Cek Tagihan Listrik Bulan Lalu Tanpa Ribet, Cara Online Aja!

tagihan listrik

Listrik merupakan salah satu kebutuhan utama untuk setiap rumah, kantor, apartemen, dan lainnya yang tidak boleh disepelekan. Telat atau lupa membayar listrik menjadi hal yang wajib dihindari karena bisa menghambat kegiatan yang sedang Anda lakukan. Jika Anda telat bayar listrik, bisa jadi aliran listrik ke rumah Anda akan diputus sementara. Padahal listrik tidak hanya digunakan sebagai penerangan dan sumber energi bagi alat elektronik saja. Tapi listrik juga digunakan untuk menjalankan fungsi-fungsi perangkat lainnya yang tentu tidak kalah pentingnya bagi Anda. Cek tagihan listrik bulan lalu secara online untuk mengetahui berapa biaya yang harus Anda sisihkan untuk bayar listrik tepat waktu.

Baca juga: 6 Tips Jitu Hemat Biaya Listrik yang Bisa Anda Coba

Jenis-jenis Listrik PLN

cek tagihan listrik bulan lalu 1 - Cek Tagihan Listrik Bulan Lalu Tanpa Ribet, Cara Online Aja!

Hingga kini, Perusahaan Listrik Negara (PLN) semakin melebarkan pemasangan listrik hingga ke daerah, sehingga penyalurannya bisa semakin merata. Mengingat pentingnya listrik, sudahkah Anda mengetahui langkah apa saja yang perlu Anda lakukan untuk cek tagihan listrik bulan lalu?

Sebelum membahas bagaimana cara cek tagihan listrik, sebelumnya pastikan Anda mengetahui jenis instalasi listrik yang ada di rumah Anda. Pada dasarnya, ada dua jenis instalasi listrik yaitu listrik prabayar dan pascabayar.

  1. Listrik prabayar adalah sistem pembayaran dengan pulsa atau token yang diperkenalkan oleh PLN pada tahun 2010. Konsep ini mirip dengan pulsa smartphone yang sudah sering digunakan. Jika Anda menggunakan instalasi listrik jenis ini, maka sebaiknya Anda rajin untuk cek nominal pulsa yang tertera pada meteran listrik, agar tahu kapan harus melakukan pengisian ulang. Jika pulsa sudah menipis, akan ada bunyi khusus pada meteran sebagai pengingat untuk mengisi ulang pulsa token.
  2. Listrik pascabayar merupakan sistem pembayaran listrik setelah Anda sebagai pelanggan menggunakan listrik selama 1 bulan. Nah, sistem instalasi listrik inilah yang bisa di cek tagihan listriknya, sedangkan prabayar tidak.

Cara Mengecek Tagihan Listrik

cek tagihan listrik bulan lalu 2 - Cek Tagihan Listrik Bulan Lalu Tanpa Ribet, Cara Online Aja!

Berikut ini ada beberapa cara cek tagihan listrik bulan lalu yang bisa Anda coba.

  1. Datang langsung ke Kantor Cabang PLN. Cara ini bisa Anda coba jika rumah Anda dekat dengan dengan Kantor Cabang PLN. Tanyakan informasi terkait tagihan melalui loket atau bagian informasi yang tersedia di sana. Namun sayangnya cara ini membutuhkan waktu luang karena Anda harus mengantri terlebih dahulu.
  2. Melalui telepon. Kehadiran smartphone memang semakin memudahkan untuk mendapatkan informasi. Tidak harus datang langsung ke Kantor Cabang PLN, Anda bisa melakukan cek tagihan listrik bulan lalu melalui panggilan telepon. Anda bisa menghubungi customer service PLN di nomor 123 dan jangan lupa cantumkan kode area Anda. Misalnya Jakarta (021) 123, kemudian ikuti petunjuk dari operator yang bertugas. Panggilan ini akan dikenakan tarif telepon normal dan bisa Anda akses selama 24 jam.
  3. Melalui SMS. Cara cek tagihan listrik PLN bulan lalu juga bisa dilakukan via SMS. Anda juga bisa berlangganan untuk menerima informasi tagihan setiap bulan. Dengan begitu, tidak akan ada alasan lagi bagi Anda untuk lupa membayar listrik. Cara cek tagihan listrik via SMS adalah, Anda harus mengirim SMS dengan format REK (spasi) Nomor ID pelanggan, kirim ke 8123. Jika ingin berlangganan informasi tagihan listrik bulanan via SMS, format SMS adalah PLN (spasi) Nomor ID pelanggan, kirim ke 8123. Fasilitas ini biasanya akan dikenakan biaya Rp 500 (belum termasuk PPN 10 %) per SMS. Sementara jika Anda ingin berhenti berlangganan, langsung ketik PLN (spasi) OFF (spasi) Nomor ID pelanggan, kirim ke 8123.
  4. Menggunakan aplikasi PLN Mobile for Android. PLN telah memiliki aplikasi mobile yang bisa Anda manfaatkan untuk cek tagihan listrik secara online. Caranya, unduh aplikasi PLN Mobile di Google Play, pilih menu Tagihan dan Token Listrik, masukkan ID pelanggan atau nomor meteran, lalu klik “Cari”. Maka otomatis aplikasi akan menampilan nominal tagihan yang harus Anda bayarkan.

Layanan Pelanggan PLN Lainnya

cek tagihan listrik bulan lalu 3 - Cek Tagihan Listrik Bulan Lalu Tanpa Ribet, Cara Online Aja!

Pihak PLN juga menyediakan beberapa saluran customer service yang bisa Anda akses melalui media sosial, email, dan telepon. Layanan pelanggan PLN di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Twitter     : @pln_123
  • Facebook : PLN 123
  • Email        : pln123@pln.co.id

Layanan tersebut bisa Anda akses kapan saja, dan bisa Anda gunakan untuk mengajukan pertanyaan bahkan keluhan. Sedangkan jika Anda ingin menggunakan bantuan online lainnya seperti penambahan daya atau pemasangan listrik sementara, maka Anda dapat mengakses layanan online PLN.

Dari ulasan di atas, dapat dilihat bahwa ternyata cek tagihan listrik bulan lalu tidak rumit dan bisa menggunakan berbagai cara sesuai keinginan Anda. Anda bisa mengetahui jumlah pemakaian dengan cepat tanpa buang-buang waktu. Dengan begitu, pembayaran tagihan pun bisa berjalan lancar. Sebenarnya ada aplikasi multi-payment yang lebih menarik. Qelola adalah aplikasi pembayaran online yang tidak hanya bisa Anda gunakan untuk bayar tagihan, tapi juga untuk kirim uang dari Malaysia ke Indonesia. Dengan aplikasi ini, pengelolaan keuangan Anda akan lebih tepat. Unduh aplikasinya sekarang juga!

Tags: , , , , , , , , ,