6 Cara Ampuh Mewujudkan Mimpi Kuliah di Luar Negeri Gratis

cara kuliah di luar negeri

Cara kuliah di luar negeri gratis menjadi informasi yang kerap dicari pelajar. Bagaimana tidak, kuliah di luar negeri secara gratis tentu menjadi impian banyak orang. Selain menambah ilmu, mendapat pengalaman baru hidup di negeri orang adalah pengalaman yang berkesan. Walaupun demikian, mendapatkan peluang kuliah gratis di luar negeri tentu tidak semudah yang dibayangkan. Ada rintangan seleksi yang ketat yang harus Anda hadapi, terutama jika ingin mendapat jurusan yang diincar.

Dalam mewujudkan impian kuliah di luar negeri, hal utama yang dibutuhkan adalah niat dan tekad. Saat niat dan tekad sudah dimiliki, Anda akan berusaha dan berdoa sebanyak mungkin untuk mewujudkan impian itu. Berikut adalah 6 cara ampuh yang dapat membantu Anda mewujudkan kuliah di luar negeri gratis.

1. Dapatkan Beasiswa Pemerintah

graduation cap with piggy bank books 56345 82 - 6 Cara Ampuh Mewujudkan Mimpi Kuliah di Luar Negeri Gratis

Kuliah di luar negeri secara gratis bisa Anda lakukan dengan cara mencari beasiswa dari pemerintah. Baik yang diberikan oleh pemerintah Indonesia maupun pemerintah negara lain. Sejauh ini, pemerintah Indonesia menyediakan beasiswa Dikti yang memenuhi keperluan seperti tiket pulang pergi, biaya kuliah, dan biaya hidup selama kuliah di luar negeri. Jika Anda menginginkan beasiswa dari pemerintah asing, rajinlah untuk mengecek informasi tersebut di kantor atau website kedutaan besar negara yang Anda tuju. Umumnya, informasi di website menjelaskan persyaratan yang diperlukan dan fasilitas apa saja yang didapat dalam beasiswa tersebut. Hal penting yang perlu Anda ingat, beasiswa dari pemerintah memberikan persyaratan berupa sertifikat TOEFL/IELTS bagi pendaftar yang ingin mendapatkan beasiswa tersebut.

2. Raih Beasiswa Sponsor/Swasta

congratulations graduates top stacks coins wood table color background 4236 1002 - 6 Cara Ampuh Mewujudkan Mimpi Kuliah di Luar Negeri Gratis

Selain pemerintah, Anda juga bisa mendapatkan beasiswa di luar negeri dengan cara mengikuti beasiswa yang diberikan perusahaan swasta. Sebagian perusahaan swasta maupun BUMN menyediakan program beasiswa untuk pelajar yang memiliki prestasi. Misalnya, PT. Djarum rutin membuka lowongan untuk mahasiswa yang ingin kuliah di dalam maupun luar negeri melalui program Djarum Beasiswa Plus. Namun tak hanya Djarum, banyak perusahaan swasta besar lainnya yang memberikan bantuan dana pendidikan berupa kuliah gratis di luar negeri. Hal penting yang harus Anda lakukan adalah rajin membuka situs perusahaan untuk mengetahui informasi beasiswa apa saja yang tersedia.

3. Beasiswa Universitas

Cara kuliah di luar negeri gratis selanjutnya adalah mendapatkan beasiswa dari universitas. Sebagian universitas menyediakan program kuliah gratis di luar negeri. Namun untuk mendapatkannya, Anda harus menjadi mahasiswa di universitas tersebut terlebih dahulu. Anda harus mendaftarkan diri mengikuti program beasiswa dan menjalani seleksi tertentu. Beasiswa jenis ini cukup berbeda dari beasiswa pada umumnya. Anda harus memiliki modal setidaknya untuk membeli tiket pesawat dan biaya hidup selama satu semester. Hal ini dikarenakan beasiswa universitas umumnya diberikan setelah Anda dapat menunjukkan performa akademis yang bagus atau prestasi yang Anda peroleh selama berada di tempat tersebut.

4. Beasiswa Olahraga dan Kebudayaan

Nilai akademis yang tidak terlalu bagus terkadang menjadi hambatan untuk mewujudkan impian kuliah di luar negeri secara gratis. Tenang saja, meraih beasiswa olahraga dan kebudayaan dapat menjadi cara alternatif kuliah di luar negeri gratis untuk Anda yang memiliki bakat di bidang ini. Beberapa negara di Asia, Eropa, dan Amerika Serikat mengapresiasi bakat seni dan olahraga dengan memberikan bantuan dana pendidikan berupa beasiswa kuliah gratis. Bahkan, penyedia beasiswa ini tidak ragu membiayai keberangkatan kandidat yang memiliki potensi.

5. Kuliah Gratis Melalui Penelitian/Riset

e learning class e book digital technology education concept with pc computer 1150 9078 - 6 Cara Ampuh Mewujudkan Mimpi Kuliah di Luar Negeri Gratis

Cara kuliah di luar negeri gratis lainnya adalah melalui riset dan penelitian. Jika Anda sering melakukan riset atau penelitian, ada potensi cukup besar untuk memperoleh kuliah gratis di luar negeri. Umumnya, beasiswa jenis ini diajukan untuk lulusan Magister atau S2 yang ingin melanjutkan jenjang ke pendidikan S3. Satu hal yang perlu Anda siapkan untuk mengajukan beasiswa riset adalah proposal riset yang sempurna. Pastikan proposal tersebut dibuat dalam bahasa inggris dan telah diberi stempel dari universitas tempat Anda menyelesaikan studi Magister atau S2. Umumnya, potensi memperoleh beasiswa ini lebih besar daripada beasiswa lainnya karena pendaftar beasiswa riset di Indonesia jumlahnya masih sedikit.

6. Rajin Mengikuti Seminar Akademis

Walau terdengar sepele, seminar akademis dapat menjadi cara untuk mewujudkan kuliah di luar negeri secara gratis. Khususnya, seminar akademis yang digelar oleh negara lain. Sertifikat dari seminar internasional dapat menjadi poin lebih yang kuat saat Anda mengikuti tes beasiswa. Potensi menjadi peraih dalam beasiswa yang Anda ikuti menjadi semakin besar dengan adanya sertifikat seminar ini.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda ikuti untuk mewujudkan impian kuliah di luar negeri secara gratis. Hal ini pasti bisa diraih dengan niat yang kuat dan pantang menyerah. Salah satu negara yang bisa Anda jadikan referensi untuk mendapatkan kuliah gratis adalah Malaysia. Selain dekat dengan Indonesia, negara Malaysia memiliki banyak universitas bagus yang menyediakan beragam beasiswa untuk pelajar. Jika Anda telah berhasil mewujudkan kuliah di luar negeri gratis, Anda perlu memastikan pengiriman atau penerimaan uang untuk biaya hidup dan biaya pendidikan di sana dapat dilakukan dengan mudah. Bagi Anda yang berada di Malaysia, aplikasi Qelola bisa menjadi solusinya.

Qelola merupakan aplikasi keuangan yang menawarkan layanan seperti e-wallet, transfer uang domestik dan internasional, serta layanan multi-billing untuk pembayaran segala keperluan Anda. Dengan fitur tersebut, transaksi keuangan Anda selama menempuh pendidikan di Malaysia akan berjalan semakin mudah. Melalui Qelola, transaksi pengiriman dan penerimaan uang dapat dilakukan secara cepat dengan biaya terjangkau. Tertarik untuk mencoba? Yuk, unduh aplikasi Qelola sekarang juga! 

 

 

Tags: , , , ,