Begini Tips dan Cara Bekerja di Luar Negeri dengan Aman

cara bekerja di luar negeri

Bagaimana cara bekerja di luar negeri? Mengapa bekerja di luar negeri? Barangkali itulah pertanyaan yang ada di benak Anda. Bekerja di luar negeri dianggap sebagai salah satu cara untuk mengubah nasib. Bekerja di luar negeri kebanyakan menjadi seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang didominasi kaum perempuan. Hingga saat ini, Indonesia aktif memasok Sumber Daya Manusia (SDM) ke berbagai negara.

Salah satu hal yang membuat banyak orang berbondong-bondong bekerja di luar negeri adalah iming-iming gaji yang tinggi. Jika Anda tertarik, ada baiknya mengetahui bagaimana cara bekerja di luar negeri. Anda perlu memahami apa saja yang perlu dipersiapkan. Dengan demikian, Anda tidak akan menghadapi kendala saat bekerja di sana.

Cara Bekerja di Luar Negeri

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan jika Anda ingin bekerja di luar negeri, mulai dari syarat, tips, dan cara mendapatkan pekerjaan.

Syarat-Syarat Bekerja di Luar Negeri

dokumen tki 700x468 - Begini Tips dan Cara Bekerja di Luar Negeri dengan Aman

Sumber: era.id

Izin Keluarga

Izin dari keluarga sangatlah penting. Meskipun terlihat sepele, tapi sangat berpengaruh bagi kesuksesan Anda di negeri orang. Selain orangtua, Anda juga bisa mendiskusikannya dengan keluarga terdekat. Perlu Anda ketahui, memutuskan bekerja di luar negeri bukanlah hal yang mudah. Anda mungkin butuh pendapat dari orang lain sebagai pertimbangan.

Niat dan Kemampuan

Dalam memulai sesuatu, niat sangat diperlukan. Namun, niat saja tidaklah cukup. Anda butuh skill atau kemampuan agar dapat bekerja di luar negeri. Untuk mengasah kemampuan, Anda dapat mengikuti kursus tertentu. Selain itu, Anda bisa bertanya dengan orang yang sudah berpengalaman di luar negeri. Itu akan memudahkan Anda nantinya.

Menyiapkan Biaya

Apabila langkah pertama dan kedua sudah terpenuhi, selanjutnya Anda perlu menyiapkan biaya. Anda bekerja di luar negeri tidak hanya dalam hitungan hari, tetapi beberapa bulan bahkan tahun, sesuai kontrak. Untuk awal keberangkatan, Anda perlu menyiapkan biaya untuk administrasi seperti visa, paspor, dan lain sebagainya. Setelah itu, Anda tinggal menyiapkan biaya hidup di luar negeri untuk bulan-bulan pertama sebelum memperoleh penghasilan tetap.

Melengkapi Dokumen

Beberapa negara sangat ketat dalam mengawasi identitas para pekerjanya. Maka dari itu, berangkat ke luar negeri tanpa memiliki dokumen yang diperlukan seperti paspor dan visa sangatlah berisiko. Ini juga merupakan tindakan ilegal dan melanggar hukum.

Siapkan Mental

Bekerja di luar negeri harus mempunyai mental yang kuat. Negara-negara lain sangatlah berbeda dengan Indonesia. Budaya atau pun kebiasaan sehari-hari setiap negara juga berbeda-beda. Oleh karena itu, sebelum berangkat ke luar negeri, alangkah baiknya Anda mencari informasi lengkap seputar negara tujuan. Hal tersebut akan membuat Anda lebih mudah dalam beradaptasi di negeri orang.

Tips Beradaptasi di Luar Negeri

adaptasi 700x467 - Begini Tips dan Cara Bekerja di Luar Negeri dengan Aman

Sumber: beritagar.com

Ada beberapa hal yang dapat membantu Anda dalam beradaptasi di luar negeri. Perhatikanlah hal-hal berikut:

Mempelajari Bahasa

Untuk belajar bahasa asing, Anda dapat mengikuti kursus. Zaman sekarang banyak lembaga yang menawarkan paket pembelajaran sesuai program dan waktu yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Selain itu, sebagian besar agen penyalur pekerjaan juga menyediakan kursus bahasa.

Bergabung dengan Serikat Pekerja

Hampir di setiap negara di dunia terdapat serikat pekerja Indonesia. Anda bisa ikut perserikatan tersebut dan saling berbagi pengalaman dengan yang lainnya. Hal tersebut juga akan mempererat persaudaraan dengan sesama warga negara. Rasa minder Anda terhadap warga setempat pun dapat berkurang.

Konseling dengan Agen Penyalur

Konseling berkaitan dengan komunikasi. Sesekali Anda dapat curhat atau meminta saran agar kualitas Anda di luar negeri terus berkembang.

Datang ke Acara Perusahaan

Apabila perusahaan tempat Anda bekerja mengadakan acara, usahakanlah untuk menghadirinya. Jangan biarkan orang memandang Anda negative akibat mengabaikan acara. Momen ini dapat menjadi ajang untuk saling mengenal antarkaryawan.

Komunikasi dengan Keluarga

Semua orang yang merantau pasti akan mengalami homesick. Anda bisa mengatasinya dengan berkomunikasi secara rutin dengan keluarga di rumah. Selain itu, jagalah komunikasi dengan relasi dan agen pekerja.

Cara Mendapat Pekerjaan di Luar Negeri

keling jadi penyumbang tki terbanyak ke luar negeri m 116989 - Begini Tips dan Cara Bekerja di Luar Negeri dengan Aman

Sumber: radarkudus.jawapos.com

Berikut ini adalah beberapa cara mendapatkan pekerjaan di luar negeri:

Cari Info dari Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi

Di dinas tenaga kerja, Anda akan memperoleh selebaran atau brosur yang berisi peluang bekerja di luar negeri. Selain itu, Anda juga dapat menanyakan lowongan kerja secara langsung. Informasi terkait pekerjaan di luar negeri terkadang membutuhkan waktu lama. Apalagi Anda juga harus selektif dan berhati-hati dalam menentukan pilihan.

Jalin Komunikasi dengan Headhunter

Di era sekarang, cobalah untuk menggunakan jejaring sosial untuk mendapatkan informasi seputar peluang kerja, baik di dalam maupun luar negeri.

Ikuti Perekrutan Secara Online

Perekrutan secara online banyak diikuti oleh orang untuk mendapatkan pekerjaan. Anda sebelumnya harus membuat akun dan registrasi. Selanjutnya, masukkan CV atau resume untuk memudahkan situs mencari pekerjaan sesuai skill Anda.

Cari Website Perusahaan

Perusahaan yang dinamis akan memiliki website yang aktif, apalagi perusahaan global. Dari website tersebut, Anda bisa mendapatkan informasi terkait profil maupun lowongan kerja.

Sabar dan Kerja Keras

Kunci sukses bekerja di luar negeri adalah sabar dan kerja keras. Dengan kedua hal tersebut, Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai atau cocok. Bekerja di luar negeri tentu menjadi impian banyak orang. Ada banyak saingan Anda di luar sana. Maka Anda perlu sabar dan bekerja keras.

Jika Anda telah sukses bekerja di luar negeri, jangan lupa untuk mengirimkan sebagian uang Anda ke keluarga di rumah. Gunakan aplikasi Qelola untuk mentransfer uang antarnegera. Selain aman, biayanya juga relatif murah sehingga tidak akan membebani keuangan Anda.

Ingin lebih tahu lebih banyak tentang Qelola? Download aplikasinya sekarang dan pelajari selengkapnya di sini.

Tags: ,