Cara Membuat Visa Kerja Luar Negeri untuk TKI, Anti Ribet!

cara membuat visa

Sebagian besar orang lebih memilih bekerja di luar negeri karena penghasilan dinilai lebih menjanjikan. Tidak diragukan lagi bahwa nilai mata uang asing cenderung lebih besar jumlahnya dibandingkan dengan mata uang rupiah. Pertama, sebelum berangkat bekerja di luar negeri, setiap calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) harus mengurus visa kerja terlebih dahulu. Visa ini digunakan sebagai bukti izin kerja. Baca penjelasan singkat yang dirangkumkan untuk Anda mengenai cara membuat visa kerja luar negeri berikut ini.

Cara Membuat Visa Kerja untuk TKI

Untitled design 7 - Cara Membuat Visa Kerja Luar Negeri untuk TKI, Anti Ribet!

Visa seperti bukti izin warga negara asing dengan memenuhi syarat tertentu sesuai dengan negara tujuan dalam periode tertentu. Dalam pembahasan ini, visa kerja digunakan sebagai perizinan untuk terlibat dalam kegiatan kerja di perusahaan atau institusi dalam suatu negara. Visa di beberapa negara dapat berbentuk stiker berhologram yang ditempel pada lembaran visa dan untuk menghindari praktik penipuan atau kejahatan. Dalam pembuatan visa ini, seseorang dapat berpindah dari negara asalnya ke suatu negara tanpa harus mengganti kewarganegaraan negara tujuan. Ketika bekerja di luar negeri pun, seorang pekerja migran dapat tinggal sendiri atau membawa keluarga mereka ke negara tujuan. 

Membuat visa kerja tidak sesulit yang Anda bayangkan. Cara membuat visa kerja kini dapat dilakukan secara online. Setiap calon TKI dianjurkan sering mengunjungi situs resmi Kedutaan Besar (Kedubes) negara tujuan bekerja untuk update informasi dan mengunduh dokumen yang dibutuhkan.

Dokumen yang Disiapkan untuk Membuat Visa Kerja

240 F 46189554 vHo2aSCrKtHu5utFJ8hlQMXc1YHde0dQ - Cara Membuat Visa Kerja Luar Negeri untuk TKI, Anti Ribet!

Sebelum mengajukan dan mendapatkan visa untuk bekerja di luar negeri, Anda harus mempersiapkan semua dokumen yang diperlukan. Pastikan Anda mencantumkan semua dokumen yang diperlukan secara lengkap sebelum mengirimkan pengajuan visa Anda. Secara umum, berikut ini adalah beberapa dokumen yang harus Anda siapkan.

  1. Mengisi formulir online. Formulir online disediakan oleh masing-masing Kedubes negara tujuan. Anda dapat mengunduh formulir online di situs resmi Kedubes masing-masing dan mengisi secara benar dan tepat.
  2. Foto pribadi. Lampirkan pas foto resmi dengan ketentuan ukuran dan background berbeda di setiap negara. Hasil foto sebaiknya dipersiapkan dalam bentuk soft file dan hard file.
  3. Fotokopi paspor. Fotokopi semua halaman paspor termasuk halaman yang kosong. Dengan demikian, Anda harus memiliki paspor berstatus aktif terlebih dahulu sebelum mengurus pembuatan visa. Pastikan paspor yang dimiliki masih berlaku dan apabila sudah expired harus diperpanjang sebelum Anda membuat visa.
  4. Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae (CV).
  5. Surat keterangan kerja. Anda dapat meminta surat keterangan dari perusahaan tempat Anda bekerja untuk memudahkan pengajuan dan pembuatan visa. Contoh surat keterangan kerja untuk visa klik di sini.
  6. Bukti pembayaran visa. Pengajuan visa tidaklah gratis karena ada biaya yang harus dibayar dan ditransfer ke bank yang telah ditunjuk oleh Kedubes tersebut. Biaya administrasi pembuatan visa tergantung dari jenis visa yang dibuat. Simpan dengan baik bukti pembayaran tersebut sebagai salah satu dokumen yang diperlukan dalam membuat visa.
  7. Laporan dana keuangan pribadi. Siapkan laporan dana keuangan pribadi di bank. Dokumen ini wajib dilampirkan karena Kedubes akan memastikan bahwa Anda memiliki dana cukup untuk bertahan hidup selama di luar negeri. Laporan keuangan biasanya berupa fotokopi buku tabungan, rekening koran atau slip gaji.
  8. Asuransi kesehatan. Pastikan asuransi kesehatan Anda aman dan dapat mencakup keadaan darurat medis dengan perawatan di rumah sakit.

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Visa Kerja

pexels photo 3760072 - Cara Membuat Visa Kerja Luar Negeri untuk TKI, Anti Ribet!

Perhatikan beberapa hal berikut dalam cara membuat visa kerja luar negeri yang benar.

  • Pengisian Formulir secara Online

Anda dapat mengisi formulir pengajuan visa secara online melalui situs resmi masing-masing Kedubes negara tujuan. Setelah melakukan proses pengisian formulir online, cetaklah lembar halaman konfirmasi sesuai dengan format persyaratan yang telah ditentukan. Isilah formulir dengan lengkap dan benar, terutama pada bagian jenis visa yang hendak dibuat.

  • Lokasi Pembuatan Visa

Pembuatan visa harus dilakukan di kantor Kedubes masing-masing negara yang akan dituju. Sebagian besar kantor kedutaan berada di wilayah Jakarta, meskipun ada beberapa kantor kedutaan yang berada di kota besar lainnya di Indonesia.

  • Masa Pembuatan Visa Cukup Lama

Perlu Anda ketahui bahwa pembuatan visa memakan waktu yang tidak sebentar. Banyak persyaratan yang harus Anda penuhi dalam mengajukan visa. Pastikan Anda melakukan pengajuan visa jauh-jauh hari sebelum berangkat kerja ke luar negeri.

  • Asuransi Perjalanan

Penting bagi Anda memiliki asuransi perjalanan saat ingin mengajukan visa. Hal ini akan sangat berguna dan membantu Anda ketika mengalami masalah atau gangguan ketika berada di luar negeri.

  • Pelaksanaan Wawancara

Terdapat proses wawancara yang harus Anda lalui dengan jujur dan benar. Jika Anda baru pertama kali melakukan pembuatan visa kerja baru di kantor Kedubes negara tujuan, atur jadwal wawancara dengan baik. Biasanya wawancara dilakukan pada hari dan jam kerja masing-masing Kedubes, kecuali pada hari libur.

Pastikan Anda memahami dan melaksanakan cara pembuatan visa kerja luar negeri dengan benar dan lengkap. Membuat visa kerja sangat mudah dan tidak sesulit yang Anda bayangkan. Jika Anda memilih Malaysia sebagai negara tujuan bekerja, aplikasi Qelola dapat membantu Anda merencanakan dan mengelola keuangan selama di luar negeri. Pengiriman uang dan pembayaran tagihan keluarga Anda di tanah air sangat mudah dilakukan hanya melalui smartphone Anda. Menyenangkan bukan? Unduh dan install aplikasi Qelola melalui App Store pada smartphone Anda sekarang juga! Lakukan pendaftaran dan pengaktifan akun Qelola untuk menikmati berbagai layanan keuangan. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini.

Tags: , , , , , , , ,