam negeri, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah datang ke tempat ATM dan mengetahui kode SWIFT bank yang dituju. Kode ini bisa didapatkan secara mudah dari pihak bank dalam negeri yang Anda gunakan. Walau mudah, cara ini cukup berisiko akan terjadinya kesalahan dalam memasukkan nomor referensi. Oleh karena itu, pastikan melakukan pengecekan dengan teliti sebelum menyelesaikan proses transfer. Simpan bukti transfer untuk mengantisipasi jika suatu saat bukti transfer tersebut diperlukan.

3. Transfer Uang dari Luar Negeri Via Bank

rsz bank indonesia rueters mtb - Anti Ribet! Begini 6 Cara Transfer Uang dari Luar Negeri

Sumber: www.ekonomi.bisnis.com

Cara lainnya adalah transfer bank to bank yang dilakukan melalui teller. Anda perlu datang ke bank terlebih dahulu seperti penggunaan Western Union yang mengharuskan Anda datang ke lokasi agen. Sebelum memberikan informasi nomor rekening dan bank tujuan, perhatikan biaya kirim bank dan kurs yang berlaku agar nominal uang yang dikirimkan sesuai. Perlu Anda ketahui, walaupun terbilang mudah, biaya yang dikeluarkan untuk transfer uang menggunakan cara ini terbilang cukup mahal dibandingkan cara lainnya.

4. Melalui Agen Transfer Uang

Cara mudah selanjutnya adalah melalui agen yang menyediakan jasa pengiriman uang. Seperti Western Union, agen-agen transfer uang ini mudah untuk ditemukan. Umumnya, jasa money changer di berbagai negara akan menyediakan layanan transfer uang ke Indonesia. TKI banyak menggunakan cara ini untuk mengirimkan dan menukarkan uang sekaligus. Jika Anda menggunakan cara ini untuk transfer uang, pastikan agen yang Anda pilih telah memiliki izin dan terpercaya. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Cara transfer melalui agen biasanya mengeluarkan biaya jasa yang lebih mahal dibandingkan transfer uang melalui bank atau ATM.

5. Menggunakan Paypal

Jika cara-cara transfer uang dari luar negeri sebelumnya mengharuskan Anda datang ke lokasi tertentu, cara ini cukup berbeda dan lebih praktis. Anda hanya perlu membuat akun PayPal untuk melakukan transfer. Sayangnya, agar transfer uang berhasil, penerima uang juga harus memiliki akun PayPal. Sebab, alat transaksi yang digunakan melalui PayPal cukup terbatas. Belum ada bank lokal Indonesia yang memungkinkan untuk mengisi saldo PayPal. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan kartu kredit untuk mengisi saldo dan melakukan transfer. Jika Anda telah memiliki kartu kredit dan saldo PayPal, Anda bisa melakukan transfer uang dari luar negeri secara mudah hanya dengan menggunakan gadget atau laptop.

6. Melalui Aplikasi Qelola

Cara terakhir yang lebih kekinian dan praktis untuk transfer uang dari luar negeri adalah melalui aplikasi Qelola. Bagi Anda yang berada di Malaysia, cukup dengan terdaftar di aplikasi Qelola, Anda bisa melakukan transfer uang secara mudah kapan saja dan di mana saja. Kiriman uang dapat langsung masuk ke rekening penerima dengan waktu yang singkat dan proses yang cepat. Qelola menawarkan layanan yang beragam, seperti e-wallet, transfer uang domestik dan internasional, serta layanan multi-billing untuk mendukung transaksi keuangan Anda.

Cara yang digunakan pun simpel, Anda tidak perlu datang ke tempat tertentu dan menunggu antrean yang cukup panjang. Cukup unduh aplikasi Qelola, registrasi, isi data, dan mulai bertransaksi. Melalui Qelola, Anda bisa mengirimkan dan melakukan pembayaran dengan aman dan terjangkau. Qelola juga memiliki pos pengeluaran sehingga transfer uang dapat difungsikan maksimal sesuai kebutuhan keluarga. Beragam tagihan dan transfer uang dapat Anda lakukan hanya dengan aplikasi Qelola di smartphone. Unduh aplikasi Qelola dan nikmati kemudahannya sekarang juga. Selamat mencoba!

Tags: , , , , , ,